Tekno & Sains
·
19 September 2020 17:12

5 Hewan Unik yang Menjadi Simbol Kebanggaan Negara

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
5 Hewan Unik yang Menjadi Simbol Kebanggaan Negara (17832)
Ilustrasi Unicorn. Foto: Wild0ne from Pixabay
Beberapa negara dengan bangga mengagungkan lambang negaranya yang merepresentasikan makhluk berupa hewan, namun belum tentu ada kehadirannya di dunia nyata.
ADVERTISEMENT
Jika Benjamin Franklin bisa melakukannya, maka ia akan mengubah burung nasional Amerika Serikat menjadi kalkun, hewan yang disebutnya sebagai “Penduduk Asli Amerika yang sebenarnya”, bukan elang botak.
Negara lain memiliki lambang yang serupa, dimana berasal dari legenda atau kepercayaan yang mendarah daging pada masyarakatnya. Melansir dari Treehugger, berikut adalah beragam hewan nasional yang sudah punah, masih ada, bahkan hanya ada dalam mitologi.

Unicorn (Skotlandia)

Video
Hewan nasional Skotlandia, unicorn, adalah makhluk mistis yang abadi. Unicorn muncul pada lambang Kerajaan Skotlandia, sebagai simbol kemurnian, kekuatan, dan kemerdekaan. Dibalik ikonik unicorn sejak tahun 1300-an, sekelompok orang pada tahun 2015 mencoba menyingkirkan unicorn sebagai simbol negaranya. Keberatan mereka, bukan karena sifat mitologisnya, melainkan mereka hanya mengharapkan Skotlandia direpresentasikan dengan ikon hewan buas.
ADVERTISEMENT

Dodo (Mauritus)

Video
Dodo telah dilaporkan punah pada tahun 1662, namun burung yang tampak aneh dan tidak bisa terbang ini menjadi simbol kebanggaan negara Mauritius. Tak hanya itu, ikon ini sebagai pengingat yang kuat tentang nasib spesies yang terancam punah akibat aktivitas manusia di seluruh dunia.
Meskipun telah tiada, semangat dodo terus hidup melekat pada orang-orang Mauritius, yang diperkenalkan melalui perangko dan patung. Saat ini, dodo adalah maskot pariwisata dan objek museum di ibu kota Port Louis yang ramai, dimana pengunjung akan menemukan lukisan dan kerangka burung legendaris.

Okapi (Republik Demokratik Kongo)

Video
Salah satu makhluk yang paling membingungkan adalah okapi. Rupanya seperti seekor keledai, bayi jerapah, antelop, bahkan zebra. Terlepas dari itu, hewan unik ini adalah hewan nasional Republik Demokratik Kongo.
ADVERTISEMENT
Okapi memiliki kerabat dekat dengan jerapah, dan jumlahnya sangat langka, sehingga sering dikaitkan berasal dari mitos. Tanduknya tertutup rambut, bagian belakang bergaris, dan lidah yang panjang, bahkan sempat menjadi maskot untuk International Society of Cryptozoology yang sekarang sudah tidak ada. Dengan kisaran sangat kecil, binatang penyendiri ini mengalami penurunan jumlah populasi sejak pertengahan 1900-an.

Komodo (Indonesia)

Video
Komodo, hewan nasional Indonesia, adalah kadal terbesar di dunia, tumbuh hingga panjang tiga meter dan berat mencapai 68 kilogram atau lebih. Hewan ganas ini senang berburu hewan hidup, memakan bangkai, bahkan melakukan kanibalisme terhadap keturunannya sendiri (Baca juga: 5 Fakta Komodo yang Jarang Diketahui)
Komodo mungkin adalah hewan nasional paling menakutkan yang pernah ada, mengingat bobot tubuhnya yang besar, ekor yang berotot, rahang yang kuat, cakar yang panjang, gigi bergerigi setajam silet, dan air liur yang sarat bakteri.
ADVERTISEMENT
Komodo terdaftar sebagai spesies rentan oleh IUCN, namun pemerintah Indonesia telah berusaha keras melindungi dengan mendirikan Taman Nasional Komodo pada tahun 1980, yang kemudian dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Turul (Hongaria)

5 Hewan Unik yang Menjadi Simbol Kebanggaan Negara (17833)
Patung Turul Hungaria. Foto: Screen Youtube Wotanson
Hongaria adalah negara lain dengan hewan nasional mistis, yaitu Turul yang legendaris. Turul adalah burung pemangsa mitologi yang sering muncul dalam cerita Hongaria, seringkali dalam bentuk elang raksasa. Menurut legenda Hongaria, Turul menjatuhkan pedang di Budapest pada 896 M, memimpin orang Hongaria asli ke rumah baru mereka. Saat ini, burung ikonik turul banyak muncul pada lambang militer Hongaria, hingga perangko negara.