Entertainment
·
21 November 2020 16:18

Mitos Keberadaan Naga di Kaki Gunung Rinjani

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millennial
Mitos Keberadaan Naga di Kaki Gunung Rinjani (42548)
Gunung Rinjani, dok: pixabay
Berbagai jenis mahluk mitologi berseliweran di berbagai dunia, meski mereka semua belum bisa dipastikan bagaimana wujud aslinya akan tetapi banyak orang yang meyakini bahwa mahluk mitologi ada.
ADVERTISEMENT
Salah satu mitologi yang paling populer adalah Naga, sosok mahluk yang menurut garis pemahaman mitologi Yunani berbentuk seperti mahluk raksasa yang memiliki sayap dan bisa menyemburkan api. Sedangkan menurut versi mitologi Asia Timur, sosok naga sering dikaitkan dengan jelmaan Sen Long yakni ular raksasa yang bisa terbang.
Meski banyak yang meyakini naga adalah mahluk mitologi dari luar Indonesia, ternyata sosok naga juga ada di cerita rakyat yang berkembang di nusantara, tepatnya di kawasan Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.
Mitos Keberadaan Naga di Kaki Gunung Rinjani (42549)
Ilustrasi naga, dok: pixabay
Menurut kisah rakyat yeng beredar atau mitos, konon katanya sosok naga ini terdapat di wilayah Gunung Rinjani terutama biasa mendiami bagian kaki gununug. Berbeda dengan naga dari Eropa atau negara luar, naga kaki Gunung Rinjani ini dikabarkan hidup bergerombol mirip seperti pada tayangan film animasi How To Train Your Dragon.
ADVERTISEMENT
Para gerombolan naga tersebut biasanya menempati gua yang ada di gunung itu terutama di bagian yang terpencil jauh dari pemukiman penduduk. Mitosnya para gerombolan naga ini memiliki induk atau komandan yang tak kasat mata.
Singkatnya para gerombolan ini memiliki bos naga dari bangsa gaib yang diyakini menjadi kuncen utama dari gunung yang memiliki danau vulkanik terbesar di dunia itu. Sosok bos inilah yang konon katanya yang terus menjaga dan sewaktu-waktu bisa menghidupkan gerakan magma bawah tanah.
Meski cerita mengenai legenda naga ini sudah tidak beredar lagi di era generasi milenial, banyak dari generasi orang tua yang pernah menyatakan bahwa naga itu bukan sekedar mitos dan percis sosok naga juga ada di lereng Gunung Rinjani.
Mitos Keberadaan Naga di Kaki Gunung Rinjani (42550)
Ilustrasi orangtua, dok: pixabay
Menurut cerita para orang tua di sana, sosok naga yang ada di Gunung Rinjani ini cenderung lebih kecil dari sosok naga yang sering ditayangkan di film layar lebar maupun televisi. Sosok naga penunggu gunung ini cenderung mirip dengan buaya akan tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki sayap kecil.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini baik di Indonesia maupun di luar negeri sana, mitos soal naga ini memang memiliki banyak versi, oleh karena itu banyak juga berbagai penggambaran mengenai mahluk misterius ini.