kumparan
search-gray
Entertainment9 Juli 2020 14:54

Makhluk Mitologi Yunani: Hidra, Naga dengan Banyak Kepala

Konten kiriman user
Makhluk Mitologi Yunani: Hidra, Naga dengan Banyak Kepala  (63828)
Ilustrasi hydra, dok: youtube
Mahluk mitologi memang sangat banyak berkeliaran dan bertebaran di setiap pemikiran manusia. Selain karena cerita rakyat yang melegenda, mahluk mitologi juga berada erat di tengah-tengah masyarakat bukan hanya di negara berkembang, bahkan kisah mahluk mitologi hadir juga di negara maju.
ADVERTISEMENT
Seperti kisah Hidra, mahluk mitologi dari Yunani yang sangat terkenal. Bahkan, kisah Hidra sering diangkat ke layar lebar dan menjadi musuh yang sangat berbahaya terutama bagi Herakles (Hercules dalam mitologi Romawi).
Merangkum beberapa sumber, Hidra sering dikisahkan sebagai mahluk buas dengan sosok seperti naga yang berkepala 5 atau sembilan atau bahkan bisa lebih banyak lagi.
Hal tersebut diakibatkan karena kepala Hidra yang mampu tumbuh kembali setelah dipotong bahkan bisa tumbuh menjadi 2. Seperti pada tayangan Film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief. Pada adegan ketika Percy son of Poseidon tersebut memotong kepala Hidra namun malah tumbuh kembali menjadi 10 kepala.
Hidra juga sering disebut Hidra Lerna karena diyakini Hidra tinggal di rawa-rawa di danau Lerna wilayah Argolid dan bertugas menjaga portal antara dunia bawah dan permukaan.
Makhluk Mitologi Yunani: Hidra, Naga dengan Banyak Kepala  (63829)
Ilsutrasi rawa, dok: pixabay
Selain ganas dan berbahaya, dia juga mengeluarkan racun yang mematikan dari napasnya pada setiap kali melangkah. Kerap kali ketika Hidra keluar dari gua tempat tinggalnya, warga desa sekitar akan diteror.
ADVERTISEMENT
Kisah akhir dari Hidra konon dibunuh oleh Herakles. Pembantaian tersebut merupakan salah satu dari 12 tugas Herakles yang wajib dijalankannya demi menebus dosa. Namun ternyata membunuh Hidra tidak semudah yang diharapkan Herakles.
Bahkan sekelas Herakles pun tidak bisa melawan Hidra sendirian, konon ia sempat putus asa dan hampir terbunuh oleh monster mengerikan itu. Setiap kepala Hidra yang dipotongnya, tumbuh kembali menjadi dua. Namun, ia mendapatkan bantuan dari saudaranya hingga ia berhasil mengalahkan Hidra.
Makhluk Mitologi Yunani: Hidra, Naga dengan Banyak Kepala  (63830)
Ilustrasi pedang, dok: pixabay
Pada saat ini kita sering ditemukan dalam video game atau tayangan film-film yang menceritakan tentang mitologi dan Herakles. Seperti pada game God of War atau pada film Hercules, Percy Jackson dan masih banyak lagi.
Sumber: Wikibook/mitologi
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white