Musala Darurat, DMC Dompet Dhuafa Fasilitasi Penyintas Ibadah Dengan Nyaman

Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa
Konten dari Pengguna
5 Desember 2022 10:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tim DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa mendirikan Musholla Darurat, swadaya bersama para penyintas disana. Berukuran kurang lebih 7 x 5 meter persegi, Musholla tersebut menampung hingga 35 orang jama’ah. (Rabu, 30/11/2022)
zoom-in-whitePerbesar
Tim DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa mendirikan Musholla Darurat, swadaya bersama para penyintas disana. Berukuran kurang lebih 7 x 5 meter persegi, Musholla tersebut menampung hingga 35 orang jama’ah. (Rabu, 30/11/2022)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
CIANJUR, JAWA BARAT– Memasuki waktu Ashar, para penyintas yang berada di area pengungsian Kampung Buniaga RT 01/RW 06 Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, bergegas melaksanakan ibadah sholat di Musholla Darurat pengungsian tersebut. Pasalnya, Musholla maupun Masjid di wilayah itu banyak yang telah luluhlantak dampak Gempa Bumi yang terjadi di Cianjur pada Senin, 21 November 2022, lalu.
ADVERTISEMENT
Ya, beberapa Musholla di wilayah Kampung Buniaga telah rata dengan tanah. Pun ada, warga khawatir jika bangunan Masjid bisa runtuh kembali. Terlebih jika hujan turun, air bisa menggenang di tenda-tenda, diutarakan oleh Kakek Kosasih (74) selepas sholat Ashar di Musholla Darurat, Rabu (30/11/2022).
“Sholat leuwih tenang dan tiasa jama’ah. Lamun saacana pan sholat di tenda, sorangan wae. Dan teu khuyuk kitu (Sholat lebih tenang dan bisa berjama’ah. Kalau sebelumnya sholat di tenda, sendiri saja. Dan kurang khusyuk), aku Kakek Kosasih pada tim Dompet Dhuafa.
Melihat kondisi itu, tim DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa mendirikan Musholla Darurat, swadaya bersama para penyintas disana. Berukuran kurang lebih 7 x 5 meter persegi, Musholla tersebut menampung hingga 35 orang jama’ah.
ADVERTISEMENT
“Masjid di wilayah sekitar ini banyak terkenda dampak Gempa, selain itu penyintas juga membutuhkan tempat ibadah lebih layak lagi. Ada 33 KK/150 jiwa disini. Sebelumnya mereka sholat di tenda, maka itu sebagai respon early recovery, Dompet Dhuafa menginisiasi membuat Mhusolla Darurat disini,” ucap Adib, tim DMC Dompet Dhuafa, selaku PIC Respon di wilayah Cipanas, Cianjur.
Di wilayah tersebut, tim respon DMC telah menggulirkan bantuan berupa layanan Dapur Umum, Medis, Cozi (Corner Gizi), serta bantuan Logistik.
“Memang sangat darurat, hingga kita sama-sama lihat situasi kedepan, jika ada kemungkinan kita dirikan Masjid Darurat yang semi-permanent seperti di Cianjur,” imbuh Adib.
Ya, #IniTentangKita. Dengan upaya dan keyakinan bahwa dukungan kemanusiaan kita turut menguatkan mereka. Bantu mereka beribadah layak dalam situasi ini melalui https://digital.dompetdhuafa.org/ . (DD)*
ADVERTISEMENT