Bola & Sports
·
20 November 2020 20:13

Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa (Nasionalisme) yang Kuat

Konten ini diproduksi oleh Helen Diana
Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa (Nasionalisme) yang Kuat (115724)
sumber: dreamstime.com
Tak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk membangkitkan jiwa nasionalisme.
ADVERTISEMENT
Masih segar di ingatan kita betapa megahnya perhelatan Asian Games 2018 ketika Indonesia menjadi tuan rumah. Seluruh masyarakat dari berbagai kalangan bekerja sama mempersiapkan diri menyambut 45 negara Asia yang ikut serta. Semua bersatu menyumbangkan ide, waktu, dan keringat untuk menunjukkan kebolehan Indonesia kepada dunia.
Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa (Nasionalisme) yang Kuat (115725)
sumber: Pembuat: Rosa Panggabean | Kredit: INASGOC Hak Cipta: INASGOC
Agenda empat tahunan ini dimanfaatkan oleh Indonesia dengan sebaik-baiknya untuk menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Dalam opening ceremony yang diadakan dengan megahnya, berbagai kesenian dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan. Budaya Indonesia yang eksotis dan beragam patut membuat kita bangga. Dengan keragaman itu, kita menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bersatu di bawah semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Indonesia juga mengusahakan yang sebaik-baiknya dengan membangun berbagai fasilitas olahraga baru demi kenyamanan atlet yang berasal dari berbagai negara. Perlakuan tersebut menjadi bukti keramah-tamahan Indonesia terhadap tamu.
ADVERTISEMENT
Tak hanya ketika menjadi tuan rumah, ketika Indonesia mengikuti pertandingan olahraga di cabang apapun, masyarakat Indonesia dengan setia mendukung para atlet yang bertanding. Setiap pertandingan voli, basket, bulu tangkis, dan sepak bola, bahkan panjat tebing hampir selalu terdengar nama Indonesia menggema untuk mendukung para atlet. Semua bersatu dalam satu nama, Indonesia, tak peduli jabatan, gelar, suku dan agama yang berbeda.
Bahkan gema meneriakkan nama Indonesia di setiap pertandingan juga sampai hingga ke pelosok desa. Para masyarakat desa berkumpul di satu kedai atau bahkan menyiapkan layar tancap untuk menonton bersama perjuangan pemain di tengah lapangan.
Riuh rendah penonton ketika pemain mencetak gol di pertandingan sepak bola, mencetak angka di permainan bulu tangkis, melakukan smash di pertandingan voli membuktikan bahwa olahraga mampu membuat masyarakat yang berbeda menjadi satu suara. Masyarakat yang berbeda warna bersatu dalam satu harmoni yang indah meneriakkan Indonesia dengan lantangnya.
ADVERTISEMENT
Bagi atlet, dukungan dan teriakan ini tentu membangkitkan semangatnya untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak tiang tertinggi dengan membawa kemenangan untuk Indonesia.
Dalam sejarahnya, tak sedikit kemenangan yang diraih Indonesia di pertandingan olahraga baik kandang maupun tandang. Indonesia beberapa kali menorehkan tinta emas kemenangan di berbagai cabang olahraga. Setiap kemenangan merupakan hal yang membanggakan dan patut diapresiasi. Kemenangan tersebut merupakan bukti cinta atlet terhadap bangsa Indonesia. Namun tak jarang juga atlet pulang dengan dengan tertunduk kecewa karena menelan kekalahan. Kekecewaan itu ada salah satunya karena tidak bisa membanggakan bangsa Indonesia. Namun usaha para atlet sudah seharusnya diapresiasi dengan selayaknya terlepas dari hasil yang diperoleh.
Salah satu kemenangan legendaris oleh atlet Indonesia adalah kemenangan Susi Susanti di Olimpiade Barcelona 1992 yang berhasil membawa medali emas dan mengantarkan merah putih ke tiang tertinggi diiringi lagu Indonesia Raya yang menggema bersama keringat dan air mata bangga dari Susi dan siapapun yang menyaksikan waktu itu.
ADVERTISEMENT
Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa (Nasionalisme) yang Kuat (115726)
Sumber: olahragapedia.com Susi Susanti Medali Emas Olimpiade Barcelona 1992 https://olahragapedia.com/profil-susi-susanti/susi-susanti-medali-emas-olimpiade-barcelona-1992
Secara keseluruhan, olahraga tak hanya menyehatkan badan, tetapi juga mengobarkan semangat nasionalisme. Olahraga dapat meleburkan masyarakat dalam satu suara. Masyarakat saling berangkulan meneriakkan satu nama. Dengan olahraga mari kita tingkatkan rasa cinta terhadap tanah air kita, Indonesia.