Pentingnya Wirausaha bagi Generasi Muda

Mahasiswa Akuntansi Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
23 Januari 2022 18:11
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dela Gita Luthviana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
com-Ilustrasi seorang wirausaha Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi seorang wirausaha Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Zaman yang semakin modern menuntut semua kalangan masyarakat untuk lebih tanggap dalam beradaptasi dengan teknologi. Perkembangan ilmu teknologi, sosial bahkan ekonomi sangat menentukan kesejahteraan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup.
ADVERTISEMENT
Tidak dipungkiri banyaknya jumlah pengangguran merupakan hambatan yang besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Dan generasi muda merupakan salah satu peran penting untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran . Salah satunya dengan berwirausaha. Modal utama dalam berwirausaha adalah kemauan, keuletan dan percaya diri untuk bersungguh-sungguh menjalankan usaha.
Dalam berwirausaha, kita sebagai generasi muda tentunya harus memiliki bekal untuk memulai usaha tersebut. Kompetensi, keterampilan dan juga pengetahuan merupakan bekal yang sangat penting untuk mengelola suatu usaha.
Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berwirausaha sejak dini untuk generasi muda yaitu :

1. Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Dengan kita berwirausaha maanfaat yang dapat kita rasakan tentunya bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk banyak orang. Secara tidak langsung kita membantu untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada dengan memberikan pekerjaan untuk usaha yang kita jalani.
ADVERTISEMENT

2. Memaksimalkan bakat dan potensi.

Bakat dan potensi berwirausaha jika kita maksimalkan sejak dini akan sangat menguntungkan karena sebagai generasi muda tentunya memiliki ide-ide yang inovatif dalam berbisnis.

3. Memiliki waktu luang yang bisa di manfaatkan.

Dengan berwirausaha waktu luang yang dimiliki tentu akan semakin bermanfaat karena digunakan untuk hal yang positif tentunya.

4. Memperluas relasi.

Tidak dipungkiri dengan berwirausaha membuat kita memiliki banyak koneksi dan juga relasi dalam berbisnis. Memiliki banyak relasi merupakan hal yang sangat bagus untuk generasi muda terlebih untuk memperluas bisnis yang kita miliki.

5. Menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Seorang wirausaha tentu akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan hal tersebut sangatlah bermanfaat untuk generasi muda dalam berwirausaha.
ADVERTISEMENT

6. Memahami perkembangan dan teknologi.

Sebagai wirausaha tentunya kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Generasi muda sangatlah memahami perkembangan zaman dengan banyaknya media dan platform untuk berbisnis.

7. Belajar dari kegagalan.

Dalam berbisnis tentu akan menghadapi banyak tantangan. Tentunya sebagai wirausaha kita harus berani mengambil risiko yang besar dan jangan takut untuk gagal. Karena belajar dari kegagalan itulah banyak wirausaha yang sukses saat ini.

8. Mengenal selera masa kini.

Generasi muda tentunya sangat paham dengan selera yang konsumen yang banyak diminati karena tidak dipungkiri wirausaha muda sangat pintar memanfaatkan tren-tren yang sedang populer.

9. Mempelajari perilaku konsumen.

Perilaku konsumen adalah hal penting yang harus dipahami dalam berwirausaha. Maka dari itu kita sebagai wirausaha muda sangatlah penting memiliki bekal pengetahuan untuk mengetahui perilaku konsumen dan pasar yang kita jalani.
ADVERTISEMENT

10. Meraih kesuksesan di masa muda.

Jika kita berwirausaha di masa muda tidak dipungkiri kesuksesan akan diraih di masa muda. Hal yang sangat luar biasa sekali menjadi wirausaha yang sukses di usia muda.
Itulah manfaat berwirausaha di usia muda yang bisa kita dapatkan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk masyarakat.
Menjadi seorang wirausahawan akan menghadapi banyak tantangan, tetapi seorang wirausaha harus berani dalam mengambil risiko. Oleh karena itu dibutuhkan semangat yang tinggi dan tekad yang kuat untuk menjadi seorang wirausaha. Ayo berwirausaha!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020