Tekno & Sains14 September 2020 21:33

Ternyata Anjing dan Kuda dapat Menjalin Persahabatan

Konten kiriman user
Ternyata Anjing dan Kuda dapat Menjalin Persahabatan  (300992)
Kuda dan Anjing. Foto: JACLOU=DL from Pixabay
Makhluk hidup ditemukan memiliki beberapa kesamaan. Tak hanya manusia, hewan juga suka bermain dan bersenang-senang. Selain berguling dan bergulat satu sama lain, permainan dianggap sebagai cara berkomunikasi dan memperkuat ikatan.
ADVERTISEMENT
Ketika seekor anjing menghampiri anjing lain, kaki depannya tertunduk dan ekornya tinggi serta bergoyang. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa anjing melakukan hal serupa ketika berinteraksi dengan kuda. Melansir Treehugger, berikut penjelasannya.
Para ilmuwan dari Italia mempublikasikan temuannya dalam jurnal Behavioural Processes. Studi tersebut membahas tentang permainan sosial antar spesies yang melibatkan anjing dan kuda.

“Hingga saat ini, sebagian besar penelitian berfokus pada permainan anjing dan manusia. Di sini, kami ingin mendalami lebih jauh interaksi antara anjing dan kuda,” kata anggota peneliti.

Video
Elisabetta Palagi dan rekan-rekannya dari University of Pisa, menganalisis 20 video Youtube yang menunjukkan anjing dan kuda sedang bermain. Mereka menemukan bahwa saat bermain, baik anjing ataupun kuda seringkali menunjukkan mulut terbuka yang rileks. Mimik tersebut merupakan ekspresi wajah bahagia yang umum pada mamalia. Beberapa juga meniru gerakan satu sama lain, seperti berpura-pura menggigit, bermain dengan benda, atau berguling-guling di tanah.
ADVERTISEMENT
Peniruan wajah satu sama lain disebut dengan perilaku mimikri wajah, yang terlihat sebelumnya pada anjing, primata, meerkat, dan beruang madu, melansir dari National Geographic.

“Hasil dari penelitian kami menunjukkan bahwa anjing dan kuda berinteraksi seperti itu untuk mengurangi kemungkinan kesalahpahaman, terlepas dari perbedaan dalam ukuran, jarak filogenetik, dan perilaku lainnya,”.

Seekor kuda seberat 2.000 pon terlihat asyik bermain dengan seekor anjing yang jauh lebih kecil. Barbara Smuts, seorang ekolog perilaku dari University of Michigan, memberi keterangan pada National Geographic:

“Studi ini penting karena menunjukkan bagaimana dua hewan yang berpenampilan dan berperilaku sangat berbeda tetap dapat bernegosiasi dengan cara yang nyaman bagi keduanya,”

Tak hanya itu, fakta tersebut sangat menarik, mengingat perbedaan ukuran yang besar antara kuda dan anjing. Anjing rentan cedera oleh kuda, sedangkan kuda memiliki kecenderungan takut terhadap hewan yang menyerupai serigala.
ADVERTISEMENT
Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk mengeksplorasi lebih jauh peran jalur perkembangan dan keakraban dalam membentuk komunikasi antar spesies.
Video
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white