kumparan
search-gray
Entertainment30 Maret 2020 21:40

Penjelasan Ketindihan Menurut Ilmu Gaib dan Kesehatan

Konten kiriman user
Untitled Image
Fenomena ketindihan, dok: pixabay
Kamu pernah mengalami ketika tidur dimalam hari lalu tersadar namun sesak nafas dan tak bisa melakukan apa-apa, sesaat kemudian kamu merasa ada seseorang hadir di dektamu namun dia bukan manusia. Kejadian ini sering disebut dengan Ketindihan.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, sebutan fenomena ini macam-macam jenisnya: rep-repan, eureup-eureup, hingga ketindihan. Selain di kita, Orang dari etnis Hmong di Vietnam dan Laos juga menjulukinyadengan sebutan dab tsong.
Penduduk Kamboja punya sebutan sendiri, yakni khmaoch sângkât. Di setiap negara kawasan Asia Tenggara, subur kepercayaan gaib soal kondisi yang oleh dokter dinamai "lumpuh tidur" (sleep paralysis). Fenomena tersebut kerap dikaitkan dengan kematian mendadak di kala tidur, dan beragam mitos mistis lainnya akibat ulah mahluk halus.
Untitled Image
Fenomena Ketindihan, dok: pixabay
Nah bagaimana sih fenomena ini dilihat dari sudut pandang dunia gaib atau perdukunan?.
Sekilas pandangan dunia gaib terkait fenomena ketindihan ini bissa saja disebabkan oleh perbuatan jahil dari jin dan setan. Karena pada posisi tidur proses akal dan kesadaran beradu maka disanalah peran jin dan setan berebutan untuk mendapatkan emosi si manusia itu agar tertanam rasa takut. Sehingga setelah tertanam rasa takut jin tersebut memperoleh kekuatan yang besar. Kasus ini percis seperti pada kasus orang gila yang hilang akal.
ADVERTISEMENT
Untitled Image
Fenomena ketindihan, dok: pixabay
Sedangkan dari sudut pandang ilmu kesehatan , penyebab ketindihan adalah karena adanya kelumpuhan otot saat tidur sehingga membuat tidak bisa bergerak.
Selain itu juga disebabkan oleh beberapa faktor resiko seperti faktor kurang waktu tidur, keturunan, pola tidur tidak teratur, tidur dalam posisi telentang dan tentu saja pengaruh stress juga membuat resiko ketindihan semakin besar.
Beberapa hal diatas bisa Sobat Dukun hindari dengan cara mencukupi kebutuhan tidur. Namun jika memang masih sering terjadi pada diri anda perlu diwaspadai mungkin akal pikiran anda sedang dipermainkan oleh mahlu gaib.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white