kumparan
News31 Maret 2020 19:55

Bakar Terasi Dapat Mengundang Makhluk Halus, Mitos atau Fakta?

Konten kiriman user
Untitled Image
Aroma Terasi Dipercaya Dapat Mengundang Makhluk Halus, Dok: sambalkencot
Terasi merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan sebagai pelengkap untuk membuat sambal. Aromanya yang khas dapat menambah cita rasa pada sambal tersebut. Bagi orang jawa, rasanya belum sempurna jika membuat sambal tanpa terasi.
Untitled Image
Ilustrasi Bakar Terasi, Dok: girlisme
Dibalik kepopuleran terasi sebagai bahan pelengkap untuk membuat sambal, ternyata terasi juga populer dengan isu mistisnya. Isu ini berasal dari kepercayaan Jawa kuno, apabila terasi dibakar maka dapat mengundang arwah-arwah yang kemudian menempel dan bersemayam pada tubuh si pembakar terasi tersebut.
Untitled Image
Rebon Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Terasi, Dok: ralali
Menurut kepercayaan Jawa kuno, bau udang rebon yang ditimbulkan terasi sangat disukai oleh makhluk-makhluk halus. Siapa pun yang membakar terasi di tempat angker atau jauh dari keramaian, akan dengan mudahnya melihat berbagai penampakan makhluk halus.
ADVERTISEMENT
Meskipun hal ini belum dibuktikan kebenarannya, namun beberapa orang tetap saja mencoba cara ini dikarenakan rasa penasaran terhadap mitos membakar terasi. Terlepas dari kebenaran mitos tersebut, hal yang perlu tetap diyakini adalah kita para manusia itu hidup di dunia berdampingan dengan makhluk halus. Apabila suatu saat kalian melihat penampakannya, mungkin "mereka" ingin menunjukkan keberadaannya kepada kalian.
Nah, bagaimana pendapat Sobat Dukun mengenai mitos ini?
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan