Entertainment
·
17 November 2020 20:58

Mitos Hantu Balum Bili, Sosok Asli Penunggu Sungai Aceh

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial
Mitos Hantu Balum Bili, Sosok Asli Penunggu Sungai Aceh (86199)
Ilustrasi hantu air, dok: pixabay
Selain terdiri dari ribuan pulau, Indonesia juga terkenal dengan jumlah sungainya yang banyak dan mebentang luas bahkan bisa menjadi pembatas antar suatu batas wilayah.
ADVERTISEMENT
Sungai di wilayah Indonesia juga hingga kini masih dipergunakan sebagai sumber kehidupan banyak masyarakat seperti aktifitas mandi, cuci dan untuk masak. Namun, ternyata bukan hanya manusia yang memanfaatkan air sebagai sumber kehidupan, sosok tak kasat mata juga banyak yang bersemayam di sungai yang tersebar di nusantara.
Seperti kisah penunggu asli sungai yang berlokasi di Aceh yakni sosok Balum Bili. Hantu air khas Aceh ini memang sudah diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai jelmaan dari hantu air yang suka memangsa manusia.
Mitos Hantu Balum Bili, Sosok Asli Penunggu Sungai Aceh (86200)
Ilustrasi sungai, dok: pixabay
Sosok hantu Balum Bili ini konon katanya penunggu asli aliran sungai Krueng Arakundo bagian Aceh Timur. Balum Bili dikenal oleh masyarakat sebagai jelmaan hantu air yang sering berubah-ubah wujudnya alias tak tentu apa sosok aslinya.
ADVERTISEMENT
Pada suatu kejadian kadang Balum Bili menjelma seperti gulungan tikar yang hanyut mengikuti aliran sungai, kadang saksi juga mengatakan hantu ini menjelma sebagai potongan kayu yang seolah tak ada sedikitpun bahaya padahal konon katanya itu semua hanyalah trik dari hantu ini untuk menipu mangsanya (manusia).
Biasanya Balum Bili ini bisa menjadi apapun yang bisa menipu pandangan manusia, lalu kemudian benda tersebut menepi mendekati manusia yang sedang beraktifitas dekat sungai selanjutnya benda tersebut akan menggulung manusia dan menariknya ke dasar sungai.
Konon katanya para korban dari Balum Bili ini akan ditemukan beberapa hari kemudian dengan kondisi mengenaskan yakni akan kehilangan beberapa organ tubuhnya seperti bola mata, organ dalam seperti hati dan ginjal dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Sebab dari kisah legenda Balum Bili ini banyak warga yang masih mempercayai kehadiran sosok tersebut sebagai pertanda bahwa sungai tersebut sudah tercemar dan Balum Bili hadir sebagai peringatan kepada manusia yang menyalah gunakan air sungai.
Mitos Hantu Balum Bili, Sosok Asli Penunggu Sungai Aceh (86201)
Ilustrasi tenggelam, dok: pixabay
Ada yang unik dari kisah Balum Bili ini, yakni konon katanya sosok misterius tersebut biasanya akan takut dengan suara senapan. Jadi ketika ada seseorang yang sedang terperangkap oleh hantu ini kita perlu melepaskan tembakan ke udara supaya suara senapan tersebut menghantam udara dan pecah terdengar ke seluruh bantaran sungai.
Jika sudah melepaskan tembakan, konon sosok tersebut akan lari ke persembunyiannya dan tidak akan muncul lagi dalam kurun waktu yang relatif lama.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white