kumparan
18 Oktober 2018 1:15

Gak Hanya Etnik, 6 Dekorasi Kaligrafi Arab ini Pas untuk Interior Modern

Kaligrafi Arab merupakan ekspresi jati diri arsitektur Islam. Ornamen dekoratif ini menampilkan kutipan ayat-ayat suci Al-Quran, hadist Nabi, atau atsar, kata-kata mutiara. Dengan kata lain, kaligrafi Arab adalah bahasa yang diungkapkan dalam bentuk karya seni. Dalam perkembangan arsitektur islam, kaligrafi Arab diukir dalam beragam bentuk, mulai dari bentuk geometri sampai bentuk tiga dimensi.
ADVERTISEMENT
Meski marak ditemukan dalam bangunan-bangunan yang merepresentasikan kebudayaan Islam seperti arsitektur masjid atau situs pra-sejarah, kaligrafi Arab ternyata juga bisa dihadirkan menjadi pernik dekorasi di dalam rumah. Walaupum dipengaruhi tradisi lokal sehingga kental menampilkan kesan etnik, kaligrafi Arab ternyata mampu membuat interior bergaya modern tampil lebih memikat.
1. Wall Sticker dengan Corak Kaligrafi Arab
pinterest.com
Bingung memilih hiasan yang tepat untuk dinding ruangan? Wall sticker (stiker dinding) dari kaligrafi Arab bisa memeriahkan tampilan dinding yang kosong. Maksimalkan penggunaan kaligrafi Arab pada dinding seperti pada ruang tamu bergaya modern minimalis ini. Corak etnik dari kaligrafi Arab dapat menghangatkan atmosfer dingin yang ditampikan gaya minimalis.
Jangan ragu untuk menciptakan perpaduan warna dari wall sticker bermotif kaligrafi Arab. Hadirkan kontras pada ruangan dengan memilih kaligrafi Arab berwarna putih di antara warna-warna cerah yang mendominasi.
ADVERTISEMENT
2. Kaligrafi Arab sebagai Artwork Keren
Sekarang ini kaligrafi Arab nggak hanya tampil dalam bentuk aslinya saja. Perkembangan seni modern memungkinkan kaligrafi Arab hadir dalam bentuk yang lebih konseptual dan modern, seperti pada artwork yang menghiasi dinding interior ruang tamu dan foyer rumah ini.
Kedua artwork ini memang tidak menampilkan kaligrafi Arab secara utuh, namun berhasil mengubahnya ke dalam bentuk yang lebih artistik dan nyentrik. Di dalam gaya arsitektur modern, artwork dari kaligrafi Arab dapat menjadi elemen kejut yang menarik perhatian.
3. Eksplorasi Bentuk Kaligrafi Arab
Selain bisa dikombinasikan dengan bentuk karya seni lain, kreasi kaligrafi Arab modern juga bisa menampilkan permainan bentuk huruf yang unik. Hiasan dinding dari kaligrafi Arab ini misalnya, huruf-huruf disusun dalam bentuk simetri melengkapi kesan modern dan monokrom yang mengisi ruang keluarga ini.
ADVERTISEMENT
4. Kaligrafi Arab pada Furnitur
Dengan semakin berkembangnya teknologi, para desainer dan arsitek pun semakin bebas berinovasi dalam membuat furnitur. Berbagai elemen desain yang tidak biasa coba mereka tuangkan dalam furnitur yang mereka buat, termasuk kaligrafi Arab. Hasilnya dapat terlihat pada coffee table yang menampilkan ukiran kaligrafi Arab ini.
Desain furnitur seperti ini dapat menjadi pilihan jika kamu tidak menginginkan terlalu banyak dekorasi di dalam ruangan bergaya modern. Warna kayu dan ukiran kaligrafi Arab cukup tampil mencolok untuk menghidupkan suasana di antara perpaduan warna netral.
5. Cermin dengan Ukiran Kaligrafi Arab
Aksesoris seperti apa yang tepat dijadikan focal point ruangan? Cermin dengan ukiran kaligrafi Arab ini mungkin jadi jawaban yang tepat. Dengan menempatkan meja konsul dan beberapa hiasan display di atasnya, area ini dapat menjadi focal point yang mengisi kekosongan di dalam ruangan.
ADVERTISEMENT
5. Kaligrafi Arab dari Mozaik dan Keramik
Kaligrafi arab juga dapat dirangkai dari kepingan-kepingan mozaik atau keramik tegel. Mozaik kaligrafi Arab menampilkan kesan modern yang berkelas. Sedangkan lantai tegel memperlihatkan kesan vintage yang elegan. Dengan menggunakan material ini, kaligarafi Arab dapat dijadikan ornamen dekoratif baik di dalam ataupun di luar rumah.
Kaligrafi arab menciptakan ragam hias permukaan yang bisa digunakan memeriahkan berbagai jenis gaya desain, termasuk gaya desain modern. Tertarik menggunakan dekorasi dari kaligrafi Arab? Hias juga rumah impianmu dengan berbagai aksesoris dan pernik dekorasi menarik di dekoruma.com.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan