Konten dari Pengguna

Dukung Penanggulangan Pandemi, YLAM Dapat Penghargaan PPKM Award 2023

Dewi Sulistiawaty
Content Creator
29 Maret 2023 5:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dewi Sulistiawaty tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
YLAM Dapat Penghargaan PPKM Award 2023 dari Kementerian Kesehatan
zoom-in-whitePerbesar
YLAM Dapat Penghargaan PPKM Award 2023 dari Kementerian Kesehatan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PPKM Award 2023 - Pandemi Covid-19 yang merebak beberapa waktu lalu, telah memporakporandakan seluruh aspek kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tak hanya berdampak pada kesehatan, namun pandemi Covid-19 juga berdampak pada perekonomian, pendidikan, dan juga kehidupan sosial masyarakat. Untuk menangani pandemi ini, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satu pihak yang tergerak untuk berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam menanggulangi pandemi adalah Yayasan Life After Mine (YLAM).
ADVERTISEMENT
Yayasan Life After Mine (YLAM) merupakan yayasan sosial independen yang didirikan pada September 2020. Merebaknya kasus Corona Virus di tanah air telah mendorong YLAM yang pada awalnya berfokus pada kegiatan pasca tambang, akhirnya memperluas programnya dengan memberikan kontribusi terhadap penanggulangan situasi pandemi di Indonesia. Yayasan ini merupakan wadah utama MMS Group Indonesia untuk menyalurkan bantuan dan program sosialisasi yang berkelanjutan untuk rakyat Indonesia.
Yayasan Life After Mine (YLAM) terlibat aktif membantu pemerintah dalam menjamin keselamatan rakyat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Berbagai aktivitas dilakukan YLAM pada sektor kesehatan, guna tercapainya herd immunity.
Atas dukungan yang telah diberikan YLAM dalam menanggulangi pandemi, pemerintah pun memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan, yang diserahkan pada acara PPKM Award 2023. Acara bertajuk “PPKM Award 2023” ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada berbagai pihak yang telah berupaya menangani masalah kemanusiaan pandemi Covid-19 untuk negeri.
ADVERTISEMENT
Dalam acara ini turut hadir perwakilan dari Kedutaan Besar Negara Sahabat, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI, Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Kemaritiman, Airlangga Hartanto selaku Menko Perekonomian, Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet RI, dan Heru Budi Hartanto selaku Pj Gubernur DKI Jakarta.
Pengurus YLAM, Adri Martowardojo menuturkan rasa terima kasihnya, atas penghargaan yang diberikan untuk YLAM dalam menangani pandemi Covid-19. Beliau menyampaikan bahwa YLAM bertujuan untuk menjadi yayasan yang berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Andrew Hidayat selaku pendiri YLAM mengatakan bahwa berbagai rangkaian inisiatif YLAM selama pandemi Covid-19, menjadi wujud kepedulian yayasan untuk masyarakat. YLAM siap mengabdi untuk negeri secara berkelanjutan, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Besar harapan kami agar kontribusi YLAM dapat menjadi keberkahan bagi masyarakat, maupun seluruh pihak yang terlibat,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Pada Juli 2021, YLAM secara langsung telah menyerahkan sebanyak 510 set tempat tidur medis kepada 23 rumah sakit darurat Covid-19 yang tersebar di Jabodetabek, yang digunakan oleh pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat. Serah terima bantuan ini dilakukan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Tower 1, bersama Kementerian Kesehatan dan Koordinator Operasional RSDC Wisma Atlet Kemayoran.
Selanjutnya, pada September 2021, YLAM juga memberikan bantuan donasi berupa 1.000 Oxymeter kepada Pemerintah Kota Balikpapan. Bantuan ini diharapkan menjadi terobosan untuk mengurangi tingkat fatalitas, yang sekaligus memutus rantai Covid-19.
Tak hanya bantuan logistik, YLAM pun telah menggelar program Vaksin Gotong Royong, serta pembagian sembako, yang diselenggarakan selama bulan November hingga Desember 2022. Kegiatan ini ditujukan kepada 1.000 warga yang berada di sekitar lahan paska tambang, demi mendukung pemerintah dalam membentuk kekebalan komunal.
Program Vaksin Gotong Royong yang digelar YLAM dalam menanggulangi pandemi
Pembagian sembako dari YLAM untuk masyarakat yang terdampak pandemi
Atas kontribusi tersebut, Yayasan Life After Mine (YLAM) dianugerahi Penghargaan PPKM Award 2023, yang diberikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kepada Adri Martowardojo selaku Pengurus YLAM di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat (20/03/2023).
ADVERTISEMENT