kumparan
search-gray
Bisnis17 Januari 2019 2:00

Insulasi Atap, Peredam Panas Untuk Rumah Idamanmu

Konten kiriman user
Bukan rahasia lagi bahwa bumi semakin hari semakin terasa panas. Hal ini disebabkan lapisan ozon atmosfer yang makin menipis. Nggak hanya di luar ruangan, kadang di dalam rumah pun kita kepanasan juga. Kamu pun melakukan segala cara untuk mendapatkan suhu udara yang lebih sejuk.
ADVERTISEMENT
Namun, apakah kamu pernah terpikir bahwa yang makin memperparah suhu dalam ruangan adalah atap rumah yang kamu pakai? Ya, atap bisa menjadi penyebabnya juga karena mungkin bahannya yang mampu menyerap panas. Panas tersebut ditransfer ke ruangan di bawahnya sehingga suhu udara meningkat. Hasilnya, kamu pun cepat berkeringat dan nggak nyaman saat beristirahat.
Solusi dari permasalahan ini adalah memakai insulasi atap. Apa itu insulasi atap? Mari kita simak bersama di bawah ini.
Primadona peredam panas 
shutterstock.com
Insulasi atap dikenal sebagai benda yang berfungsi untuk meredam suhu panas dari atap. Kehadiran insulasi atap membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih sejuk dari biasanya. Insulasi atap bisa kamu tempelkan di bagian atas atap langsung. Apabila di bawah atap terdapat lapisan lain yang melindungi ruangan, kamu bisa menempelkannya di lapisan tersebut.
ADVERTISEMENT
Nggak hanya meredam panas, insulasi atap juga berfungsi untuk meredam suara dari luar rumah. Sebagai contoh, insulasi atap mampu mengurangi volume suara rintik-rintik hujan yang mengenai atap.
Bagian-bagian insulasi atap
Dalam menginsulasi atap, jenis insulasi yang paling banyak dijual di pasaran adalah insulasi termal aluminium foil. Lembaran insulasi termal ini terdiri dari dua lapisan utama yang saling berkolaborasi dalam meredam panas. Lapisan pertama merupakan aluminium foil itu sendiri. Fungsi lapisan ini adalah merefleksikan panas matahari hingga 97% yang membuat panas di dalam ruangan berkurang hingga 45%. Pula, lapisan ini mampu meredam suara hingga 7 db.
Lapisan kedua berupa lapisan berongga. Lapisan ini terdiri dari tiga pilihan bahan yang bisa digunakan, yaitu polythylene, bubble pack, dan glasswool. Bahan polyethylene lebih jago untuk mereduksi suara air hujan dari langit, sedangkan bahan bubble pack baik dalam mengurangi suhu panas.
ADVERTISEMENT
Cara kerja insulasi atap
Saat panas matahari menyinari atap rumah, terjadi dua peristiwa yaitu pemantulan dan penyerapan. Panas matahari diserap oleh atap dan diteruskan ke dalam ruangan. Namun, dengan memakai insulasi atap, ia akan menghalangi panas dan menangkapnya serta disimpan dalam lapisan insulasi atap yang berongga. Hasilnya, suhu ruangan tidak terlalu panas dan lebih sejuk.
Jenis insulasi atap yang dijual di pasaran
Ada banyak jenis insulasi atap yang dijual di pasaran, tetapi yang paling banyak dijual adalah insulasi atap aluminium foil, glasswool, dan bubble foil. Berikut adalah penjelasannya.
Aluminium foil
Seperti yang sudah dikatakan, aluminium foil adalah insulasi atap yang paling banyak dijual dan dipakai. Berbentuk lembaran berwarna perak, insulasi atap ini efektif melindungi bangunan dari panas. Efeknya, ruangan pun terjaga kelembapannya. Kamu nggak perlu khawatir dalam proses pemasangannya karena cukup mudah dan nggak memerlukan waktu serta tenaga lebih.
ADVERTISEMENT
Bubble Foil
Jenis insulasi atap ini memiliki sifat dan bentuk yang hampir sama dengan aluminium foil. Perbedaannya adalah bentuk permukaannya. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa insulasi atap ini berbentuk lembaran dengan tekstur lingkaran sama besar di atasnya. Bubble foil mampu menyerap panas dan melindungi rumah dari panas berlebih. Jenis ini juga lebih ramah untuk manusia karena tidak beracun.
Glasswool
Insulasi atap ini terbuat dari serat fiberglass yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk lapisan seperti wool. Glasswool sering digunakan sebagai insulasi atap di gedung perkantoran, pabrik, dan lainnya. Dibandingkan dengan aluminium foil, glasswool lebih baik dalam hal meredam suara. Maka dari itu, glasswool sering dipakai juga dala studio musik.
ADVERTISEMENT
Insulasi atap bisa dengan mudah kamu temukan di toko bangunan atau toko online. Dalam memasangnya, kamu perlu memertimbangkan banyak hal, seperti bentuk dari atap bangunan, kebutuhan luasan insulasi atap yang diperlukan, hingga harganya. Keberadaanya dijamin akan membuat aktivitas menjadi lebih produktif karena panas sudah diserap dan ruangan dilindungi insulasi atap.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white