Opini & Cerita
·
10 Agustus 2020 21:10

SOSIALISASI DAN DISTRIBUSI JAMU KUNYIT ASAM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN

Konten ini diproduksi oleh Dita Havina DHm
PEMALANG, Desa Gondang (26/7) – Mahasiswa KKN TIM II UNDIP, Dita Havinamega dari Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada pekan ke-4 melaksanakan program yaitu mengadakan Sosialisasi dan Distribusi Jamu Kunyit Asam sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus, terutama Covid-19 (26 Juli 2020 pada pukul 13.00 WIB). Pelaksanaan program ini bertempat di area lingkungan RT 10 RW 02 secara home to home (mendatangi rumah sasaran) yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai gejala virus corona dan upaya pencegahan penyebaran virus sehingga dapat menambah wawasan masyarakat Desa Gondang untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi pandemi Covid-19. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan melakukan tanya jawab kepada sasaran untuk memberikan contoh berkaitan dengan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Salah satu upaya tersebut yaitu dengan meminum jamu kunyit asam. Zat curcuminoid pada kunyit berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-infeksi, dan anti-radang sehingga cocok untuk menangkal transmisi virus corona.
ADVERTISEMENT
COVID-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Corona. Virus ini pertama kali menjangkit di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Lansia (orang lanjut usia) dan orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, masalah jantung, diabetes, dan yang memiliki imunitas lemah cenderung lebih rentan mengalami penyakit serius. Desa Gondang merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Taman, Pemalang. Berdasarkan pengamatan, dapat diketahui bahwa masyarakat Desa Gondang sudah menjalankan protokol kesehatan yang dijadikan aturan mutlak pada masa pandemi ini. Namun terdapat sebagian masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Hal ini seharusnya menjadi perhatian oleh seluruh masyarakat, karena mengingat hampir seluruh Desa di Kecamatan Taman masuk dalam kategori waspada Covid-19. Pemberlakuan sistem new normal yang seharusnya dibersamai dengan upaya pencegahan penularan virus dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai langkah baru untuk beraktivitas normal seperti sebelum pandemi. Program distribusi jamu ini sebagai solusi untuk meminimalisir penularan dan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kandungan rempah-rempah dari jamu dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dimanfaatkan untuk menangkal transmisi virus corona. Jamu Kunyit Asam merupakan salah satu jamu yang dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Kunyit mengandung zat curcuminoid yang bersifat anti-bakteri, anti-infeksi, dan anti-radang. Kandungan tersebut dapat melawan tubuh terhadap serangan kuman penyakit. Asam Jawa memiliki khasiat anti-radang, anti-nyeri, dan melancarkan pencernaan. Ramuan pada “Jamu Kunyit Asam” berkhasiat sebagai antioksidan sehingga dapat membuat tubuh awet muda, mengatasi masalah haid, mengatur gula darah, hingga mengurangi berat badan.
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan program ini dilakukan secara home to home (mendatangi rumah sasaran satu per satu) di area lingkungan RT 10 RW 02 Desa Gondang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Dalam melaksanakan program ini, setiap sasaran diminta untuk memberikan contoh upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sebagian besar masyarakat Desa Gondang sangat antusias menjelaskan bagaimana upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selama pelaksanaan program dijumpai kerumunan ibu-ibu yang melaksanakan social distancing dalam bermasyarakat, namun sayangnya tidak menggunakan masker. Sosialisasi mengenai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan pada masyarakat yang dijumpai tersebut, terutama pada yang masih belum melaksanakan protokol kesehatan. Pembagian brosur yang content-nya meliputi informasi mengenai gejala terjangkitnya virus, upaya pencegahan penyebaran virus, dan manfaat jamu kunyit asam untuk meningkatkan imunitas, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Desa Gondang selama menghadapi pandemi Covid-19. Pelaksanaan sosialisasi diharapkan agar masyarakat dapat sewaktu-waktu mengaplikasikan adanya informasi tersebut sebagai tindakan turut serta berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19.
ADVERTISEMENT
Dokumentasi Pembuatan dan Distribusi Jamu Kunyit Asam
SOSIALISASI DAN DISTRIBUSI JAMU KUNYIT ASAM SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN  (227733)
Dokumentasi Pembuatan dan Distribusi Jamu Kunyit Asam
“Jamu Kunyit Asam merupakan salah satu minuman tradisional yang bagus untuk kesehatan, salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Semoga dengan mengkonsumsi jamu tersebut, masyarakat Desa Gondang dapat lebih siap-siaga menghadapi kondisi New Normal di masa pandemi.”, tutur Pak Sutoyo, selaku Ketua RT 10 RW 02. Pelaksanaan program ini ditutup dengan mendokumentasikan kegiatan berupa foto dan video.
Editor: Marwini, S.H.I., M.A., M.S.I.
#KKNtimIIperiode2020 #p2kkn #lppmundip #undip
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white