Tekno & Sains
·
7 Desember 2020 18:25

Ulasan Singkat Tentang Pohon Bonsai

Konten ini diproduksi oleh Dasar Binatang
Ulasan Singkat Tentang Pohon Bonsai  (121973)
searchPerbesar
Pohon bonsai. Foto: pixaoppa from Pixabay
Para ilmuwan mengklasifikasikan flora dan fauna berdasarkan taksonomi, keturunan, ciri fisik, dan berbagai macam faktor lain. Selain itu, anomali juga terkadang muncul pada dunia hewan dan tumbuhan. Misalnya ketika membayangkan pohon, orang akan memikirkan kanopi lebar dengan batang besar dan kulit kayu keriput.
ADVERTISEMENT
Saat memikirkan tentang bonsai, tentu saja bentuk yang kecil mungkin akan muncul pada pikiran kebanyakan orang. Science Abc menjelaskan beberapa fakta tentang mengapa pohon legendaris Jepang itu identik dengan bentuknya yang kerdil.

Asal muasal kata 'bonsai'

Pertama-tama yang tidak diketahui kebanyakan orang adalah bahwa kata 'bonsai' sebenarnya bukan untuk menggambarkan spesies pohon kecil. Bonsai adalah kata yang kurang lebih berarti menanam pohon-pohon kecil dalam suatu wadah. Pohon bonsai dapat berupa sejumlah pohon berbeda dan dapat dibudidayakan hingga dibentuk dengan cara tertentu.
Bonsai Jepang sebenarnya tentang merawat pohon, memangkas dan membudidaya agar tumbuh kuat, meskipun ukurannya kecil. Meskipun ‘bonsai’ sendiri memiliki makna kegiatan seni dalam arti yang lebih luas, tetapi di Jepang memang kebanyakan fokus pada menumbuhkan pohon-pohon kerdil itu.
ADVERTISEMENT

Fakta pohon bonsai

Orang yang memelihara bonsai di dalam ruangan cenderung dikarenakan memiliki luas ruang yang terbatas. Perawatan yang baik dalam jangka panjang harus memangkas pohon dengan cara yang seksama. Hal itu untuk membatasi pohon tumbuh tetapi tetap dengan meninggalkan penampilan yang cantik.
Spesies yang memiliki daun atau jarum kecil lebih disukai karena menawarkan bentuk estetika dan berseni. Itulah mengapa merawat bonsai dengan cara memangkas berarti melakukan kegiatan seni. Tetapi bagi pemilik yang tidak keberatan pohon tumbuh lebih tinggi, maka biasanya akan dipindahkan ke pot pajangan yang lebih besar.
Ulasan Singkat Tentang Pohon Bonsai  (121974)
searchPerbesar
Pohon bonsai dalam wadah kecil. Foto: Monoar_CGI_Artist from Pixabay
Selain itu, perawatan jangka panjang pohon bonsai adalah inti dari bentuk seni. Dengan kata lain, budidaya bonsai mengajarkan praktisi nilai pekerjaan yang rumit dan disiplin, serta memperhatikan hal-hal detail. Pohon bonsai dinilai berdasarkan penampilan fisiknya, di mana merupakan bentuk waktu dan energi yang telah diinvestasikan oleh si pemilik atau si tukang kebun.
ADVERTISEMENT

Seberapa besar pohon bonsai?

Akar pohon liar tumbuh hingga beberapa meter dan biasanya meliputi tanah dalam jumlah yang banyak. Tetapi untuk bonsai, akarnya tidak tumbuh lebih dari 25 sentimeter. Dalam hal ukuran, pohon liar tumbuh setinggi 5 meter atau lebih, sedangkan pohon bonsai jarang tumbuh lebih tinggi dari 1 meter, bahkan banyak bonsai biasanya jauh lebih kecil.

Apakah semua bonsai kecil?

Dalam budaya dan estetika Jepang, kesempurnaan bukanlah segalanya. Meskipun menganggap budidaya bonsai sebagai kegiatan seni yang serius, faktanya bonsai tetap dibiarkan tidak sempurna. Ketidaksempurnaan bonsai dapat dibiarkan akarnya tidak simetris.
Para pembudidaya menghabiskan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk memastikan bahwa pohon kecil itu tetap terlihat cantik untuk setiap pengunjung rumah. Jadi singkatnya, ukuran kecil bonsai tergantung pada keinginan si pemilik, asalkan bonsai meninggalkan kesan 'mahakarya seni' yang indah.
Ulasan Singkat Tentang Pohon Bonsai  (121975)
searchPerbesar
Pohon bonsai. Foto: Jmboyle85 from Pixabay