Konten dari Pengguna

Mahasiswa KKN UNTIDAR Kenalkan Permainan Buzz Wire Game di TBM Omah Buku Blondo

Dwi Kusuma Astuti
Hai, namaku Dwi Kusuma Astuti, seorang mahasiswi aktif S1 Prodi Ilmu Komunikasi di Universitas Tidar, Magelang. Aku berminat pada bidang jurnalistik dan broadcasting. And enjoy your life!
9 Agustus 2024 10:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Dwi Kusuma Astuti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Bersama Anak-Anak TBM Omah Buku Desa Blondo dan Bapak Budi Susilo. Foto: Dwi Kusuma A
zoom-in-whitePerbesar
Foto Bersama Anak-Anak TBM Omah Buku Desa Blondo dan Bapak Budi Susilo. Foto: Dwi Kusuma A
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Magelang, 8 Agustus 2024 - KKN Tim 105 Desa Blondo Universitas Tidar memperkenalkan permainan edukatif yang menarik perhatian anak-anak. Permainan ini dikenal sebagai Buzz Wire Game, sebuah inovasi yang dirancang untuk melatih ketangkasan dan keterampilan motorik halus anak-anak.
ADVERTISEMENT
Buzz Wire Game adalah permainan yang menantang pemain untuk membawa sebuah lingkaran logam melewati jalur berliku tanpa menyentuh kawat yang dialiri listrik rendah. Setiap kali lingkaran logam menyentuh kawat, lampu akan menyala dan bunyi buzzer akan terdengar, menandakan kesalahan. Permainan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan pembelajaran tentang pentingnya konsentrasi dan ketelitian.
Anak-anak TBM Omah Buku Desa Blondo saat memperhatikan cara kerja Buzz Wire Game. Foto: Dwi Kusuma A
"Selain memenuhi tugas pengabdian, kami ingin anak-anak di desa ini tidak hanya bermain tetapi juga belajar elektrik secara sederhana melalui permainan yang kami bawa. Kami juga berharap permainan ini bisa mengasah kemampuan mereka dalam melatih fokus tangan dan mata" ujar Yoga Tri Pratama, salah satu mahasiswa KKN 105 sebagai inisiator permainan.
Respon positif datang dari berbagai kalangan anak-anak TBM Omah Buku Desa Blondo. Para orang tua menyambut baik inisiatif ini karena melihat anak-anak mereka bersemangat dan tertantang untuk menyelesaikan permainan tanpa melakukan kesalahan. Sementara itu, anak-anak tampak antusias mencoba berulang kali untuk meningkatkan keterampilan mereka.
Anak TBM Omah Buku Desa Blondo praktik Buzz Wire Game. Foto: Dwi Kusuma A
Kepala Pengelola TBM Omah Buku Desa Blondo, Bapak Budi Susilo menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Untidar.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena permainan Buzz Wire Game ini sangat menarik dan menambah ilmu pengetahuan bagi anak-anak kami. Selain itu, dari permainan ini bisa menarik perhatian anak-anak untuk terus datang ke TBM Omah Buku Desa Blondo.” tuturnya.
Program KKN yang berlangsung selama sebulan ini diisi dengan berbagai kegiatan edukatif lainnya, seperti optimalisasi TBM Omah Buku Desa Blondo, penyuluhan, dan kegiatan sosial lainnya. Para mahasiswa berharap melalui program ini, mereka dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Blondo serta memperoleh pengalaman berharga dalam pengabdian kepada masyarakat. (d)