Pencarian populer

5 Rekomendasi Kuliner Murah di Surabaya yang Buka Waktu Sahur

Sambelan Surabaya - By @eattemptationsby

Surabaya terkenal akan kulinernya yang bercita rasa pedas, asin, dan gurih serta tinggi lemak. Kamu yang ingin jelajah rasa di Kota Surabaya, enggak perlu khawatir dengan harganya yang terlalu pricey, justru banyak yang bilang harga makanan di Surabaya tergolong bersahabat alias ramah di kantong, lho. Kantong golongan mana dulu, nih? Ya, jelas golongan pelajar plus anak rantauan dong.

Mayoritas warga Surabaya sangat menyukai “sambelan”. Jangan heran kalau di pinggir jalan banyak ditemui 1000 Purnama─cuma sekadar plesetan kok, karena ada satu tempat makan yang viral bernama “Purnama”, yang mengaku tidak buka cabang, tetapi nyatanya cabangnya sampai ribuan!

Selain rasanya pedas, makanan yang banyak diincar yaitu yang tinggi lemak. Secara sadar atau enggak, ini sudah menjadi suatu kebiasaan. Bayangkan hanya menjual “jeroan sapi” tapi pembelinya sampai rela antri berjam-jam. Bye-bye, diet. Welcome, cholesterol.

Berikut akan eattemptationsby ulas mengenai 5 kuliner kaki lima di Surabaya yang harganya sangat terjangkau (under Rp 30.000), cocok buat para pendatang yang hobi berkuliner ria. Sampai sini bacanya jangan di-skip dulu ya, mengandung informasi yang sangat penting.

1. Nasi Babat Cak Yasin

Warung Nasi Babat Cak Yasin di Surabaya Barat - By @eattemptationsby

Terletak di Jalan Raya Dukuh Kupang, tempat makan satu ini enggak pernah sepi pembeli. Hanya sebuah warung tenda kecil di bawah siraman cahaya lampu temaram. Menu makanan yang dijual yaitu nasi babat (bisa menambahkan paru goreng dan usus bila stok masih tersedia).

Nasi Babat favorit sejuta umat - By @eattemptationsby

Eattemptatiosby memesan seporsi nasi babat seharga Rp. 18.000. Sayang sejuta sayang, enggak kebagian paru gorengnya. Secara visual tampak menggugah selera. Off course! Sambalnya lumayan banyak, boleh nambah lho kalau masih kurang. Tipikal sambal korek yang sangat pedas sekaligus segar. Saat dimakan bersama dengan babat dan nasi, rasanya jadi balance. Bikin enggak berhenti ngunyah malah. Babatnya agak kering, kalau saja bumbunya lebih banyak pasti yahut.

.....

Nasi Babat Cak Yasin

Jl. Raya Dukuh Kupang No. 30, Surabaya

Jl. Bratang Gede No. 155, Surabaya (Cabang baru)

Food Price: Rp 18.000 - Rp 20.000

Available on Go-Food

Category: Halal Food

Operational Hours : Everyday, 19.00 – 01.30 (Will be closed during Eid Al-Fitr)

2. Bebek Purnama Pak Saridin

Suasana saat berbuka puasa di Bebek Purnama Pak Saridin - By @eattemptationsby

Nah, ini dia yang disebut-sebut 1000 Purnama oleh eattemptationsby. Salah satu kuliner legendaris di Kota Pahlawan yang berlokasi di Jalan Dinoyo (seberang Pabrik Cat EMCO). Kuliner ini penuh dengan kontroversi, mengapa? Banyak yang mengeklaim sebagai cabangnya, padahal sudah tertulis bahwa Bebek Purnama ini enggak buka cabang di manapun!

Wait, bukannya di Jalan Dinoyo ada dua penjual Bebek Purnama yang lokasinya berdekatan, lantas mana yang asli? Jawabannya, semuanya asli! Nah, lho, jadi bingung. Memang benar kalau di Jalan Dinoyo, di seberang Pabrik Cat EMCO ada dua penjual Bebek Purnama. Yang satu tempatnya warung tenda biasa, sedangkan satunya menetap di sebuah rumah. Keduanya sama-sama ramai pengunjung, memiliki pangsa pasar masing-masing.

Nasi Bebek Paha Super seharga Rp. 20.000 - By @eattemptationsby

Bebek Purnama Pak Saridin sudah ada sejak tahun 80-an, sekarang usaha tersebut digantikan oleh anaknya. Yang membedakan bebek goreng ini dengan yang lain adalah koyanya. Bebek Purnama Pak Saridin menggunakan koya berbumbu hitam, teksturnya lebih basah dan berminyak, rasanya gurih.

Sedangkan Bebek Purnama lainnya menggunakan koya yang lebih mirip serundeng, berwarna merah kecoklatan, rasanya agak manis. Dari sini, kamu sudah bisa membayangkan taste-nya, kan?

Di Bebek Purnama Pak Saridin, selain menjual bebek, juga ada menu lain seperti ayam, ampela ati, tahu, dan tempe. Catatan saja, Bebek Purnama yang satunya hanya menjual bebek dan ayam goreng.

Pilihan sambalnya ada dua macam : sambal original pedas manis & sambal super pedas asin - By @eattemptationsby

Menurut selera eattemptationsby, lebih cocok jika dimakan dengan cocolan sambal super pedas asin karena rasa bebek gorengnya sendiri sudah gurih plus manis. Sekarang sudah tahu, kan, cerita di balik nama 1000 Purnama. Tinggal kamu, nih, lebih suka Purnama yang mana. Hehehe.

