Tekno & Sains
·
15 April 2021 13:50

Dokter Ortopedi Indonesia (PABOI) Bersama Ortopedi Amerika Membahas Infeksi

Dokter Ortopedi Indonesia (PABOI) Bersama Ortopedi Amerika Membahas Infeksi (765250)
searchPerbesar
Plenary Lecture Continuing Orthopaedic Education
Continuing Orthopaedic Education (COE) Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) diselenggarakan setiap 2 kali dalam setahun. Dalam pelaksanaannya sering kali bekerjasama dengan Perhimpunan Spesialis Orthopaedi Luar Negeri. Pada kesempatan ini PABOI menyelenggarakan Virtual Combined Meeting of the 68th Continuing Orthopaedic Education (COE) of Indonesian Orthopaedic Association (IOA), bekerjasama dengan Asosiasi Orthopaedi Amerika atau disebut American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS), pada tanggal 3 – 4 dan 10 – 11 April 2021 secara virtual dengan tema “Musculoskeletal Infection”.
ADVERTISEMENT
Kegiatan virtual yang berlangsung selama 4 (empat) hari, diisi dengan berbagai macam program yang sangat menarik antara lain ; symposium, plenary lecture, subspecialty lecture, oral paper and poster presentation, dan virtual booth exhibition.
Dokter Ortopedi Indonesia (PABOI) Bersama Ortopedi Amerika Membahas Infeksi (765251)
searchPerbesar
Lobby Utama virtual conference event dokter ortopedi
Kegiatan dibuka pada hari Sabtu, 3 April 2021, yang bergabung adalah peserta, pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia, pembicara dari Amerika dan India.
Peserta kegiatan virtual ini adalah 650 dokter spesialis orthopedi serta 320 PPDS Orthopaedi. Hal ini juga didukung dengan pembicara yang berkualitas serta kompeten dibidangnya yang didatangkan langsung dari Amerika dan India.
Pandemi tidak membuat kegiatan ilmiah Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) terhenti, tetapi PABOI mengemasnya dalam format terbaru yaitu virtual meeting, juga tidak menghentikan kerjasama kegiatan ilmiah dengan negara luar. Dalam situasi pandemi inipun, PABOI terbukti berkesempatan untuk dapat menjalin kerjasama kembali dengan American Academy Orthopaedic Surgeons (AAOS).
ADVERTISEMENT
Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk menambah wawasan dokter ortopedi dengan saling bertukar pengalaman antara peserta satu dengan yang lain baik dari dalam dan luar negeri, yang diterapkan dengan kegiatan kuliah sebagai terapan, sehingga memudahkan peserta dalam mendapatkan inovasi baru baik dari dalam maupun luar negeri, dan membuat ketepatan serta kecepatan dalam mengambil keputusan dari kasus-kasus yang ada di bidang Ilmu Bedah Orthopaedi & Traumatologi.
Dokter Ortopedi Indonesia (PABOI) Bersama Ortopedi Amerika Membahas Infeksi (765252)
searchPerbesar
Kompetisi Free Paper dan Poster yang diikuti oleh PPDS Orthopaedic Indonesia
Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) didirikan pada tanggal 25 September 1969 di Bandung oleh Prof. Dr. Soeharso, Dr. Soebiakto W, Dr. Nagar Rasjid Nasution, Dr. Sjamsul Ma’arif, Dr. Herman Sukarman, Dr. S. Tajib Salim Prof. Dr. Soelarto Reksoprodjo, Dr. Saleh Mangunsudirdjo, dan Dr. Kunadi Wihardjo. PABOI dilibatkan dalam program pelatihan yang dimulai pada 1 Oktober 1968 yang disebut CARE Medico Orthopaedic bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Departemen Kesehatan RI yang diikuti oleh dokter ortopedi.
ADVERTISEMENT
Setelah Prof. Soeharso wafat, Ketua dari Program Pelatihan diambil alih oleh Dr. Soebiakto. Pada tahun 1974, dilaksnakan Kongres PABOI pertama yang menobatkan Prof. Dr. Soelarto Reksoprodjo sebagai Ketua PABOI. PABOI mengikuti Kongres IKABI di Yogyakarta pada tahun 1973. Setelah PABOI mengadakan kongres 1, pada waktu yang bersamaan PABOI mengeluarkan Jurnal Majalah Ortopedi Indonesia (MOI).
Selain itu PABOI juga mengadakan Continuing Orthopaedic Education (COE) yang pertama pada Mei 1975 di Jakarta. Sampai saat ini PABOI telah melaksanakan COE yang ke – 68 dan Kongres Nasional Orthopaedi yang Ke-21. Jumlah Anggota PABOI sampai dengan saat ini adalah 1182 anggota di seluruh Indonesia.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white