Bazma RU V Bersama Dompet Dhuafa Kaltim Sambut Muharam Gelar Quranic Aulad Camp

Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa
Konten dari Pengguna
2 Agustus 2022 14:31
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Quranic Aulad Camp 2022 sukses digelar. Program QAC 2022 merupakan program kolaborasi antara Baituzzakah Pertamina Refinery Unit V (Bazma RU V) dengan Dompet Dhuafa Kaltim (DD Kaltim) dalam rangka menyambut bulan Muharam. (31 Juli 2022). Dok. DD Kaltim
zoom-in-whitePerbesar
Quranic Aulad Camp 2022 sukses digelar. Program QAC 2022 merupakan program kolaborasi antara Baituzzakah Pertamina Refinery Unit V (Bazma RU V) dengan Dompet Dhuafa Kaltim (DD Kaltim) dalam rangka menyambut bulan Muharam. (31 Juli 2022). Dok. DD Kaltim
ADVERTISEMENT
BALIKPAPAN, KALTIM- Alhamdulillah program Quranic Aulad Camp 2022 sukses digelar. Program QAC 2022 merupakan program kolaborasi antara Baituzzakah Pertamina Refinery Unit V (Bazma RU V) dengan Dompet Dhuafa Kaltim (DD Kaltim) dalam rangka menyambut bulan Muharam.
ADVERTISEMENT
Quranic Aulad Camp 2022 merupakan program outdoor education yang ditujukan untuk para penghafal quran berbasis edukasi, kompetisi dan apresiasi untuk para pengahafal qur'an yang berasal dari 15 lembaga yang tersebar di 3 (Tiga) Kota yaitu Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara, yang diselenggarakan pada 29-31 Juli 2022.
Selama kegiatan anak-anak mengikuti berbagai kegiatan mulai dari ; ibadah berjamaah, peningkatan tambahan hafalan, seni kriya, panahan, senam sehat, api kreasi hafiz, quranic learning session, quranic competition, dan yang tak kalah menariknya yaitu hafiz adventure.
Dimana hafidz adventure para peserta dijejali dengan berbagai cara hafalan yang diluar dari kebiasaan. Biasanya para santri hafalannya dengan mencari suasana yang sepi atau nyaman, tapi pada sesi ini para penghafal quran diajak keliling dan mengikuti berbagai sesi outbound tapi di setiap sesi outbound para santri diharuskan hafalan dan setor. Dimana setiap kaki berjalan para peserta diwajibkan untuk terus menghafal hingga akhirnya disetorkan kepada petugas penerima hafalan. Dan alhamdulillah, luar biasanya para santri mampu mengahafalkan surat-surat baru diluar dari hafalannya walaupun dengan kondisi capek, dan menguras tenaga serta pikiran.
ADVERTISEMENT
Selain sesi-sesi diatas, para peserta selama kegiatan juga mendapatkan berbagai bingkisan yang setidaknya dapat memberikan kebahagiaan setelah mengikuti kegiatan selama 3 hari 2 malam di Kebun Raya Balikpapan, kota Balikpapan.
Danang Pikatan selaku Penanggungjawab Sementara (Pjs) Dompet Dhuafa Kalimantan Timur (DD Kaltim) menyampaikan, "program ini diselenggarakan tidak lain adalah untuk mendekatkan kita dengan para anak-anak pengahafal qur'an karena merekalah yang menjaga al-qur'an. Niat dan semangat merekalah yang menjadi spirit kami untuk berbagai di bulan Muharram ini. Karena mereka adalah aset umat muslim yang akan selalu menjaga Al-Quran." Semoga apa yang telah dititipkan oleh para donatur Bazma maupun Dompet Dhuafa dapat memberikan senyuman kebahagian bagi para penghafal Quran.
Pada kegiatan ini anak-anak terlihat antusias, salah satunya Balqis Asyifa Qolbi Kelas VIII dari SMPIT IHCS berasal dari Balikpapan, “Alhamdulillah senang banget dapat berkumpul kembali dengan teman-teman yang lain, semoga dibulan-bulan berikutnya ada kegiatan seperti ini lagi”. (DD)*
ADVERTISEMENT