kumparan
search-gray
Woman23 Maret 2018 12:45

Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh

Konten kiriman user
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18651)
Halo girls... sebagai seorang wanita kamu juga harus padai dalam mengobati. Walaupun kamu tidak sekolah di jurusan kedokteran tapi setidaknya kamu harus bisa memberikan pertolongan pertama apabila terjadi suatu kejadian yang tidak diinginkan. Sekarang mimin mau kasih tips mengobati luka agar cepat sembuh nih girls. Simak baik-baik ya.
ADVERTISEMENT

1. Rivanol

Rivanol adalah obat yang dijual di apotik, fungsinya untuk membersihkan luka agar tidak terjadi infeksi pada luka. Ingat Jangan pernah memberi alkohol pada luka berdarah itu malah akan memperparah luka. Tapi langkah awal bersihkan luka dengan rivanol lalu boleh kita berikan betadine dan di plester.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18652)

2. Dexamethason atau Amoxilin

Salah satu obat luka yang cukup ampuh untuk mengobati luka adalah Dexamethason atau yang biasa kita kenal Amoxilin. Ini adalah obat antibiotik yang bisa mengeringkan luka dengan cepat. Ingat harus dengan resep dokter ya girls.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18653)

3. Gula Pasir

Selain mengobati luka dengan obat-obatan di apotik, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumahmu. Salah satunya adalah dengan gula pasir. Kandungan dari gula pasir dapat membuat luka cepat kering dan membunuh kuman bakteri. Caranya cukup menaburkan gula pasir di bagian yang terluka. Dan biarkan beberapa saat. Selain itu gula pasir juga dapat menghentikan pendarahan akibat luka sayatan.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18654)

4. Madu

Sudah sejak dahulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah mengobati luka agar cepat kering dan mengelupas. Selain itu madu juga memiliki kandungan antiseptk yang dapat mencegah infeksi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan madu pada luka dan biarkan hingga kering. Pastikan sebelum dioleskan madu, luka sudah dibersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan rutin ini 2-3 kali sehari sampai luka benar-benar sembuh.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18655)

5. Jahe

Jahe selain untuk menghangatkan badan ternyata juga mampu untuk mengobati luka. Hal ini dikarenakan jahe mengandung minyak atsiri (zingiberena), bisabolena, gingerol, kurkumen, filandrena, dan juga resin pahit. Semua kandungan zat tersebut sangat efektif untuk menyembuhkan luka pada kulit. Caranya pun cukup mudah yaitu parut jahe secukupnyam lalu tempelkan pada luka yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap 6 jam sekali.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18656)

6. Lidah Buaya

Gel pada lidah buaya mengandung senyawa aktif polymannans, mannans asetat, antrakuinon, lektin, saponin, dan juga antrakuinon. Semua senyawa tersebut bekhasiat untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan gel/lendir lidah buaya pada luka dan tunggu hingga kering.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18657)

7. Bubuk Kopi

Selain gula, ternyata kopi juga bisa menyembukan luka pada kulit. Caranya cukup menaburkan bubuk kopi pada luka yang sudah dibersihkan. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18658)

8. Getah pisang

Jika ada luka teriris benda tajam seperti kena pisah dan terjadi pendarahan, kamu bisa menggunakan getah pisang untuk menghentikan luka. Hal ini dikarenakan tekstur yang lengket sehingga bisa berperan sebagai lem. Ingat luka harus dibersihkan terlebih dahulu ya girls.
Tips Mengobati Luka Agar Cepat Sembuh (18659)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white