Entertainment
·
19 Desember 2020 19:24

Mitos Mantianak Saudara Kembar Kuntilanak dari Bawean

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial
Mitos Mantianak Saudara Kembar Kuntilanak dari Bawean (543803)
Ilustrasi hantu perempuan, dok: pixabay
Siapa yang tak kenal sosok hantu yang familiar dan memiliki jam tayang tinggi di dunia enterainment khususnya di banyak channel Youtube, ia adalah sosok Kuntilanak.
ADVERTISEMENT
Sosok hantu perempuan yang mengenakan pakaian serba putih dan lusuh itu siapa saja pasti mengenalnya. Namun, di balik kisahnya yang mengerikan dan banyak menakuti orang Indonesia, ternyata hantu ini memiliki kembaran yang juga sama mengerikannya.
Mantianak namanya, sosok hantu perempuan ini jarang diketahui banyak orang dan kalah pamor oleh Kuntilanak. Hal tersebut mungkin karena keberadaan mitosnya yang hanya di satu wilayah yakni di Bawean Jawa Timur.
Karena keberadaannya yang eksklusif hanya di Pulau Bawean di wilayah Jawa Timur, Mantianak tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Konon katanya sosok ini memiliki tampilan yang sama dengan Kuntilanak, berpakaian putih namun memiliki bercak darah yang lumayan banyak.
Mitos Mantianak Saudara Kembar Kuntilanak dari Bawean (543804)
Ilustrasi hantu perempuan, dok: pixabay
Sifat dari Mantianak ini tidak seperti Kuntilanak, jika sosok Kunti terkenal karena kejahilannya sering mengganggu banyak orang baik anak-anak, dewasa bahkan orang tua, Mantianak justru lebih memilih laki-laki remaja saja sebagai target keisengannya.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut menurut mitosnya diakibatkan dahulu sosok Mantianak ini meninggal dunia ketika masih remaja serta saat kencang-kencangnya masa pubertas atau di saat ia sedang mulai menyukai lawan jenisnya.
Tak heran jika ada remaja laki-laki yang dilihat oleh sosok Mantianak ini, ia akan langsung agresif dan menggodanya. Namun, remaja laki-laki mana yang mau dengan sosok yang mengerikan.
Berbeda dengan Kuntilanak yang menurut mitos kronologis kematiannya berkaitan dengan kehamilan dan anak-anak sehingga ketika bergentayangan Kuntilanak cenderung mencari perempuan hamil yang hendak melahirkan.
Mitos Mantianak Saudara Kembar Kuntilanak dari Bawean (543805)
Ilustrasi kuntilanak, dok: pixabay
Menurut versi lain, sosok Mantianak juga sering disebut Matianak atau kematian anak yang artinya ia mati bersama anaknya. Oleh sebab itu banyak juga yang meyakini bahwa sebenarnya sosok Mantianak adalah Sundel Bolong dalam kepercayaan lain.
ADVERTISEMENT
Soal asal muasal kedatangan hantu Mantianak sebenarnya lumayan banyak versi, namun teori populer meyakini bahwa sosok hantu perempuan lusuh itu berasal dari tanah Jawa bagian Bawean karena diyakini dari sanalah kisah ini lahir.
Selain itu ada juga mitos unik mengenai cara mengusir sosok hantu ini, konon katanya jika kita ingin mengusirnya cukup memakinya menggunakan kata kotor lalu ia akan pergi dan menangis.