Konten dari Pengguna

5 Cara Membuat Pewangi Pakaian Berbahan Alami yang Tahan Lama

Dekoruma.com
Dekoruma.com is a fast-growing tech start up with a mission to break the highly inefficient home & living industry.
29 Juli 2019 16:39 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dekoruma.com tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengharum pakaian. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengharum pakaian. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tersadar akan bahaya penggunaan bahan kimia terhadap kesehatan, masyarakat mulai beralih menggunakan produk alami sebagai bahan dasar untuk berbagai keperluan rumah tangga. Misalnya, sabun mandi yang dibuat secara organik menggunakan buah-buahan, atau pewangi pakaian dari bahan alami yang mudah ditemukan.
ADVERTISEMENT
Untuk pewangi pakaian alami ini, masih sedikit orang yang mau membuatnya dan lebih suka menggunakan pewangi kimia buatan pabrik. Padahal, penggunaan pewangi pakaian buatan pabrik dalam jangka panjang mampu menyebabkan alergi dan ketidakseimbangan hormon.
Membuat pewangi pakaian alami di rumah secara DIY sebenarnya sangat mudah. Wanginya juga tahan lama dan bisa disesuaikan dengan selera. Ikuti saja berbagai cara membuat pewangi pakaian alami berikut.

Pewangi Pakaian Alami Menggunakan Soda Kue

Baking soda Foto: Shutter Stock
Cara membuat pewangi pakaian alami satu ini tergolong simpel. Siapkan terlebih dahulu 100 gr soda kue, 150 ml air panas, 800 ml cuka sari apel, dan 20 tetes minyak atsiri favorit. Gunakan mangkuk atau wadah berukuran besar, lalu campurkan air panas, soda kue, dan cuka sari apel.
ADVERTISEMENT
Tunggu hingga buih-buih gelembung yang tercipta mereda, lalu, pindahkan campuran ke botol dan teteskan minyak atsiri ke dalamnya. Tutup botol dengan rapat dan kocok supaya minyaknya merata sebelum menggunakannya. Setiap kali mencuci, tuangkan empat sendok ramuan pewangi pakaian alami tersebut.

Pewangi Pakaian dengan Kondisioner

Ilustrasi conditioner. foto: pixabay
Apabila kamu mau membuat pewangi pakaian alami sekaligus pelembut pakaian, coba manfaatkan kondisioner. Siapkan dua gelas kondisioner dengan aroma sesuai selera, tiga gelas cuka putih, enam gelas air hangat, minyak atsiri, dan wadah untuk mencampurkan semua bahan.
Campur kondisioner, cuka, dan air hangat hingga rata dan teksturnya halus, lalu teteskan minyak atsiri untuk memperkuat aromanya. Tempatkan di wadah khusus dan pelembut sekaligus pewangi pakaian alami ini pun siap digunakan.
ADVERTISEMENT

Pewangi Pakaian dengan Garam Inggris

Ilustrasi air garam Foto: Shutterstock
Cara berikut sangat praktis karena hanya membutuhkan dua bahan saja, yaitu garam Inggris (epsom salt) dan minyak atsiri. Jangan gantikan garam inggris dengan garam biasa karena garam Inggris memiliki tekstur yang lebih halus serta mengandung magnesium dan sulfat yang mampu melembutkan pakaian layaknya menggunakan pelembut pakaian buatan pabrik.
Siapkan toples kaca, kemudian tuangkan garam Inggris dan minyak atsiri. Tutup rapat kemudian kocok atau aduk dengan sendok hingga campurannya merata. Pewangi pakaian pun siap digunakan.
Ilustrasi Garam Foto: Pixabay
Tapi karena teksturnya berupa bubuk, cara penggunaannya berbeda. Kamu harus mencampurkan pewangi pakaian tersebut dengan deterjen pakaian dari awal proses mencuci baju.

Pewangi Pakaian dari Akar Wangi

Ilustrasi akar wangi atau vetiver. foto:pixabay
Apabila kamu tidak mau repot mencampurkan bahan, gunakan saja tanaman akar wangi sebagai pewangi pakaian. Tanaman asal India yang cukup mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki aroma kuat karena mengandung minyak atsiri pada akarnya dan sudah umum digunakan sebagai pengharum kain batik. Cukup keringkan akar wangi, kemudian meletakkannya di dalam lemari pakaian.
ADVERTISEMENT

Pewangi Pakaian dari Tanaman Masoi

Ilustrasi kayu manis. Foto: Shutter Stock
Selain akar wangi, masoi juga bisa dimanfaatkan sebagai pewangi pakaian alami. Masoi merupakan kerabat dari kayu manis yang lebih populer. Keringkan kulit batang masoi kemudian tempatkan pada kantong berpori kecil dan gantungkan di sudut lemari pakaian. Wanginya tahan lama dan akan meresap ke dalam pakaian.
Dari kelima cara membuat pewangi pakaian yang tahan lama tadi, manakah yang kamu tertarik untuk mencoba? Selamat mengharumkan semua pakaian! Jangan lupa informasikan ke teman-teman supaya mereka merasakan manfaatnya juga!