kumparan
search-gray
News2 Agustus 2020 19:34

Mengenal Jenis Pusaka Keris Semar

Konten kiriman user
Semar merupakan tokoh kejawen yang digambaran sebagai bapak kehidupan. Semar menjadi lambang pelajaran hidup melalui filosofinya bagi umat manusia. Konon, Semar juga memiliki kekuatan supranatural yang amat dahsyat.
ADVERTISEMENT
Kekuatan supranatural yang dimiliki Semar tentunya mampu membuat kagum banyak orang. Sehingga Semar kerap dijadikan simbol jati diri dan kepribadian masyarakat Jawa yang asli. Sosok Semar juga sering dikaitkan dengan keberadaan pusakanya yang tersebar di tanah nusantara.
Berikut ini adalah beberapa pusaka keris Semar yang kerap dimiliki oleh seseorang:
  • Semar Mesem
Mengenal Jenis Pusaka Keris Semar (1206890)
Keris Semar Mesem, Dok: kisahasalusul
Pusaka ini merupakan salah satu benda bertuah yang biasa dimanfaatkan sebagai media pengasihan dan pelet. Bentuknya pun cendeung berbeda dai keris pada umumnya. Keris ini bebentuk pendek dan melebar.
Kegunaan keris ini antara lain sebagai sarana pengasihan dan pelet. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana pengangkat kewibawaan, penglarisan, dan sebagai pembuka aura seseorang.
  • Semar Kuning
Mengenal Jenis Pusaka Keris Semar (1206891)
Keris Semar kuning. Dok: pusakadunia
Pusaka Semar kuning adalah sebuah keris yang terbuat dari bahan kuningan dengan bentuk sosok Semar yang sedang memberi wejangan. Sama seperti keris Semar mesem, pusaka ini juga biasa dijadikan saana pengasihan atau pelet bagi lawan jenis.
ADVERTISEMENT
  • Semar Kuncung
Mengenal Jenis Pusaka Keris Semar (1206892)
Keris Semar kuncung. Dok: pusakadunia
Bentuk dari pusaka ini hampir sama dengan keris Semar yang lainnya. Namun, ada perbedaan pada kuncung rambut Semar yang terletak di ujung keris. Sama seperti keris Semar lainnya, keris ini juga biasa dimanfaatkan sebagai media pelet, pengasihan, penglaris, atau kewibawaan.
Itulah beberapa jenis pusaka keris Semar yang masih dimiliki oleh beberapa orang. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white