Ikan Patin, Sumber Kaya Nutrisi yang Dukung Tumbuh Kembang Anak Secara Optimal

Saya merupakan mahasiswa Profesi Dietisien Universitas Esa Unggul.
Konten dari Pengguna
14 September 2023 8:05
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Devira Putri Handoyo tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi anak stunting. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Stunting, kondisi ketika pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak terhambat akibat kekurangan gizi kronis, merupakan masalah serius yang mempengaruhi jutaan anak di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Upaya mencegah stunting sangat penting untuk memastikan generasi mendatang tumbuh menjadi individu yang sehat dan produktif. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan memanfaatkan manfaat ikan patin sebagai sumber gizi yang mendukung pertumbuhan optimal pada anak-anak.
Ilustrasi ikan Patin (Sumber : Shutterstock)
Ikan patin memiliki beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan yang pesat. Berikut adalah beberapa nutrisi kunci dalam ikan patin yang berperan penting dalam mencegah stunting:
ADVERTISEMENT

Mengintegrasikan Ikan Patin dalam Pola Makan Anak

Bahan Makanan. Ilustrasi : shutterstock
Untuk mencegah stunting dan mendukung pertumbuhan anak, penting bagi orang tua dan pengasuh untuk mengintegrasikan ikan patin dalam pola makan sehari-hari anak-anak. Berikut beberapa cara untuk melakukannya
1. Variasi Menu
Pindang Patin. Ilustrai : Shutterstock
Sajikan ikan patin dengan variasi cara pengolahan yang berbeda agar anak tidak bosan dan mendapatkan manfaat gizi yang beragam.
2. Kombinasi Makanan
Kombinasikan ikan patin dengan sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat sehat untuk menciptakan makanan seimbang yang mendukung pertumbuhan.
3. Pentingnya Pendidikan Gizi
Edukasi Makanan. Ilustrasi : shutterstock
Edukasi tentang manfaat ikan patin dan gizi seimbang kepada orang tua, pengasuh, dan masyarakat dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan patin dalam pencegahan stunting.
4. Sumber Ikan yang Aman
ADVERTISEMENT
Pastikan ikan patin yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terpercaya dan diolah dengan benar untuk menghindari potensi kontaminasi yang dapat membahayakan kesehatan.
Ikan Patin. Ilustrasi : shutterstock
Ikan patin bukan hanya sekadar pilihan makanan lezat, tetapi juga merupakan sumber gizi yang sangat berharga dalam upaya mencegah stunting pada anak. Kaya akan protein, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral, ikan patin dapat membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
Dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat ikan patin dan mengintegrasikannya dalam pola makan anak-anak, kita dapat bersama-sama mengatasi tantangan stunting dan menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi generasi mendatang.