Bola & Sports
·
16 Juli 2021 15:03
·
waktu baca 4 menit

Usai Euro dan Copa America, Timnas Italia Akan Menghadapi Timnas Argentina?

Konten ini diproduksi oleh I Dewa Gede Deva Pradnyana Putra
Hai sobat olahraga! Bagaimana kabar kalian? Salam sehat ya semuanya! Ngomong-ngomong kalian tau tidak kalau kompetisi bergengsi di cabang olahraga sepak bola sudah selesai lho! Yak apalagi kalau bukan dari Piala antarbenua yaitu Piala Eropa atau yang lebih dikenal dengan Euro dan Piala Amerika atau yang lebih dikenal dengan Copa Amerika, Biar gak lama yuk kita bahas!
ADVERTISEMENT
Gelaran EURO 2021 dan Copa America 2021 telah usai beberapa hari lalu pada tanggal 12 Juli 2021 lho. Kompetisi megah yang digelar di tengah pandemi COVID-19 ini tentu sangat banyak disaksikan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta bola dari berbagai penjuru dunia. Menurut saya pribadi, ini sangat spesial karena mengingat gelaran olahraga di layar kaca pada periode sebelumnya banyak ditunda dan sedikit jadwal pertandingan dari beberapa cabang olahraga popular, karena pandemi yang masih menimpa di berbagai belahan dunia.
Usai Euro dan Copa America, Timnas Italia Akan Menghadapi Timnas Argentina? (750353)
searchPerbesar
Gambar Ilustrasi CC flickr.com
Pada gelaran Piala Eropa 2021, salah satu tontonan favorit saya sejak kecil sebagai pecinta olahraga, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “EURO 2020” Timnas Italia atau biasa dijuluki “Gli Azzurri” di bawah kepelatihan Roberto Mancini yang keren ini, mampu memenangkan pertandingan di partai final melawan Timnas Inggris dengan julukannya “Three Lions” melalui perpanjangan babak adu penalti, setelah goal dari defender anyar dari Negeri Pizza yaitu Leonardo Bonucci pada babak kedua.
ADVERTISEMENT
Jujur, selama saya menonton pertandingan Partai Final Euro 2020 itu sangatlah seru dan menegangkan, karena Inggris memainkan partai final mereka di kandang mereka di Wembley Stadium, ditambah lagi, salah satu jagoan saya di pihak lawan yaitu Italia, sama sekali tidak diperbolehkan adanya penonton dari Italia, sebagai fans sih saya merasa agak kurang fair ya, hehehe.
Namun, dibalik itu semua tim unggulan saya berkat doa para penggemar Gli Azzurri yang lain juga, di partai final Timnas Italia berhasil memenangkan pertandingannya setelah tendangan terakhir di babak penalti dari 18 tahun Timnas Inggris, Bukayo Saka berhasil ditepis oleh penjaga gawang Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma, sekaligus berhasil memenangkan Piala Eropa untuk negaranya setelah puluhan tahun sejak 1968.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, di Benua Amerika itu sendiri pada kompetisi “Copa America 2021” Timnas Argentina berhasil memenangkan pertandingan di partai final setelah mengalahkan tuan rumah di negeri Samba, Brasil dengan skor tipis 1-0 untuk kemenangan Argentina, setelah bintang club PSG, Angel Di Maria berhasil membobol gawang Tim Negeri Samba pada menit ke-20. Jujur, histeris banget ketika bintang PSG itu mencetak gol, karena mengingatkan saya pernah mencetak gol serupa ketika masa turnamen futsal sekolah di kala latihan bersama teman-teman saya.
Kemenangan timnas Argentina ini juga sebagai ucapan terima kasih sang kapten yakni bintang club Barcelona, Lionnel Messi untuk keluarga dan seluruh rakyat Argentina, sekaligus ucapan terima kasih untuk legenda sepak bola Argentina, yaitu Diego Maradona. Akhirnya yaa, Sobat olahraga, si Messi juga mengakhiri puasa gelarnya bersama timnas senior Argentina setelah beberapa kali kalah di partai final piala Internasional.
ADVERTISEMENT
Denger-denger juga, si Messi ini menyebut nama Maradona usai mengantar Argentina juara Copa America 2021, seperti yang diketahui bahwa legenda sepakbola Argentina itu meninggal pada 25 November lalu.
Usai Euro dan Copa America, Timnas Italia Akan Menghadapi Timnas Argentina? (750354)
searchPerbesar
Gambar Ilustrasi CC flickr.com
Nah, setelah mereka keluar sebagai juara di kompetisi bergengsi di Benua, sepengetahuan saya, media Argentina melontarkan ide untuk menggelar pertandingan yang mempertemukan Gli Azzurri dan Tim Albiceleste. Hal ini mirip dengan Piala Internasional yang kini bernama Piala Dunia Antarklub. Karena, selama ini belum ada partai model serupa di level sepak bola Internasional. Keren banget bukan?!
Faktor lain yang mendukung adanya pertemuan antarpemenang Euro dan Copa 2021 menurut saya, karena adanya keterikatan antara Italia dan Argentina yang dihubungkan erat oleh legenda sepak bola Diego Maradona, di mana Beliau pernah adalah legenda dari Club Sepakbola Italia yaitu Napoli, dan sekaligus merupakan pemain timnas Argentina pada masanya.
ADVERTISEMENT
Nah, maka dari itu, mungkin para media dan petinggi sepak bola menyarankan partai ini nanti digelar di Diego Armando Maradona Stadium, entah di Buenos Aires atau Naples. Denger-denger juga, partai Argentina vs Italia ini diberi label bergengsi yakni Supercopa Maradona lho Sobat!
Usai Euro dan Copa America, Timnas Italia Akan Menghadapi Timnas Argentina? (750355)
searchPerbesar
Gambar Ilustrasi CC flickr.com
Maka dari itu, yang saya ketahui bahwa, Presiden UEFA dan CONMEBOL masih berdiskusi berencana menggelar pertandingan antara juara dari dua kompetisi, yakni Euro 2020 dengan Copa America 2021. Yang menurut saya, salah satu alasannya ialah untuk mengenang sosok Diego Maradona dan sumbangsihnya bagi sejarah sepak bola dunia.
Bagaimana? Tidak sabar dong pastinya untuk menunggu keputusan dari dua presiden sepak bola dari kedua benua ini. Bakal seru banget dah kalau Pertandingan antara pemenang Piala Eropa melawan pemenang Piala Copa Amerika. Yuk ditunggu kelanjutannya!!
ADVERTISEMENT
Salam Sehat, Salam Olahraga!!