Konten dari Pengguna

Membangun Resiliensi Si Kecil Melalui Permainan LEGO Bricks

Dewi Sulistiawaty
Content Creator
13 Mei 2023 1:29 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dewi Sulistiawaty tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Membangun resiliensi si kecil melalui permainan LEGO bricks
zoom-in-whitePerbesar
Membangun resiliensi si kecil melalui permainan LEGO bricks
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Membangun Resiliensi Si Kecil Melalui Permainan LEGO Bricks - Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap kejadian yang berat, pulih dan bangkit dari situasi yang sulit, serta mampu bertahan terhadap setiap masalah yang terjadi dalam kehidupan. Resiliensi dapat menciptakan sikap positif untuk bereksplorasi, sehingga dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain, serta berani mengambil risiko. Resiliensi perlu dibangun dalam diri si kecil sejak dini, dan ini dapat dilakukan melalui permainan LEGO bricks.
ADVERTISEMENT
Menurut Saskhya Aulia Prima, M.Psi, selaku Psikolog Anak dan Keluarga, resiliensi merupakan hal yang penting, karena dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Hal ini diungkapkan Saskhya dalam acara LEGO Play & Workshop bersama Lazada Indonesia, yang diselenggarakan di Capital Place – Lazada Indonesia Head Office, pada Jumat, 12 Mei 2023.
Selain itu, resiliensi juga dapat membantu seseorang menjadi lebih produktif, memiliki hubungan sosial yang positif, mampu menghadapi tantangan, meningkatkan performa akademik dan pekerjaan, serta dapat menentukan cara seseorang dalam menghadapi stres.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya resiliensi, diantaranya adalah hubungan dan interaksi positif dengan orang tua, kemampuan manajemen emosi yang baik, kemampuan memecahkan masalah yang baik, dan konsep diri yang positif. Lalu bagaimana cara membangun resiliensi pada diri si kecil?
ADVERTISEMENT

Cara Membangun Resiliensi pada Si Kecil

1. Menjadi Role Model

Orang tua perlu menjadi role model bagi si kecil dalam menghadapi dan mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari.

2. Family Quality Time yang Cukup

Orang tua perlu menyediakan waktu yang cukup dan berkualitas bagi si kecil setiap harinya.

3. Berikan Si Kecil Permainan yang Konstruktif

Permainan konstruktif yang menyenangkan dapat membantu meningkatkan berbagai kemampuan yang positif pada si kecil.
Lebih lanjut Saskhya menjelaskan bahwa permainan konstruktif, seperti permainan membangun atau merakit sesuatu, bermanfaat untuk menstimulasi area berpikir, area motorik, dan area sosial emosional si kecil. Area berpikir contohnya adalah membangun kemampuan spasial, logika, perencanaan, kreativitas, dan problem solving. Untuk area motorik, seperti koordinasi mata-tangan, dan melatih motorik halus. Sedangkan untuk area sosial emosional adalah belajar komunikasi, kerjasama, negosiasi, dan regulasi diri.
ADVERTISEMENT

Membangun Resiliensi Si Kecil Melalui Permainan LEGO Bricks

LEGO Play & Workshop bersama Lazada Indonesia (kiri: Saskhya, kanan: Dini Ubaya)
LEGO bricks merupakan salah satu contoh permainan konstruktif yang bagus untuk membangun resiliensi si kecil. Selain menyenangkan, menyusun LEGO bricks dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas si kecil. Si kecil dapat dengan bebas bereksplorasi dan mengekspresikan apa yang ada di dalam pikirannya.
Seperti yang telah disampaikan oleh Psikolog Saskhya sebelumnya, bermain permainan kontruktif, seperti LEGO bricks, akan merangsang perkembangan motorik halus si kecil. Beragam warna, ukuran, dan bentuk bricks, hingga si kecil menyusunnya menjadi suatu bangunan atau figur yang sesuai dengan imajinasinya akan membuat si kecil belajar mandiri untuk mencari cara dalam menyelesaikan masalahnya.
Melalui permainan LEGO bricks, si kecil juga dapat belajar berhitung. Saat menyusun bricks, si kecil akan mengukur besarnya bricks berdasarkan titik yang ada di atasnya. Si kecil juga menghitung berapa banyak bricks yang harus digunakannya untuk bisa menyusun bricks menjadi sesuatu yang diinginkannya. Secara perlahan, si kecil pun akan mempelajari konsep berhitung lewat permainan LEGO bricks.
ADVERTISEMENT
Manfaat permainan LEGO bricks lainnya adalah saat si kecil bermain bricks bersama saudara, orang tua, maupun teman-temannya, ia akan belajar untuk bekerjasama, berinteraksi, mengemukakan ide, dan belajar menghargai ide orang lain, sehingga kemampuan sosialnya dapat berkembang dengan baik.

LEGO LazMall Big Brand Day

Bersama dengan The LEGO Group, Lazada Indonesia menghadirkan LEGO LazMall Big Brand Day. Lewat program ini, The LEGO Group dan Lazada Indonesia ingin mengajak konsumen Indonesia untuk mengasah kreativitas dan membangun resiliensi si kecil lewat permainan set LEGO.
Dini Ubaya selaku VP Strategic and Operation FMCG, LazMall, Lazada Indonesia menyampaikan bahwa kolaborasi antara Lazada dan LEGO merupakan bentuk komitmen Lazada untuk menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan keluarga Indonesia, termasuk produk permainan konstruktif yang dapat membangun resiliensi si kecil, sehingga anak dapat tumbuh sehat seperti yang diharapkan oleh orang tua.
ADVERTISEMENT
“Di Big Brand Day nanti, kita akan menghadirkan secara eksklusif set terbaru dari LEGO, yang bertemakan Fast and Furious. Kita menyediakan produk ini bukan hanya untuk anak-anak saja, namun juga bagi siapapun yang menyukai permainan LEGO,” ujar Dini.
Dini juga menjelaskan bahwa LEGO LazMall Big Brand Day bertema "Dream It, Build It" ini akan berlangsung pada tanggal 19 Mei 2023 nanti. Lazada akan memberikan berbagai penawaran menarik, diantaranya diskon hingga 50%, yang sudah bisa digunakan sejak tanggal 11 Mei 2023. Lalu untuk pembelian lebih dari 1, maka konsumen akan mendapatkan Flexi Combo hingga 12%, voucher hingga 35%, serta gratis ongkir hingga ke seluruh Indonesia.
Selain itu, di tanggal 19 Mei 2023 nanti, Lazada juga memberikan tantangan berbelanja bagi para konsumen. Untuk top spender akan mendapatkan hadiah gratis berupa set LEGO dengan total hadiah 4 juta rupiah, serta tiket nonton film terbaru Fast and Furious. Untuk mendapatkan produk set LEGO terbaru bertemakan Fast and Furious dengan harga diskon di LazMall Big Brand Day, silakan kunjungi kanal LazMall di aplikasi Lazada.
ADVERTISEMENT
Ikuti juga giveaway di media sosial, dan dapatkan kesempatan memenangkan set LEGO dengan total hadiah 17 juta rupiah. Caranya adalah dengan membuat kreasi mobil impian menggunakan set LEGO, lalu ceritakan mengapa kamu membuat mobil tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan hastag #LEGOIDDreamItBuildIt dan tag akun @idn.bricks dan @lazada_id. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi akun media sosial Lazada Indonesia.