kumparan
search-gray
Tekno & Sains1 Juli 2020 18:36

Viral Kekuatan Gigi Ikan Buntal Menggigit Kerang, Ternyata Ini Tujuannya!

Konten kiriman user
Viral Kekuatan Gigi Ikan Buntal Menggigit Kerang, Ternyata Ini Tujuannya! (207155)
Giant Puffer. Foto: Capture Youtube Aquarium Co-Op
Viral di media sosial, seekor mbu puffer atau ikan buntal air tawar raksasa yang memiiki kekuatan gigi luar biasa.
ADVERTISEMENT
Dalam video, mbu puffer dengan mudahnya menggigit dan menghancurkan kerang dalam satu kali gigitan. Santai saat menghancurkan kerang, mbu puffer ini membuat netizen terpana hingga merasa ngeri.
Ternyata, ada alasan tersendiri mengapa mbu puffer sanggup memakan kerang. Seperti kelinci, gigi ikan buntal akan terus tumbuh. Sehingga, ikan buntal akan menggunakan giginya untuk membuka kerang atau memakan karang. Ikan buntal memiliki empat gigi yang menyatu dan berbentuk seperti paruh.
Video
Sementara itu, Ikan buntal air tawar raksasa adalah ikan air tawar karnivora yang berasal dari bagian tengan dan bawah sungai kongo di Afrika, serta pantai timur Danau Tanganyika dekat Sungai Malagarasi. Panjang dari ikan buntal air tawar ini biasanya bisa mencapai 67 cm.
ADVERTISEMENT
Ada 120 spesies ikan buntal di dunia, sebagian besar ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis.
Spesies ikan yang satu ini dikenal rentan terhadap predator karena pergerakan yang lambat. Namun, ikan buntal bisanya menggunakan perutnya yang elastis dan menelan banyak air atau udara hingga tubuhnya membesar seperti bola agar tidak menjadi mangsa predator.
Hampir semua ikan buntal mengandung tetrodotoxin, yaitu zat kimia mematikan bagi ikan. Bagi manusia, tetrodotoxin mematikan, hingga 1.200 kali lebih beracun daripada sianida. Ada cukup racun dalam satu ikan buntal untuk membunuh 30 manusia dewasa dan obat penawarnya belum diketahui.
Meski beracu, ikan buntal biasanya menjadi santapan lezat di Jepang. Disebut fugu, makanan ini hanya disiapkan oleh koki berlisensi dan terlatih.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white