kumparan
29 April 2019 21:59

5 Tips Memilih Lem Kayu Terbaik untuk Proyek DIY Apik

Ingin membuat dekorasi DIY dari material kayu? Atau kamu ingin membetulkan perabotan berbahan kayu yang rusak di rumah? Berarti, kamu pasti perlu lem kayu!
ADVERTISEMENT
Ketersediaan lem kayu sendiri terdiri dari berbagai jenis yang tentunya bisa kamu sesuaikan menurut jenis kayu ataupun fungsi perabotannya. Namun, kamu tidak bisa asal menggunakan lem material sembarangan untuk mengelem kayu.
Melalui artikel ini, Kania akan membagikan tips dan trik dalam memilih lem kayu. Nah, apa saja sih tips memilih lem kayu yang bisa kamu lakukan?

Pilih Berdasarkan Kecepatan Pengeringan

lem kayu putih ditaruh di sela kayu dari botol dengan tutup warna merah
shutterstock.com
Di pasaran, terdapat lem kayu sintetis dengan kemampuan kering yang lambat ataupun cepat. Untuk kekuatan, lem yang lambat kering cenderung jauh lebih kuat karena meresap secara kuat ke dalam pori-pori kayu. Adapun, penggunaan lem jenis ini harus diencerkan terlebih dulu dengan air. Oleh sebab itu, lem kayu jenis ini cukup rentan saat terkena air sehingga idealnya digunakan pada perabotan indoor.
ADVERTISEMENT

Pilih Berdasarkan Jenis & Kebutuhan

Berdasarkan jenisnya, lem kayu terdiri dari berbagai varian yang bisa kamu pilih. Di bawah ini adalah jenis-jenis lem kayu yang bisa kamu temukan di pasaran.
  • Lem PVA

lem kayu putih pada permukaan kayu
shutterstock.com
Kerap disebut dengan nama lem putih atau lem kuning, ia terbuat dari bahan sintetis polyvinyl acetate (PVA). Umumnya, lem kayu PVA bisa dibersihkan menggunakan air, meskipun saat ini banyak pula varian yang tahan air. Sebelum menggunakan lem ini, pastikan kamu membiarkan permukaan lem mengering terlebih dulu sebelum merekatkannya.
  • Lem Aica Aibon

satu kaleng lem kayu aica aibon
google.com
Sementara itu, lem aica aibon adalah perekat serbaguna yang selain bisa digunakan pada material kayu, juga bisa dipakai pada material logam, fiber, hingga tikar karpet. Di dalam lem ini, terdapat kandungan pelarut organik dan karet sintetis, di mana penggunaannya mengharuskan kamu untuk membersihkan kotoran atau minyak terlebih dulu pada permukaan kayu yang akan dilem, mengoleskan lem hingga mengering sekitar 15 menit, kemudian merekatkan kedua permukaan kayu.
ADVERTISEMENT
  • Lem Ethyl Cyanocrylate

lem kayu putih pada kenop kayu
canadianwoodworking.com
Selain itu, ada pula lem berbahan ethyl cyanocrylate atau biasa disebut lem kayu Korea. Tak hanya bisa diaplikasikan untuk merekatkan permukaan kayu, lem yang juga dikenal sebagai super glue ini juga bisa kamu pakai untuk merekatkan berbagai jenis keramik, plastik hingga karet.
  • Lem Epoxy

lem kayu epoxy dilapiskan pada kayu dengan sikat
popularwoodworking.com
Sementara itu, lem kayu yang satu ini memiliki kelebihan pada kemampuannya yang tahan terhadap suhu tinggi sehingga cocok juga digunakan pada permukaan berbahan besi, tembaga, hingga keramik. Terdiri dari dua kandungan yakni resin dan pengeras, kamu harus mencampurkan kedua komponen tersebut sebelum mengaplikasikannya pada kayu.
  • Lem Silikon Perekat

lem kayu silikon untuk sela bingkai kayu jendela
shutterstock.com
Lem kayu yang satu ini memiliki kemampuan daya rekat yang sangat baik sehingga cocok juga digunakan untuk merekatkan kaca pada akuarium. Selain itu, lem kayu yang satu ini pun sangat ideal diaplikasikan pada perabotan yang disimpan di luar rumah.
ADVERTISEMENT
  • Lem Polyurethane

lem kayu polyurethane pada permukaan balok kayu muda
woodguide.org
Terakhir adalah lem polyurethane yang ideal untuk diaplikasikan pada perabotan indoor maupun outdoor. Sebelum menggunakan lem kayu jenis ini, pastikan kamu telah membasahi permukaan kayu menggunakan lap basah, kemudian segeralah tempel kedua sisi permukaan kayu dan biarkan selama 24 jam hingga lem mengering.
Setelah melihat jenis-jenis lem kayu di atas, tentunya kamu bisa memilih lem kayu mana yang cocok diaplikasikan pada perabotan indoor maupun outdoor. Untuk memperbaiki perabotan indoor, kamu bisa memilih lem kayu yang memiliki bau tak terlalu menyengat sehingga tidak mengganggu suasana saat berada di dalam rumah.

Pilih Berdasarkan Daya Rekat

lem kayu putih pada pinggiran lembaran kayu
furniturefromturkey.com
Daya rekat juga harus kamu perhatikan saat membeli lem kayu. Namun, ia tak selalu harus memiliki daya rekat yang kuat karena harus disesuaikan menurut jenis benda yang akan kamu rekatkan, apakah untuk pembuatan dekorasi rumah atau perekatan kayu furnitur yang memerlukan daya rekat kuat.
ADVERTISEMENT

Pilih Berdasarkan Kerumitan Pengaplikasian

acmetools.com
Banyaknya variasi lem kayu berpengaruh pada cara pengaplikasiannya. Untuk itu, selain memperhatikan kecepatan pengeringan, kamu juga harus memperhatikan kerumitan saat memakai lem tersebut. Jika kamu pemula, lebih baik memilih lem kayu yang cepat kering dan mudah dibersihkan jika terjadi kegagalan.

Utamakan Keamanan Saat Memakai Lem Kayu

Gambar: Amazon
Dalam pengalikasian lem kayu, kamu juga harus mengutamakan keamanan, misalnya tidak asal menyentuh permukaan kayu yang telah diolesi lem atau menyimpan lem di dekat api. Pastikan kamu membaca label kemasan terkait keamanan saat menggunakan lem.
Entah untuk membenarkan perabotan yang rusak atau memulai proyek DIY, diharapkan kamu bisa memilih lem kayu terbaik berdasarkan kebutuhan. Jika kamu berencana untuk melanjutkan proyek DIY ataupun reparasi furnitur sebagai hobi, ada baiknya kamu membeli setiap jenis lem kayu agar sesuai dengan keperluan dari setiap kegiatan yang pastinya berbeda.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan