Entertainment
·
13 April 2020 20:37

Mitos Bunga Kamboja, Tumbuhan Pemanggil Hantu

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millennial
Mitos Bunga Kamboja, Tumbuhan Pemanggil Hantu (73211)
Bunga Kamboja. Dok: pixabay
Ketika kita berkunjung ke sebuah pemakaman biasanya kita akan menyaksikan tumbuhan bunga kamboja yang menghiasi hampir setiap kuburan yang tumbuh di atasnya. Dengan ciri khas bunga putihnya, kamboja di Indonesia memang sering jadi penanda sebuah kuburan orang-orang.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia sendiri daerah yang banyak mempergunakan bunga kamboja adalah Bali. Disana, kamboja lumrah ditanam di berbagai titik. Disematkan di belakang telinga, dijadikan keperluan atau ubarampe adat juga. Bunga-bunga tersebut kerap nampak tergeletak di pura atau tempat pemujaan, dengan beralaskan daun pisang.
Namun, tak banyak diketahui ternyata pohon ini memiliki nilai mistis dibalik eksistensinya.
Kamboja (atau disebut juga plumeria) ditemukan oleh seorang ilmuwan Prancis. Meski dinamai Kamboja, tumbuhan ini tidak memiliki keterkaitan dengan Negara Kamboja yang menjadi anggota Asean sama seperti Indonesia ini.
Mitos Bunga Kamboja, Tumbuhan Pemanggil Hantu (73212)
Ilustrasi pemakaman, dok: pixabay
Bunga kamboja biasanya memiliki mahkota berwarna putih, dengan bagian tengah berwarna kuning. Selain jenis ini, ada juga kamboja yang mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Tinggi pohon kamboja bisa mencapai enam meter, dengan daun hijau tua yang tebal dan lonjong. Tanaman yang berbunga di hampir sepanjang tahun ini biasanya dibiakkan dengan cara stek batang.
ADVERTISEMENT
Nah Sobat Dukun, seperti yang dikatakan sebelumnya bunga ini dipercaya oleh sebagian masyarakat memiliki kisah mistis yang memilukan. Dikatakan pada zaman dulu ada seorang perempuan yang ditinggal mati oleh suaminya dan si perempuan tersebut meratapi kesedihannya berhari-hari di atas kuburan sang suami hingga menemui ajalnya.
Mitos Bunga Kamboja, Tumbuhan Pemanggil Hantu (73213)
Ilustrasi kesetiaan, dok: pixabay
Tidak lama kemudian tumbuhlah bunga indah berwarna putih di atas makam suami perempuan itu, hingga diberi nama bunga kamboja sebagai lambang kesetiaan dalam hubungan asmara.
Tiap hari pohon ini menggugurkan bunganya di atas pusara yang ditinggalkan. Sehingga lambat laun kamboja dikenal sebagai bunga kesetiaan. Selain itu, bila ada orang yang menemukan kamboja dengan mahkota berjumlah empat atau enam, konon ia akan mendapat rezeki dan keberuntungan.
ADVERTISEMENT
Selain kedua kisah horor tersebut ada juga yang beranggapan pohon kamboja ialah pohon penenang, pemanggil, dan penyejuk bagi arwah yang ada di sekeliling pemakaman tersebut terutama yang berada di bawah pohonnya.