....

Bebek Purnama Pak Saridin

Jl. Dinoyo No. 22, Surabaya

Food Price : Rp 4.000 - Rp 20.000

Available on Go-Food

Category : Halal Food

Operational Hours : Everyday, 16.00 – 00.00 (Will be closed during Eid Al-Fitr)

3. Rawon Kalkulator

Aroma kuah rawonnya sangat lezat menusuk indera penciuman - By @eattemptationsby

Ada yang bisa menebak mengapa dinamai Rawon Kalkulator?

Just because, pegawainya sangat piawai dalam menghitung cepat, seperti kalkulator. Mungkin dulunya mantan peraih juara 1 di kelas ya. Ini yang membuatnya terkenal di seantero jagat Kota Surabaya.

Dulunya, rawon ini terletak di Jalan Sedap Malam dekat RKZ. Namun, sejak sekitar tahun 2000 atau 2001 (menurut penuturan pegawainya) pindah di area Taman Bungkul dan menetap hingga sekarang.

Porsinya enggak terlalu banyak. Potongan dagingnya tebal. Semakin mantap ditambah dengan perasan jeruk nipis - By @eattemptationsby

Coba ya kamu datang ke sana bersama rombongan, kemudian pesan nasi rawon beberapa porsi beserta lauk pendukung lain dan tak lupa minumannya. Lalu, kamu tes pegawainya untuk berhitung. Tapi ingat, jangan tercengang dengan hasilnya. Hitungannya selalu tepat, kalau masih ragu, kamu bisa menghitungnya menggunakan kalkulator di HP.

Di tiap-tiap meja tersedia tambahan lauk yang bisa kamu ambil sendiri seperti perkedel, telur asin, kerupuk & paru goreng - By @eattemptationsby
Paru goreng dibanderol dengan harga Rp. 12.000 saja - @eattemptationsby

Kamu penasaran ingin mencobanya? Silakan datang ke Taman Bungkul. Rawon ini cocok untuk sarapan, makan siang atau saat kelaparan tengah malam.

....

Rawon Kalkulator Sedap Malam

Jl. Progo, Surabaya (Sentra PKL Taman Bungkul)

Food Price : Rp 4.000 - Rp 22.000

Category : Halal Food

Operational Hours : Everyday, 11.00 – 03.00 (Will be closed during Eid Al-Fitr)

4. Sego Sambel Mak Yeye

Hidden gem tapi sudah banyak yang tau. Agak surprised saat pertama kali datang ke tempat ini. Baru buka jam 9 malam, tapi yang antre sudah bejibun. Untungnya pelayanannya lumayan cepat.

Menunya terdiri dari 1 telur dadar, 2 tempe & 1 ikan pe. Seporsi dihargai Rp. 18.000. - By @eattemptationsby

Sego Sambel Mak Yeye sekarang tempatnya baru lho. Lebih luas dan nyaman buat makan, beda dengan yang dulu harus ngemper di pinggir jalan yang gelap. Saran dari eattemptationsby, bagitu sampai di sana, lebih baik cari tempat duduk terlebih dahulu, enggak lama bakal disamperin pegawainya kok. Kalau enggak tinggal manggil saja.

Seperti sego sambel pada umumnya, tampilannya nothing special tapi rasanya itu lho. Bukan yang enak banget sih, cuma enak biasa dan sambalnya bikin kangen!

Kamu bisa lihat sendiri banyak pembeli mengantri hanya demi seporsi penyetan nasi telur, tempe & ikan pe! - By @eattemptationsby

Saat memesan pasti akan ditanya, “mau sambal pedas atau manis?” saran dari eattemptationsby lagi, kalau kamu enggak kuat pedas mending enggak usah dipaksain deh. Karena sambal pedasnya bisa bikin sakit perut.

....

Angkringan Sego Sambel Mak Yeye

Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Surabaya (samping DTC)

Food Price : Rp 10.000 - Rp 18.000

Available on Go-Food

Category : Halal Food

Operational Hours : Everyday, 21.00 – 04.00 (Will be closed during Eid Al-Fitr)

5. Sate Ponorogo Pak Pandi

Namanya Sate Ponorogo, tetapi jualnya di Surabaya. Ciri khas satenya adalah potongan daging ayamnya yang besar dan tebal.

Sate Ponorogo legend yang berlokasi di Surabaya Timur - By @eattemptationsby

Di Jalan Dharmawangsa ini ada dua penjual Sate Ponorogo, menurut eattemptationsby rasanya sama-sama enak. Puas karena harganya sebanding dengan rasa serta porsi makanan. Kalau Sate Ponorogo Pak Pandi tempatnya lebih kecil, tepat di samping coffee shop Pukul Satu Kopi. Seru kali ya, malam-malam ngopi sambil makan sate ayam.

1 porsi sate berjumlah 10 tusuk - By @eattemptationsby

Rasa bumbu kacangnya mantul, ngasihnya banyak. Sambalnya kurang pedas. Selain sate daging ayam, juga ada sate kulit ayam bahkan sate telur muda. Kalau kamu suka yang gurih-gurih, cobain sate kulitnya. Juara!

....

Sate Ponorogo Pak Pandi

Jl. Dharmawangsa No. 142, Surabaya

Food Price : Mulai dari Rp 2.900

Category : Halal Food

Operational Hours : Everyday, 10.00 – 22.00

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60