kumparan
search-gray
News31 Maret 2020 19:23

Benarkah Mitos soal Bersiul Saat Malam Dapat Mengundang Setan?

Konten kiriman user
Untitled Image
Ilustrasi Bersiul, Dok: wikimedia
Seringkali kita mendengar tentang mitos yang beredar di masyarakat. Namun, terkadang kita tidak mengetahui kebenaran dari mitos tersebut. Salah satu mitos yang sering kita dengar adalah bersiul saat malam hari.
Untitled Image
Ilustrasi Hantu, Dok: pixabay
Menurut keyakinan masyarakat Jawa, suara siulan hal yang demikian sebagai panggilan untuk mendatangkan makhluk halus. Jika tiba-tiba anda mendengar suara balasan, itu menandakan bahwa ada makhluk halus yang merasa terganggu, sekaligus dapat menjadi pertanda buruk.
ADVERTISEMENT
Namun, ada alasan yang sesuai dengan nalar mengenai larangan ini. Konon, larangan ini muncul untuk mencegah seseorang mengganggu tetangga yang sedang beristirahat saat malam hari. Hal ini disebabkan karena kondisi permukiman warga yang sangat sepi, sehingga jika ada orang yang bersiul maka suara siulan tersebut akan terdengar sangat keras dan mengganggu penduduk sekitar.
Untitled Image
Ilustrasi Pengintai, Dok: pixabay
Kemudian, suara siulan juga tak jarang diterapkan oleh para pasukan pengintai untuk dipakai sebagai isyarat tertentu. Apabila seseorang bersiul sembarangan di malam hari, hal tersebut dikhawatirkan dapat menggangu pesan isyarat yang diberi oleh para pasukan pengintai. Tak heran sekiranya kemudian muncul larangan bersiul masih terbawa sampai di kala ini.
Itulah sedikit penjelasan mengenai larangan bersiul saat malam hari. Belum ada jawaban yang memuaskan mengenai kebenaran mitos bersiul saat malam hari dapat mengundang setan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white