The Body Shop Indonesia & DMC Dompet Dhuafa Bantu Pulihkan Gempa Turki-Suriah

Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa
Konten dari Pengguna
21 Juli 2023 12:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dompet Dhuafa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
PT. Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kirimkan 230 paket pangan dan makanan siap santap kepada penyintas gempa bumi di Turki dan Suriah pada Sabtu (24/06/2023) dan Minggu (25/06/2023).
zoom-in-whitePerbesar
PT. Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kirimkan 230 paket pangan dan makanan siap santap kepada penyintas gempa bumi di Turki dan Suriah pada Sabtu (24/06/2023) dan Minggu (25/06/2023).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
REYHANLI, TURKI— ---- PT. Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia dan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kirimkan 230 paket pangan dan makanan siap santap kepada penyintas gempa bumi di Turki dan Suriah pada Sabtu (24/06/2023) dan Minggu (25/06/2023).
ADVERTISEMENT
Sebanyak 230 kepala keluarga dan juga 400 jiwa di Reyhanli, Turki serta Azez, Suriah terbantu dengan program kepedulian yang dilaksanakan The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa.
Adapun bantuan paket pangan tersebut berupa tepung, beras, gula, kacang, teh, saus tomat, dan garam. Selain itu juga The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa mendistribusikan makanan siap santap.
Reyhanli merupakan distrik di Provinsi Hatay yang juga terdampak cukup parah, menurut Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca. Lebih dari 1.200 bangunan hancur di wilayah Hatay. Hingga hari ini tidak sedikit para penyintas gempa Turki masih terus bertahan hidup ditengah keterbatasan yang ada.
Guncangan gempa yang berpusat di wilayah Turki juga berdampak cukup parah di wilayah Jinderes, Allepo dan Azez Suriah, menurut pemerintah setempat lebih dari 4.000 keluarga terdampak, 1.100 korban jiwa dan lebih dari 850 jiwa terluka parah. Wilayah ini juga menjadi pusat pengungsiaan dari beberapa wilayah lain yang terdampak gempa di Suriah.
ADVERTISEMENT
Akbar Saddam selaku Pjs. General Manager Resource Hub DMC Dompet Dhuafa menuturkan banyak terima kasih kepada PT. Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia yang telah bersedia menunaikan kebaikan dalam membantu sesama dengan DMC Dompet Dhuafa.
"DMC Dompet Dhuafa mengucapkan terima kasih kepada PT. Monica Hijau Lestari atau The Body Shop Indonesia atas kolaborasi baik ini. Alhamdulillah bantuan dari seluruh pelanggan The Body Shop Indonesia sudah kami salurkan ke wilayah yang terdampak Gempa di Turki dan Suriah," terang Akbar Saddam melalui pesan singkat.
"Untuk ke depannya, harapannya semoga kegiatan kolaborasi ini terus berjalan dengan berbagai program, tidak hanya tanggap darurat namun juga program yang lain seperti pelatihan kebencanaan, dan penguatan kapasitas masyarakat tanggap dan tangguh bencana," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Bulent Silivri salah seorang penyintas asal Kirikhan, Hatay menuturkan saat ini mereka sulit mobilisasi ke wilayah lain, sehingga mereka hanya mengandalkan bantuan dari pihak-pihak yang peduli terhadap kondisi pasca gempa ini.
"Semua orang di sini adalah mereka yang rumahnya telah hancur (akibat Gempa), dan mereka tidak bisa kemana-mana serta tidak memiliki apa-apa sehingga mereka disini menunggu bantuan," ujarnya.
Bulent Silivri merupakan salah satu penerima manfaat bantuan paket pangan dari The Body Shop Indonesia dan DMC Dompet Dhuafa. Dia beserta penerima manfaat lainnya menuturkan sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Dengan bantuan ini mampu mengembalikan secercah harapan yang sempat memudar akibat kejadian naas gempa bumi.
"Jadzakallahu Khair, terima kasih banyak karena kami menunggu adanya bantuan ini karena mereka yang tinggal di sini adalah mereka yang rumahnya terdampak 90% hancur (akibat gempa). (Mereka) datang dari Antakya dan Kirikhan. Mereka sangat membutuhkan bantuan di sini," pungkas Bulent.
ADVERTISEMENT
"Terima kasih untuk semuanya, orang-orang di sini tentu saja sangat membutuhkan bantuan ini. Terima kasih untuk bantuan yang telah anda berikan. Terima kasih," tutup Bulent.