Eksplorasi Pantai Plengsengan Banyuwangi

Desy Kusuma Putri
Pendidikan Sejarah, Universitas Jember
Konten dari Pengguna
21 November 2023 6:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Desy Kusuma Putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
dok pribadi penulis : desy kusuma
zoom-in-whitePerbesar
dok pribadi penulis : desy kusuma
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Plengsengan merupakan salah satu pantai yang ada di Banyuwangi yang terletak di kawasan Kecamatan Kalipuro. Pantai Plengsengan menawarkan pesona alam yang memukau, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang luar biasa.
ADVERTISEMENT
Pantai Plengsengan yang memukau dengan garis pantainya yang panjang, pasir hitam yang lembut, dan ombak yang tenang. Keindahan ini menawarkan suasana damai dan menenangkan, menciptakan tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati angin laut. Langit yang cerah, air laut yang jernih, dan panorama alam sekitar yang hijau membuat Pantai Plengsengan menjadi surga bagi para pecinta alam dan fotografi.
dok. pribadi : Desy Kusuma
Tak hanya itu, pemandangan sore di Pantai Plengsengan juga tak kalah indah. Banyak anak muda yang sering menikmati senja sambil mencoba kuliner yang ada di sekitar pantai. Biasanya banyak penduduk lokal yang berjualan hasil ikan tangkapannya, ada juga yang berjualan jajanan khas Banyuwangi. Hal tersebut tentunya dapat memberikan dampak positif bagi penduduk sekitar pantai. Karena tidak hanya mereka dapat memberikan pemandangan indah tentang Pantai Plengsengan akan tetapi mereka juga mendapat keuntungan dari banyaknya pengunjung.
dok. pribadi : Desy Kusuma
Harga tiket masuk Pantai Plengsengan dikenai harga Rp. 2000 untuk motor, dan Rp. 5000 untuk mobil. Kebanyakan pengunjung akan datang di sore hari sambil menikmati pemandangan senja yang ada. Dan mayoritas pengunjung adalah remaja. Banyak penjual jajanan yang menjual aneka macam jajananya, dan penjual-penjual tersebut tidak hanya datang dari sekitar wilayah Banyuwangi saja akan tetapi juga ada yang datang dari daerah lain seperti Jember.
ADVERTISEMENT
Kapal-kapal nelayan juga masih beroperasi di Pantai Plengsengan, jadi pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan pantai saja, akan tetapi juga dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan. Dan jumlah kapal nelayan disana juga banyak, sehingga aktivitas kelautan di pantai ini masih ada.