Entertainment
·
3 Mei 2021 20:11

Mitos Wisata Batu Quran di Pandeglang: Pintu Teleportasi ke Kota Makkah

Konten ini diproduksi oleh Dukun Millenial
Mitos Wisata Batu Quran di Pandeglang: Pintu Teleportasi ke Kota Makkah (93580)
Wisata Religi Batu Quran Pandeglang, dok: travelbanten
Provinsi Banten memang terkenal dengan kentalnya nilai-nilai religius terutama perkembangan agama Islam yang diyakini sebagai pondasi pertama dalam pembanungan provinsinya. Kentalnya nilai-nilai Islam tersebut terpancar di kehidupan sehari-hari seperti adat istiadat bahkan beberapa peninggalan sejarah Islamnya menjadi sebuah destinasi wisata berbasis religi.
ADVERTISEMENT
Salah satu wisata religi di Banten yang memiliki keunikan tersendiri adalah Wisata Batu Quran yang berada di Kabupaten Pandeglang. Tempat wisata ini merupakan sebuah kolam yang ada di kaki Gunung Karang letaknya 300m lebih dari wisata pemandian alam Cikoromoy, Kabupaten Pandeglang.
Mitos Wisata Batu Quran di Pandeglang: Pintu Teleportasi ke Kota Makkah (93581)
Batu Quran, dok: Instagram/daus_one
Di tempat ini terdapat batu berukuran sekitar 2 kali 2 meter bertuliskan lafadz al- qur’an, oleh karenanya tempat ini disebut Batu Quran. Setiap harinya banyak para wisatawan dalam maupun luar kota yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk sekedar melihat keunikan dari batu ini.
Namun, bukan hanya dari bentuknya yang dinilai unik, banyak masyarakat yang datang ke wisata ini juga karena sebuah mitosnya yang dinilai sangat tidak masuk akal. Konon Batu Quran menyimpan mitos yang unik di mana banyak yang meyakini bahwa terdapat sebuah saluran mata air yang menjadi pintu teleportasi langsung ke kota Mekah, Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Sekilas terdengar aneh dan tak masuk akal memang, akan tetapi banyak yang meyakini bahwa Batu Quran ini pernah menjadi pintu para sesepuh Banten dalam hal ini para Sultan dan Syekh untuk pergi ke Kota Suci Mekah untuk bersilaturahmi.
Secara letak dan kondisi, mata air Batu Quran memang memiliki kualitas air yang jernih karena menjadi saluran air langsung dari Gunung Karang. Namun, menurut mitosnya, mata air tersebut ditutup oleh leluhur Banten agar tidak ada yang menyalah gunakan di masa depan sehingga terciptalah sebuah kolam air jernih dengan seonggok batu di tengahnya.
Mitos Wisata Batu Quran di Pandeglang: Pintu Teleportasi ke Kota Makkah (93582)
Kota suci Mekah, dok: pixabay
Selain itu, terdapat juga mitos bahwa jika seseorang mampu mengelilingi batu tersebut sebanyak 7 putaran dengan berenang, maka konon katanya segala harapannya akan terkabul. Namun, untuk mitos yang satu ini banyak menjadi pertentangan karena khawatir menyalahi nilai-nilai keislaman di sana, akan tetapi hingga saat ini kadang ada saja para pengunjung yang mencoba mengelilingi batu tersebut dengan cara renang.
ADVERTISEMENT
Di samping wisata religi, biasanya pengunjung juga menikmati kejernihan air di sekitar batu quran dengan berendam dan berdoa karena kejernihan dari air yang ada di sekitar kolam tersebut sehingga para pengunjung dapat melihat tulisan yang ada di batu quran itu dengan jelas.
Untuk berkunjung ke tempat ini anda harus mengunjungi Kampung Cibulakan, Desa Kadu Bumbang. Bertepatan dengan alun – alun Pandeglang sekitar 14 km, apakah kamu tertarik berwisata religi ke tempat ini?.