Entertainment
·
24 Oktober 2020 17:56

5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millennial
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321679)
Ilustrasi bangkai kapal, dok: pixabay
Kapal laut hingga saat ini masih menjadi alat transportasi laut utama bagi setiap orang. Baik menyeberangkan manusia ataupun barang, kapal laut sangat bermanfaat untuk roda perekonomian di banyak daerah terutama daerah kepulauan seperti Indonesia ini.
ADVERTISEMENT
Bahkan jauh dari perkembangan modern saat ini yang bentuk kapalnya memiliki banyak variasi dan terkesan elegan, kapal laut sudah digunakan sebagai alat transportasi sejak tahun 1802 yakni kapal Charlotte Dundas sebagai kapal uap komersial pertama di dunia.
Seiring berjalannya waktu dari masa ke masa, banyak kapal yang diproduksi dan beroperasi di lautan. Namun kapal juga memiliki batas waktu operasi karena keterbatasan, oleh karena itu banyak kapal yang karam dan tenggelam akibat tidak kuat menahan goncangan dan tekanan dari laut dan cuaca yang tidak dapat diprediksi.
Hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah kapal yang sudah tenggelam dari seluruh lautan di dunia. Namun yang pasti ialah bangkai-bangkai kapal ini cukup memberikan kesan horor yang lumayan menyeramkan.
ADVERTISEMENT
Mirip seperti kisah legenda kapal The Flying Dutchman yang mengalami kutukan di mana kapalnya meski sudah tenggelam ia akan terus berlayar di seluruh lautan, nah berikut 5 kisah kapal hantu yang tak kalah horor.
1. Kapal Baychimo
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321680)
Ilustrasi kapal di lautan es, dok: pixabay
Kapal Baychimo menjadi kisah legenda kapal yang terkenal horor karena konon katanya kapal yang sudah tenggelam kisaran tahun 1930 an tersebut sempat terlihat masih berlayar selama beberapa tahun.
Kapal buatan Swedia itu memiliki catatan pelayaran terakhir adalah ketika mengantarkan kulit hewan untuk kebutuhan tekstil yang akan diantarkan ke Kanada. Namun nahasnya kapal tersebut tidak kuat menahan benturan cuaca dingin di perairan Alaska.
Para kru saat itu memutuskan untuk keluar dari kapal dan membuat pemukiman tidak jauh dari keberadaan kapal supaya bisa bertahan dalam cuaca ekstrem itu. Sayangnya tidak lama kemudian kapal Baychimo hilang dari keberadaannya kuat dugaan adalah tenggelam.
ADVERTISEMENT
Setelah diduga tenggelam oleh para kru, kapal Baychimo konon katanya sering menunjukkan dirinya seolah seperti berlayar di lingkungan lautan es, namun ketika diperiksa kapal tersebut selalu hilang.
2. The Marie Caleste
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321681)
Ilustrasi kapal tenggelam, dok: pixabay
Pada tahun 1872 ada kapal yang diketahui terombang-ambing seperti berlayar tanpa satu awak kapal sekalipun di daerah perairan Atlantik. Kapal tersebut ialah The Marie Caleste yang tampak sangat anggun dan masih sempurna seolah baru diturunkan ke laut.
Yang menjadi misteri adalah ketika ditemukan kapal tersebut dengan kondisi mesin yang menyala serta seperti ada jejak-jejak manusia di kapal itu, ketika dikroscek hasilnya sangat nihil tak ada satupun orang di sana.
Karena kapal masih dalam kondisi bagus, akhirnya Marie Caleste digunakan semestinya kapal pelayaran hingga pada akhirnya ia tenggelam di lautan Haiti karena menabrak sebuah batu karang.
ADVERTISEMENT
3. Kapal HMS Eurydice
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321682)
Ilustrasi kapal dan badai, dok: pixabay
Mirip seperti kisah kapal Baychimo, kapal HMS Eurydice juga mengalami hal serupa di mana meski kapal ini sudah dikabarkan tenggelam bersama para awak kapal dan penumpangnya yang berjumlah sekitaran 339 orang akan tetapi masih banyak laporan bahwa kapal tersebut kembali berlayar.
Kapal ini merupakan kapal buatan Inggris yang diperuntukan untuk pelayaran manusia yang sudah beroperasi sejak tahun 1840 an. Pada tahun 1878 kapal ini harus menemukan ajalnya karena lagi-lagi cuaca ekstrem yakni badai salju menghajarnya hingga kapal ini harus kalah dan tenggelam.
Namun yang masih menjadi catatan yang begitu horor adalah setelah tragedi tenggelam tersebut, masih banyak orang yang melaporkan bahwa kapal ini masih berlayar seperti tidak ada bekas goresan sama sekali.
ADVERTISEMENT
4. The Octavius
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321683)
Ilustrasi mayat di kapal, dok: pixabay
The Octavius, salah satu kapal pada masa 1700 an ini rasanya layak disebut sebagai kapal yang sangat horor dan angker. Mengapa tidak, menurut legenda kisah ini sering berlayar dan dikemudikan oleh para mayat bekas awak kapalnya dulu yang juga terbawa tenggelam.
Kapal ini pernah ditemukan oleh nelayan yang saat itu melihat kapal yang tidak memiliki tujuan dan seperti terbawa ombak ke sana ke mari. Namun ketika di kroscek naik ke kapal ini begitu mengagetkan yang ditemukan adalah para mayat awak kapal yang terlihat seperti masih baru dan beku.
5. Kapal Eliza Battle
5 Kisah Horor Bangkai Kapal di Dunia (321684)
Ilustrasi kapal di sungai, dok: pixabay
Kapal Eliza Battle merupakan kapal yang memiliki umur pelayaran yang singkat karena ia mulai beroperasi pada tahun 1852 dan mengalami kisah tragis tenggelam pada tahun 1858 ketika mengalami kebakaran akibat korsleting di mesin.
ADVERTISEMENT
Setelah kapal itu tenggelam di aliran sungai Tombigbee, Amerika Serikat tidak serta merta hilang catatannya dan dilupakan para warga. Justru semenjak itulah timbul kisah yang mengerikan karena menurut mitosnya siapa saja yang melihat penampakan kapal ini berlayar maka orang itu akan meninggal dunia atau terkena musibah lainnya.
Hingga kini konon katanya kapal Eliza Battle akan selalu keluar pada saat musim dingin di sekitar tempat tenggelamnya. Selain itu kapal ini juga diyakini masih mencari korban lain untuk melengkapi jumlah korban yang dianggap masih kurang.
Itulah ke lima kisah horor soal bangkai kapal yang tenggelam namun masih menimbulkan kisah misteri yang belum terpecahkan, apakah di Indonesia ada juga kisah seperti ini?