Inilah yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Akuntansi di Era Society 5.0

Saya merupakan mahasiswa jurunsan Akuntansi, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Konten dari Pengguna
22 Mei 2021 13:53
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Diyanti Tri Puspita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inilah yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Akuntansi di Era Society 5.0 (44928)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber gambar: https://pixabay.com/id/users/stevepb-282134/
Saat ini dunia sudah mulai memasuki era industri 5.0, atau yang biasa kita kenal dengan era "society 5.0". Jadi kalau kalian belum tahu, era society 5.0 merupakan era berfokuskan pada Human Centered yang tentunya masih berbasis dengan perkembangan teknologi.
ADVERTISEMENT
Tentu saja akan ada dampak dari perubahan era industri ini, salah satunya adalah dunia akuntansi. Selama era revolusi industri 4.0 tentunya terjadi perubahan yang cukup signifikan jika kita bandingkan dengan wajah akuntansi di era 3.0 pada tahun 1970-an. Begitu juga dengan saat ini, di mana era society 5.0 pasti akan membawa banyak perubahan yang berbeda.
Kemunculan teknologi canggih dapat menjadi ancaman bagi kita sebagai mahasiswa jurusan akuntansi ketika akan memasuki dunia kerja. Kenapa bisa seperti itu? Mari kita simak penjelasan selanjutnya.
Tenaga manusia yang sebelumnya digunakan untuk mencatat transaksi nantinya akan digantikan dengan penggunaan robotic and data analysis dalam mencatat, mengolah, hingga memilah-milah transaksi yang ada. Tentu saja, jika kita lihat ini dari sisi positif dengan adanya teknologi proses peng-input-an data transaksi akan lebih efektif dan efisien, namun sebaliknya ini akan berakibat penggunaan sumber daya manusia akan semakin berkurang.
ADVERTISEMENT
Sudah banyak tren transformasi bermunculan dan berdampak langsung dengan kinerja seorang akuntan, yang muncul akibat adanya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, misalnya seperti Blockchain, Big Data Analysis, Cyber Risk, dan Artificial Intelligence.
Kira-kira apa saja yang harus kita persiapkan sebagai mahasiswa jurusan akuntansi dalam menghadapi era society 5.0 mendatang? Simak dengan baik ya.
Pertama, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah kecakapan kita dalam menggunakan teknologi. Perkembangan teknologi yang diciptakan oleh tangan-tangan hebat manusia akan semakin canggih bahkan condong ke unik. Jika dari diri sendiri saja tidak memahami teknologi, maka kualitas sumber daya manusia yang tersedia juga tidak akan sejalan dengan adanya perkembangan teknologi.
Kedua, selain mengikuti perkembangan teknologi, kita tentunya juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi lulusan yang memiliki pemahaman akuntansi yang mendalam dan juga menguasai berbagai skill yang pastinya sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang nantinya bergerak dan berkembang di era society 5.0.
ADVERTISEMENT
Skill yang sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini misalnya kemampuan public speaking, critical thinking, creative thinking, dan tak kalah penting adalah kemampuan problem solving yang tinggi, baik dalam memecahkan masalah yang pernah terjadi sebelumnya ataupun masalah yang belum pernah terjadi.
Selain itu, hal terpenting lainnya agar kita bisa menjadi lulusan akuntansi yang kompetitif adalah kita harus menanamkan jiwa literasi di dalam diri kita. Dengan literasi, kita bisa mengasah keterampilan-keterampilan yang sudah kita miliki ataupun yang belum kita miliki agar terus berkembang.
Pihak eksternal juga bisa memberikan kontribusi tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu pihak universitas. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu bagaimana metode yang tepat dalam mengembangkan kapasitas kognitif yang dimiliki mahasiswa, serta melatih critical thinking dan mental skill yang dimiliki oleh mahasiswa.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa hal yang harus kita persiapkan sebagai mahasiswa akuntansi dalam menghadapi era society 5.0. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian semua sudah siap?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020