Tekno & Sains
·
18 September 2020 13:52

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Beberapa spesies seringkali dikaitkan dengan dongeng, mitologi, bahkan keberuntungan pada beberapa masyarakat dan tempat. Tak jarang, perburuan gencar dilakukan hanya untuk mengambil bagian tertentu yang dipercaya membawa berkah.
ADVERTISEMENT
Untungnya, zaman sekarang, banyak sekali patung atau miniatur yang dibuat serupa dengan hewan tertentu untuk diletakkan di rumah, kantor, ataupun toko, untuk membawa rezeki dan menjauhkan dari kesialan serta malapetaka.
Namun, melansir dari Mom, terdapat lima hewan yang dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi orang-orang kuno.

Beruang

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan (16631)
Beruang Coklat. Foto: JoaquinAranoa from Pixabay
Beruang dipuja oleh banyak budaya Pribumi Amerika dan Siberia. Hewan-hewan tersebut dipandang sebagai keberuntungan untuk diburu, karena mereka dapat memberi makan keluarga untuk jangka waktu yang lama.
Makhluk itu juga dipercaya memiliki kekuatan supernatural yang kuat, berdasarkan kemampuannya untuk berhibernasi sepanjang musim dingin. Orang Siberia percaya bahwa beruang merupakan jelmaan dewa yang mereka sembah.

Kumbang

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan (16632)
Sepasang Kumbang. Foto: tjuusitalo from Pixabay
Orang Mesir kuno memandang kumbang sebagai tanda keberuntungan. Kumbang dipercaya begitu karena kemampuannya mampu memanfaatkan kekuatan matahari. Matahari penting bagi orang Mesir kuno karena dapat membuat atau merusak musim panen.
ADVERTISEMENT
Kumbang akan membungkus telurnya di lumpur dan menggunakan matahari untuk inkubasi. Inilah yang membuat orang Mesir kuno terkesan. Karena kecerdikan dan kemampuan kumbang untuk selalu melakukan adaptasi melalui matahari, orang Mesir melihat kumbang sebagai penyampai keberuntungan.

Katak

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan (16633)
Seekor Katak. Foto: Couleur from Pixabay
Katak adalah simbol keberuntungan bagi banyak budaya yang bergantung pada hujan untuk hasil panen yang kaya dan melimpah. Bagi orang-orang ini, katak bisa menjadi pertanda cuaca cerah yang akan datang. Selain itu, hewan ini dianggap beruntung oleh banyak orang lainnya, yang melihat amfibi sebagai simbol kesuburan, transformasi, dan kehidupan yang tentram.

Ikan Mas

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan (16634)
Ikan Mas. Foto: Hans from Pixabay
Terlepas dari orang mempercayai bahwa makhluk air ini hanya memiliki ingatan yang singkat, namun ikan mas dinilai sebagai salah satu dari delapan simbol suci Buddha, yang melambangkan kesuburan, kelimpahan, dan harmoni.
ADVERTISEMENT
Orang Yunani kuno memandang ikan mas sebagai pembawa keberuntungan pada pernikahan mereka, sementara orang Mesir membawa ikan ini untuk dipelihara di rumah untuk menambah keharmonisan situasi rumah tangga.

Kelinci

Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan (16635)
Kelinci Eropa. Foto: skeeze from Pixabay
Makhluk imut ini memiliki lebih dari sekadar kaki keberuntungan yang terkenal. Kelinci telah lama dikaitkan dengan kesuburan. Hewan berbulu ini adalah simbol penting bagi orang Saxon kuno.
Setelah musim dingin yang panjang dan tandus, kedatangan kelinci adalah pesan musim semi yang subur dan penuh harapan. Keyakinan inilah yang memunculkan tradisi kelinci pada Hari Raya Paskah.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white