Tekno & Sains
·
18 September 2020 19:57

Kisah Cinta Romantis 5 Hewan Ini Layak Menjadi Panutan bagi Manusia

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Kisah Cinta Romantis 5 Hewan Ini Layak Menjadi Panutan bagi Manusia (10410)
Sepasang Angsa. Foto: JulieMimages from Pixabay
Perkembangbiakan tak hanya terjadi manusia, namun juga pada hewan untuk meneruskan keturunan spesiesnya. Bedanya, hewan dapat bertelur dan melahirkan. Tak hanya itu, beberapa spesies ada yang selalu berganti pasangan. Rhea betina, burung endemik Amerika Selatan, tega meninggalkan sang jantan dan telurnya untuk mencari jantan lain (Baca juga: 5 Hewan Ini Mampu Menjadi Ayah yang Baik bagi Keturunannya)
ADVERTISEMENT
Namun, ada pula spesies yang memilih untuk tetap bersama dengan belahan jiwanya. Melansir dari Mom, 5 hewan ini memiliki kisah romantis yang membuat spesies lainnya dan manusia iri!

Elang Laut

Video
Spesies burung lain memang dapat membanggakan hubungan monogaminya, namun elang laut sungguh berbeda dalam menyalakan api asmara. Elang laut muda belajar merayu dari burung yang lebih tua.
Rayuan maut dilakukan jantan dengan merapikan bulu, menunjuk, mengoceh, membungkuk melalui gerakan tarian manis lainnya. Setelah rayuan telah cukup mumpuni, elang laut dapat menari dengan banyak pasangan sampai menemukan yang tepat. Ketika jantan memilih betina yang menurutnya sempurna, maka pasangan ini akan bersama sehidup semati.

Serigala

Video
Dalam kawanan serigala, terdapat istilah ‘jantan alfa’ yang ditujukan pada jantan yang paling dominan. Meskipun sebagai pemimpin, jantan alfa tidak bertindak sendiri. Jantan alfa memiliki betina alfa disisinya, dan keduanya berbagi dominasi dalam kelompok.
ADVERTISEMENT
Selama musim kawin, para betina akan berkuasa. Bayi perlu dirawat, dan kelompoknya tahu siapa yang bertanggung jawab. Itulah tanda ikatan yang kuat antara pasangan hidup, mengetahui kapan harus memberi dan menerima dominasi dalam hubungan. Pasangan serigala tidak hanya memberi contoh pada kawanannya, tetapi juga untuk manusia.

Angsa

Video
Tak diragukan, angsa merupakan lambang romantisme. Pertama-tama, sepasang kekasih melakukan hal yang menggemaskan, dimana keduanya menyatukan kepala, leher yang anggun untuk menciptakan bentuk hati. Selain itu, angsa terkenal dengan monogami. Pasangan angsa tampak mencintai satu sama lain.
Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa angsa mungkin dapat berpisah, karena mendapati sudah tidak bisa berkembang biak satu sama lain. Tetapi, angsa yang "bercerai" ini sungguhlah dewasa, karena masih dapat hidup berdekatan, meskipun keduanya masing-masing telah memiliki pasangan baru.
ADVERTISEMENT

Ikan Bidadari Perancis

Video
Ikan bidadari adalah salah satu pasangan sempurna yang akan mempermalukan spesies lain bahkan manusia. Ikan ini tidak hanya tinggal bersama pasangannya sampai mati, tetapi keduanya menghabiskan separuh waktunya untuk berenang berdampingan.
Ketika pasangan ikan berkumpul lagi setelah berpisah, mereka terlibat dalam apa yang disebut dengan ‘carouseling’, dimana keduanya berputar-putar satu sama lain seperti menari untuk menunjukkan kebahagiaan.

Kadal Shingleback

Video
Saat kadal yang bergerak lambat ini menjalin hubungan yang berkomitmen, maka keduanya akan benar-benar bersama dalam hubungan jangka panjang. Begitu jantan melihat seekor betina yang disukainya, seperti manusia, jantan akan mulai mengikutinya, menempel di sisi betina dengan merayu, menyenggol, dan menjilatnya dengan lembut.
Fase pendekatan ini bisa berlangsung berbulan-bulan hingga akhirnya memutuskan untuk kawin. Setelah ikatan terbentuk, pasangan dimabuk asmara ini mungkin akan tinggal bersama selama 20 tahun atau lebih. Ketika salah satunya mati, maka pasangan yang masih hidup akan tetap berada di samping mayat kekasihnya selama berhari-hari, dengan lembut menyenggolnya, mungkin mencoba dengan sia-sia untuk menghidupkannya kembali.
ADVERTISEMENT