kumparan
14 Sep 2019 2:00 WIB

Dengan Tampilan Ikonik, 6 Bangunan Modern di Indonesia Ini Perlu Kamu Kunjungi!

ADVERTISEMENT
Kamu gemar melakukan sightseeing melihat bangunan-bangunan unik? Sekarang, kamu tak perlu keluar negeri untuk mencari inspirasi karena terdapat banyak bangunan modern di Indonesia dengan tampilan ikonik dan sangat layak untuk kamu kunjungi.
Di artikel ini, Kania akan mengajakmu untuk berjalan-jalan melihat berbagai bangunan modern ikonik di Indonesia yang tak hanya menarik perhatian semua orang, namun menjadi simbol untuk mewakili peradaban modern di dunia arsitektur nusantara.

The Crystal of Knowledge, Depok

flickr.com
The Crystal of Knowledge merupakan bangunan modern yang digunakan sebagai perpustakaan di kawasan Universitas Indonesia yang berada di Depok. Dibuat oleh DMC Architect dalam waktu 6 bulan, bangunan yang selesai dibuat pada tahun 2009 ini terletak di pinggiran danau dengan luas sebesar 2,5 hektar.
ADVERTISEMENT
Adapun, bangunan modern ini memiliki tampilan yang sangat unik berbentuk kristal tak beraturan yang dikelilingi oleh pemandangan alam sehingga menciptakan suasana asri.

New Media Tower, Tangerang

umn.ac.id
Bangunan modern selanjutnya merupakan kampus dari Universitas Multimedia Nusantara yang terletak di kawasan Tangerang. Bangunan modern ini memiliki tampilan nyentrik yang sangat identik dengan cangkang telur dengan bagian dinding yang memiliki diameter berbeda sehingga dapat menyebarkan udara alami.
Tak hanya berdiri sebagai bangunan modern yang ikonik, New Media Tower juga berhasil meraih sejumlah penghargaan karena dilengkapi sejumlah komponen yang dapat mereduksi panas sehingga hemat energi.

The Breeze, Tangerang

liburananak.com
Bangunan selanjutnya adalah The Breeze yang difungsikan sebagai pusat perbelanjaan dan dirancang oleh arsitek asal Amerika Serikat, Jerde. Sebagai bangunan modern, The Breeze mengedepankan kelestarian lingkungan melalui tampilan konsep tanpa sekat yang dikelilingi oleh ruang terbuka hijau.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menjadi salah satu bangunan modern di Indonesia yang keren, The Breeze pun masuk ke dalam jajaran 40 gedung terbaik di dunia dalam kategori Pusat Perbelanjaan.

Binus Alam Sutera, Tangerang

binus.ac.id
Bangunan modern selanjutnya adalah gedung kampus Universitas Bina Nusantara yang mengusung konsep unik, yaitu hemat energi dan ramah lingkungan. Bangunan modern yang dibuat oleh arsitek Budiman Hendropurnomo ini mengusung desain kotak-kotak yang dilengkapi banyak jendela berukuran besar untuk memaksimalkan udara dan pencahayaan alami.
Tak hanya itu, bangunan modern ini pun dilengkapi dengan sistem penampungan air hujan untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengairan lanskap, kebutuhan toilet, serta sebagai upaya untuk mengatasi krisis air tanah.

Dome House, Yogyakarta

dekoruma.com
Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadap bencana gempa bumi. Untuk menanggulangi hal tersebut, kini terdapat inovasi bangunan modern yang diklaim sebagai bangunan tahan gempa, salah satunya adalah Dome House yang terdapat di Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Bangunan modern ini dirancang dalam bentuk yang sangat unik layaknya rumah Igloo khas suku Eskimo dengan kubah berbentuk bulat sehingga kerap disebut sebagai “rumah Teletubbies” oleh banyak orang.

Masjid Al Safar, Cipularang

akurat.co
Meskipun sempat mengundang kontroversi, namun bangunan berupa masjid ini mewakili perkembangan arsitektur di era modern. Terletak di Rest Area Jalan Tol Purbaleunyi Kilometer 88 arah Jakarta, bangunan modern karya Ridwan Kamil ini dirancang melalui konsep folding architecture yang secara teori diambil dari teknik melipat kertas untuk mencari kekayaan geometri baru.
Bangunan modern dengan bentuk menyerupai bongkahan batu besar yang dipahat ini menjadi bukti bahwa arsitektur Islam di nusantara sangat fleksibel mengikuti perkembangan zaman.
Keenam bangunan modern di atas menunjukkan bahwa arsitektur di Indonesia telah berkembang secara pesat dengan persebaran bangunan ikonik di berbagai kota. Lantas, apakah kamu pernah mengunjungi salah satu bangunan modern di atas?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·