6 Ide Lomba 17 Agustus di Tengah Pandemi Covid-19

Pranata Humas BRIN
Konten dari Pengguna
7 Agustus 2021 16:58
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dodi Rosadi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: HUT RI ke76 (sumber: freepik.com)
zoom-in-whitePerbesar
Foto: HUT RI ke76 (sumber: freepik.com)
ADVERTISEMENT
Untuk kali kedua, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) kita rayakan di tengah pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang sampai hari ini tak kunjung berakhir dan pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakukan Pembatasaan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sulit bagi kita untuk menggelar berbagai macam perlombaan dalam rangka Hari Kemerdekaan RI.
ADVERTISEMENT
Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya kita masih bisa menyelenggarakan berbagai macam lomba 17 Agustus yang seru, unik dan menarik untuk anak-anak, remaja bahkan orang tua. Lomba yang biasanya di adakan di kampung, rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), sekolah maupun Instansi/Kementerian. Ditahun ini tentu ditiadakan untuk memutus penyebaran Covid-19. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita tetap bisa mengadakan berbagai macam lomba 17 Agustus secara online.
Berikut 6 ide lomba 17 Agustus di tengah pandemi Covid-19:
#1. Lomba menulis artikel kemerdekaan
Lomba menulis artikel ini, bisa kita jadikan pilihan di masa pandemi Covid-19. Dengan syarat dan ketentuan lomba, seperti tema tentang kemerdekaan, ditujukan untuk pegawai/umum, tulisan bisa berupa opini, peserta hanya boleh mengirimkan 1 artikel, tulisan adalah karya sendiri dan persyaratan lainnya. Selanjutnya peserta mengisi formulir pendaftaran dengan mengisi link yang diberikan oleh panitia. Informasi lomba menulis artikel ini, kita buatkan e flyer nya terlebih dahulu. Selanjutnya kita informasikan melalui grup WhatsApp (WA), dan media sosial seperti instagram, dan facebook.
ADVERTISEMENT
Untuk kategori pemenang bisa kita tentukan seperti berdasarkan struktur tulisan dan lain-lain. Seperti lomba menulis di kumparan.com dalam memyambut Hari Kemerdekaan RI dengan kategori pemenang peserta terproduktif dan page views terbanyak.
#2. Lomba tiktok dance challenge kemerdekaan
Tiktok merupakan aplikasi jejaring sosial dan platform video musik yang lagi popular saat ini, dimana pengguna bisa mengedit dan berbagi klip video. Apalagi aplikasi tiktok saat ini sudah dikenal dan banyak di gunakan oleh kalangan masyarakat.
Lomba tiktok ini bisa dilakukan dengan memfollow akun tiktok terlebih dahulu, selanjutnya peserta membuat dan mengirimkan video sesuai tema kemerdekaan, video bisa berdurasi 1 menit (waktu bisa disesuaikan) unggah di instagram pribadi dan mention dan follow sosial media panitia. Lomba tiktok ini bisa dijadikan pilihan bagi remaja, pegawai atau untuk umum. Panitia bisa memilih video yang kreatif dan terbaik untuk dijadikan pemenangnya.
ADVERTISEMENT
#3. Lomba Stand up comedy kemerdekaan
Stand up comedy yang biasanya dilakukan di atas panggung, yang disaksikan oleh penonton secara langsung. Di masa pandemi Covid-19 ini, lomba Stand up comedy bisa dijadikan pilihan menyambut Hari Kemerdekaan RI. Lomba ini bisa kita lakukan secara online tentunya dengan tema kemerdekaan. Cara pertama yang bisa kita lakukan, menurut Raditya Dika, seorang penulis, komedian yang dikutip dari laman https://style.tribunnews.com (2021). Radit mengadakan kompetisi Stand up comedy secara online. Ia menghubungi peserta lewat telepon lalu peserta melakukan Stand up lewat telepon tersebut, waktunya hanya 1 menit. Cara kedua, peserta mengirimkan karya berupa video waktu yang diberikan 1 menit (waktu bisa kita tentukan). Langkah selanjutnya di unggah di instagram pribadi, mention dan follow sosial media panitia. Dibutuhkan juri yang berpengalaman untuk menilai lomba Stand up comedy ini.
ADVERTISEMENT
#4. Lomba kuis online kemerdekaan
Rekomendasi ide lain, lomba yang bisa kita lakukan saat 17 Agustus adalah lomba kuis secara online bertema kemerdekaan. Bahkan banyak sekarang ini, situs online yang membantu menyediakan platform untuk kita membuat kuis secara online. Kuis online ini seru dan menarik, bahkan mudah untuk dimainkan, seperti Kahoot, Quizizz, Flyerbox dan masih banyak contoh kuis online lainnya.
Untuk melaksanakan kuis online ini, panitia bisa menentukan platform yang akan digunakan dan bisa disesuaikan dengan keperluan. Panitia bisa membuat daftar pertanyaan sesuai dengan tema.
#5. Lomba berbalas pantun kemerdekaan
Lomba berbalas pantun bisa dijadikan salah satu pilihan yang seru dan menarik yang bisa kita lakukan secara online. Saat kita mengikuti webinar/workshop terkadang ada juga narasumber sebelum menyampaikan materinya membuka dengan sebuah pantun. Panitia bisa membuat syarat dan ketentuan dari lomba berbalas pantun ini.
ADVERTISEMENT
Cara pertama, lomba berbalas pantun secara virtual dengan saling berbalas pantun dengan peserta yang lain dalam area zoom meeting.
Cara kedua, lomba pantun ini bisa dilakukan dengan mengirimkan karya berupa video (berbalas pantun) terdiri dua orang atau lebih. Peserta bisa mengisi link pendaftaran yang diberikan panitia (berupa identitas diri, email, nomor handphone (hp), foto, narasi video dan rekap data lomba pantun). Panitia bisa memilih video yang terbaik untuk dijadikan pemenangnya. Dibutuhkan juri yang berpengalaman untuk menilai lomba berbalas pantun ini.
#6. Lomba puisi kemerdekaan
Lomba puisi bertema kemerdekaan bisa dijadikan salah satu pilihan. Kita bisa mengadakan lomba puisi untuk segala tingkatan mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), Universitas bahkan untuk pegawai/umum.
ADVERTISEMENT
Panitia bisa menginformasikan lomba ini melalui e flyer dengan mencantumkan syarat dan ketentuan, seperti peserta memiliki akun media sosial instagram, dan facebook. Peserta wajib memfollow akun panitia, mengisi link pendaftaran yang sudah ditentukan oleh panitia. (bisa berupa identitas diri, email, nomor handphone (hp), foto, karya puisi (berupa video). Panitia bisa memilih video yang terbaik untuk dijadikan pemenangnya. Dibutuhkan juri yang berpengalaman untuk menilai lomba puisi ini (dr).
Selamat mencoba
Dodi Rosadi-Pranata Humas LIPI
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020