kumparan
News31 Maret 2020 18:50

Munculnya Lebam pada Badan Secara Mendadak, Benarkah karena Dijilat Setan?

Konten kiriman user
Untitled Image
Lebam Pada Tubuh, Dok: Shutterstock/OnokunG
Pernahkah Anda menjumpai tiba-tiba bagian tubuh Anda muncul warna kemerahan atau biru sebab memar, namun Anda tak tahu pasti apa penyebabnya? Ini sering kali kita jumpai pada salah satu bagian tubuh kita seperti pada kaki, tangan, atau perut.
ADVERTISEMENT
Konon, jika tiba-tiba pada bagian tubuh seseorang mengalami lebam tanpa sebab yang jelas, hal tersebut disebabkan karena dijilat setan. Mitos ini telah kita dengar secara turun temurun dan masih saya dipercaya oleh masyarakat. Padahal, mitos ini belum ditentukan kebenarannya.
Untitled Image
Dokter, Dok: pixabay
Lalu, benarkah timbulnya lebam pada bagian tubuh disebabkan oleh jilatan setan? Berikut adalah pembahasan ilmiah mengenai kejadian ini.
Dalam kacamata medis, lebam yang muncul secara tiba-tiba pada bagian tubuh seseorang disebabkan oleh pecahnya darah yang menyebabkan darah menggumpal di bagian sekitarnya. Saat menggumpal, darah akan rusak kemudian bocor ke daerah sekelilingnya. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya lebam pada bagian tubuh Anda.
Untitled Image
Ilustrasi Trombosit, Dok: pixabay
Selain itu, ada beberapa penyakit yang dapat menjadi pemicu timbulnya lebam pada salah satu anggota tubuh, seperti kurangnya kadar trombosit, kelainan autoimun yang berdampak pada jumlah trombosit, dan hemofilia A dan B.
ADVERTISEMENT
Jika kalian mengalami lebam pada salah satu bagian tubuh, biasanya dalam kurun waktu 2 minggu lebam tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun tidak ada salahnya jika kalian melakukan perawatan dengan menggunakan gel yang mengandung Heparin Sodium yang berguna untuk mencegah dan mengobati radang (gangguan) pembuluh darah.
Nah, itulah penjelasan dari sudut pandang medis mengenai kemunculan lebam pada badan secara mendadak.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan