Entertainment
·
27 April 2021 13:57

Mitologi Yamata no Orochi dari Jepang, Ular dengan Banyak Nyawa

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial
Mitologi Yamata no Orochi dari Jepang, Ular dengan Banyak Nyawa (99655)
Ilustrasi Yamata no Orochi, dok: pixabay
Perkembangan teknologi tidak serta merta mengikis sebuah mitos dan legenda masyarakat, barangkali hal tersebut yang saat ini diterapkan oleh negara Jepang. Pasalnya, meski perkembangan teknologi di sana sangat pesat, akan tetapi kearifan lokal dan budaya masih sangat dijaga di sana termasuk kisah-kisah mitologi yang berkembang.
ADVERTISEMENT
Salah satu mitologi yang masih eksis bahkan populer di Jepang adalah mengenai kisah-kisah dari para Dewa Shinto (keyakinan di Jepang). Seperti pada kisah-kisah dewa pada umumnya, mereka akan selalu dihadapkan dengan ujian dan tantangan bahkan harus membasmi musuh.
Dalam catatan kisah Kojiki dan Nihogi, ada kisah populer mengenai musuh dari dewa Susanoo yakni Yamata-no-Orochi sebuah penjelmaan sosok naga mungkin lebih mirip ke ular.
Mitologi Yamata no Orochi dari Jepang, Ular dengan Banyak Nyawa (99656)
Penampakan ular, dok: pixabay
Yamata-no-Orochi dikisahkan memiliki delapan kepala lengkap dengan delapan ekor yang masing-masing memiliki 1 nyawa, itu artinya Orochi diyakini memiliki 8 nyawa meskipun versi ini masih diragukan.
Sorot mata yang merah menyala, memiliki semacam ukiran tubuh layaknya pohon cemara, tubuh yang terselimuti warna merah darah serta ukuran tubuhnya yang raksasa yakni bisa menutup banyak lembah membuat kisah Orochi ini sangat melegenda di masyarakat Jepang.
ADVERTISEMENT
Sosok dari Orochi ini banyak dikenal sebagai penggambaran ular naga yang sering turun ke masyarakat dan memakan para anak warga, sehingga hal tersebut juga yang membuat dewa Susanoo murka dan hendak melenyapkan Orochi dari peradaban Jepang.
Mitologi Yamata no Orochi dari Jepang, Ular dengan Banyak Nyawa (99657)
Patung Orochi, dok: pinterest
Pertempuran antara Susanoo dan Orochi pun tak terelakan dan mitosnya penaklukan Orochi ini dirasakan sangat sulit oleh Susanoo karena kekuatan dari delapan kepalanya yang merepotkan. Dengan kekuatan dari pedang suci Kusanagi, akhirnya kemenangan dimiliki oleh Susanoo.
Kisah antara Susanoo dan Orochi ini sangat populer hingga ia sering muncul di beberapa kisah Manga dan Anime Jepang, bahkan tak sedikit yang menjadiak sosok Orochi menjadi musuh utama pada episode tertentu.
Orochi diangkat di beberapa kisah Manga seperti Yu-Gi-Oh! sebagai kartu yang bernama Yamata Dragon, Naruto sebagai musuh dari karakter utama yang bernama Orochimaru, dan yang sekarang sedang hangat-hangatnya Orochi muncul dalam serial One Piece sebagai musuh pendukung di Arc Wano Kuni.
ADVERTISEMENT
Sosok Orochi ini memang dikenal sebagai karakter yang penuh tipu daya dan mampu menipu banyak orang karena diyakini kekuatan menipu tersebut bersumber dari banyaknya karakter sesuai jumlah kepala dan ekor dari Yamata-no-Orochi tersebut.