Tekno & Sains
·
19 Oktober 2020 12:08

Cari Tahu Tentang Ikan Bulu Domba: Memiliki Gigi Seperti Manusia

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Cari Tahu Tentang Ikan Bulu Domba: Memiliki Gigi Seperti Manusia (521640)
Penampakkan Gigi Ikan Sheepshead. Foto: Screen Youtube PatrynWorldLatestNew
Ikan sheepshead, atau dalam Bahasa Indonesia, ikan kepala domba atau ikan berbulu domba, adalah makhluk laut bertubuh padat dengan duri punggung yang tajam. Ikan ini biasanya memiliki panjang 10-20 inci, tetapi dapat tumbuh hingga 35 inci pada beberapa ekor yang teridentifikasi. Uniknya, ikan sheepshead memiliki mulut yang keras dan gigi pendek, sehingga menyerupai manusia. Melansir dari Science ABC, berikut ini fakta ikan bulu domba, yang memiliki gigi seperti manusia.
ADVERTISEMENT

Kondisi fisik

Ikan pipih bertubuh padat ini banyak ditemukan di Amerika Utara dan Selatan. Berat rata-rata berkisar 9,6 kilogram dan panjangnya mencapai 91 centimeter. Sheepshead sebenarnya memiliki nilai komersial, namun terbatas. Hal ini diduga karena memiliki gigi yang sangat mirip dengan manusia, sehingga terlihat sedikit menyeramkan.

Kondisi anatomi

Ikan sheepshead memiliki moncong pendek dengan mulut yang hampir terlihat horizontal. Sisiknya bergerigi halus dan memiliki duri punggung yang tajam. Warna tubuh ikan biasanya hijau-kuning atau abu-abu, dan ditandai dengan lima hingga tujuh garis hitam vertikal. Secara umum, sirip bagian belakang, perut, dan punggung, berwarna hitam dan abu-abu. Sedangkan, sirip dada atau ekor memiliki warna yang lebih kehijauan.

Habitat asli

Habitat aslinya berada di teluk dan pantai Atlantik Amerika Serikat. Ikan ini ditemukan dari Cape Cod, Massachusetts selatan terus ke Florida, dan Teluk Meksiko, hingga Brasil. Ikan kepala domba lebih suka tinggal cukup dekat dengan pantai. Makanan utamanya adalah makhluk bercangkang saat tidak bertelur.
ADVERTISEMENT
Perairan payau adalah tempat favorit ikan, terutama pada pertemuan limpasan air hujan dengan muara yang asin. Sayangnya, ikan jenis ini sangat rentan terhadap perubahan lingkungan yang ekstrim, seperti polusi perairan dan tingkat oksigen yang berkurang.
Misalnya, di Brooklyn, New York, ada sebuah teluk bernama Sheepshead Bay yang dinamai menurut nama ikan. Tetapi, ikan dengan nama yang sama telah meninggalkan teluk tersebut karena peningkatan pencemaran air.
Ikan kepala domba dewasa lebih menyukai habitat dengan sejumlah bantuan topografi, seperti di dekat terumbu tiram, pemecah gelombang, perairan dangkal berlumpur, bangkai kapal dan dermaga. Meskipun begitu, makhluk ini bukanlah jenis yang mampu bermigrasi jauh. Sheepshead cenderung pindah ke lepas pantai ketika suhu turun di akhir musim gugur dan musim dingin.
ADVERTISEMENT
Video

Gigi ikan sheepshead

Salah satu ciri yang paling mencolok dari ikan berbulu domba adalah giginya yang sangat mirip dengan manusia. Seperti yang terlihat, gigi geraham depan berbentuk seperti gigi seri, sedangkan gigi belakang terletak jauh di bagian dalam.
Gigi tajam dan tebal mulai muncul ketika ikan berukuran 4,5 milimeter. Setelah ikan mencapai panjang sekitar 15 mm, semua gigi seri akan muncul. Pada saat yang sama, gigi belakangnya berkembang menjadi geraham dewasa.
Terdapat dua baris gigi geraham di rahang bawah dan tiga baris di rahang atas. Pertumbuhan gigi yang banyak ini memungkinkan ikan dengan mudah menghancurkan dan menggiling makhluk bercangkang untuk dimakan. Terlihat menakjubkan, tetapi sedikit aneh melihat gigi serupa milik manusia pada ikan, bukan?
ADVERTISEMENT

Makanan ikan sheepshead

Ikan ini termasuk hewan omnivora, oleh karena itu pilihan mangsanya sangat beragam. Sheepshead ditemukan dapat melahap hampir semua jenis bahan organik yang ada di dasar laut. Pemangsa diketahui mengonsumsi vertebrata kecil, invertebrata, dan tumbuhan laut. Beberapa penelitian menemukan bahwa ikan memakan lebih dari 100 spesies yang berbeda.
Tim peneliti di Mississippi menemukan bahwa ikan kepala domba sepanjang 5-15 inci mampu memakan moluska. Ketika tumbuh lebih besar, ikan beralih ke makanan lezat lainnya, seperti kepiting, cacing, ikan, dan krustasea lainnya. Menariknya, ketika rumput laut dan ganggang banyak tersedia di dasar laut, ikan domba juga tidak akan melewatkan kesempatan itu.

Manfaat bagi manusia

Ikan kepala domba merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi pecinta kuliner makanan laut. Daging putih ikan bertekstur halus dan rasanya gurih. Meskipun begitu, sulit untuk membersihkan dan memasaknya karena sisik dan durinya yang kuat. Rasa ikan tegas dan beraroma, walaupun hasil daging pada satu ekor tidaklah terlalu banyak.
ADVERTISEMENT
Video