Unik! Mahasiswa KKN UNDIP Sulap Sampah Organik Menjadi Cairan Multiguna

Mahasiswa Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2022 21:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari dita ariana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
dokumen pribadi
ADVERTISEMENT
Semarang (24/7/2022). Salah satu program yang dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim II tahun 2022 adalah Penyuluhan Mengenai Pengolahan dan Pemanfaatan Eco Enzyme dari Limbah Organik yang diikuti oleh ibu-ibu PKK RT 3/ RW 1 Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 15 Juli 2022.
dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
dokumen pribadi
Salah satu mahasiswa KKN UNDIP Tim II menindaklanjuti program kerja ini dikarenakan sampah kini menjadi salah satu permasalahan di Indonesia, terutama di Kelurahan Cepoko. Indonesia penyumbang penumpukan sampah terbesar dimana komposisi utama penyusun limbah rumah tangga tersebut adalah sampah sisa makanan/limbah pengolahan pangan atau biasa disebut sebagai sampah organik (44%). Pengelolaan sampah organik yang tepat bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan, berguna dan mempunyai nilai ekonomis.
ADVERTISEMENT
Eco enzyme merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk dengan nilai ekonomi dan nilai manfaat yang tinggi. Eco Enzyme sendiri merupakan ekstrak cairan yang dihasilkan dari fermentasi sisa sayuran dan buah-buahan dengan substrat gula merah. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna menggunakan sampah buah atau sayuran. Enzim dari “sampah” ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa bahan dapur yang tidak dipakai lagi untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. Eco-enzym dapat digunakan sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif sehingga menekan biaya dan dapat dibuat dengan cara yang mudah.
dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
dokumen pribadi
dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
dokumen pribadi
Penyuluhan dilakukan dengan menggunakan bantuan power point, Dita juga membuat leaflet yang dibagikan dan dapat dibawa pulang oleh ibu-ibu PKK. Leaflet berisi tentang apa itu Eco Enzyme serta apa saja manfaat eco enzyme. Selain itu, didalam Leaflet juga dijelaskan bagaimana cara pembuatan Eco Enzyme dan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan selama memakai Eco Enzyme.
ADVERTISEMENT
Penyuluhan sore hari itu, ditutup dengan foto bersama dan berpamitan. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK serta teman-teman TIM KKN II UNDIP mengenai cairan multiguna yang biasa disebut Eco Enzyme.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·