Konten dari Pengguna

Dompet Dhuafa Terus Berikan Bantuan Bagi Penyintas Erupsi Gunung Ruang

Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa
6 Mei 2024 21:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BITUNG, SULUT -- --Dompet Dhuafa Sulawesi Utara dan Disaster Management Center (DMC) masih terus mengupayakan bantuan tanggap darurat bagi penyintas erupsi Gunung Api Ruang pada Minggu (5/5/2024).
ADVERTISEMENT
Kali ini Dompet Dhuafa membuka layanan Dapur Umum dan Pos Hangat untuk 200 penerima manfaat serta arena bermain anak di Pos Pengungsian yang berlokasi di Kantor Asrama BLK Bitung, Kelurahan Kadoodan, Kecamatan Madidir, Kota Bitung.
"Kami sangat berterima kasih sekali kepada Dompet Dhuafa. Pemerintah Kota Bitung melalui Dinas Sosial, Ibu Kepala Dinas berterima kasih kepada Dompet Dhuafa selaku donatur yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Gunung Ruang yang mengungsi di Kota Bitung. Bantuan yang diberikan kami olah menjadi makanan siap saji lewat Dapur Umum," ujar Umie Soekono, selaku perwakilan dari relawan Pos Pengungsian yang merupakan Staf Fungsional Umum di Dinas Sosial Kota Bitung.
Pengungsi sebagian kembali ke rumah kerabat keluarganya di wilayah Bitung, Manado dan sekitarnya, sehingga perkiraan jumlah pengungsi yang berada di Kantor Asrama BLK Bitung adalah 200 jiwa.
ADVERTISEMENT
Pos Hangat mengalami penyesuaian dengan menghadirkan aneka minuman dingin sebagai bentuk pelayanan di masa musim panas. Mengingat saat ini Indonesia sudah memasuki cuaca panas yang dikhawatirkan terjadinya gelombang panas besar.
Gunung Api Ruang merupakan gunung api strato soliter berbentuk kerucut terpancung dengan ketinggian -+714 m di atas permukaan laut. Gunung ini tinggi aslinya -+ 1700 m dari dasar laut.
"Di Senin ini (06/5/2024) kami akan mencoba kembali mengunjungi wilayah Pulau Taguladang untuk meninjau kembali dan memberi layanan tanggap darurat lainnya seperti medis, Dapur Umum dan siaga evakuasi jika dibutuhkan," ujar Erwandi Saputra selaku Penanggungjawab Tanggap Darurat, Pemulihan, dan Kerelawanan DMC Dompet Dhuafa melapor dari Pos Pengungsian Bitung.
Saat ini Gunung Api Ruang masih berada di level IV (AWAS). Berdasarkan laporan MAGMA Indonesia, Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 200-300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah selatan. Suhu udara sekitar 27-30°C.
ADVERTISEMENT
Melihat kenyataan itu pemerintah menghimbau masyarakat di sekitar G. Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 5 km dari pusat kawah aktif G. Ruang.
Kemudian masyarakat yang bermukim pada wilayah P. Tagulandang yang masuk dalam radius 5 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 5 km.
Lalu masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.
Terakhir masyarakat di sekitar G. Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id.
Semoga masyarakat selalu senantiasa di bawah perlindungan Allah SWT. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang. (DMCDD)*
ADVERTISEMENT