5 Sajian Kuliner Halal Khas Timur Tengah di Surabaya

eattemptationsby
Tukang foto & review makanan khususnya di Surabaya dan sekitarnya. Pecinta makanan asin, pedas & berbumbu kacang. Terima kasih sudah berkunjung di halaman saya. Semoga suka! Jangan lupa makan agar bahagia :)
Konten dari Pengguna
3 Juli 2019 12:43 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari eattemptationsby tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ALBeik Chicken - By @eattemptationsby
zoom-in-whitePerbesar
ALBeik Chicken - By @eattemptationsby
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di Surabaya terdapat kawasan yang mayoritas penduduknya berdarah Arab. Tempatnya sangat dekat dengan Wisata Religi Sunan Ampel, salah satu wali Allah SWT paling tersohor di tanah Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Maka, jangan heran kalau kamu pergi berziarah ke sana lalu mendapati perempuan dan laki-laki berwajah cantik nan rupawan dengan perawakan tubuh tinggi besar serta berhidung mancung, enggak seperti orang Asia pada umumnya. Jangan salah, mereka sudah lama tinggal di Surabaya, lho, dan sangat fasih berbahasa Indonesia maupun bahasa “Suroboyoan”.
Rata-rata mereka (keturunan orang Arab) yang tinggal di Surabaya berwirausaha di bidang kuliner (mendirikan kafe atau resto ala Timur Tengah), ada juga yang berjualan parfume, mukenah, sarung, tasbih, dan masih banyak lagi. Kata “Ampel” sudah enggak asing lagi di telinga warga asli Surabaya, meski lokasinya jauh dari hiruk pikuk tengah kota.
Omong-omong soal kuliner halal di Surabaya enggak susah kok nyarinya, mengingat mayoritas penduduk kota Surabaya beragama Islam. Beda kasusnya kalau kamu pergi ke daerah Surabaya Barat, karena di sana banyak dijumpai penjual masakan non-halal alias mengandung babi dan sejenisnya. Kalau kulineran di daerah Ampel (Surabaya Utara) dijamin deh 100 persen halal. Enggak percaya? Coba baca ulang 3 paragraf di atas. Hehehe.
ADVERTISEMENT
Ada 5 kuliner halal khas Timur Tengah yang sudah Eattemptationsby review. Mungkin salah satunya sudah pernah kamu coba atau malah belum sama sekali. Baiklah selamat membaca ya, semoga rekomendasi ini cocok di lidah kamu.
Seporsi Gule Maryam IDR 35K - By @eattemptationsby
Pernah makan gulai, kan? Iya, kuliner yang terbuat dari olahan santan yang kaya rempah-rempah plus potongan daging atau balungan kambing. Kalau masakan tersebut dipadupadankan dengan roti maryam kira-kira seperti apa ya rasanya? Setelah Eattemptationsby mencobanya beberapa hari lalu, ternyata rasanya WOW sekali!
Selain santan dan rempah-rempah, dalam proses pembuatan Gule Maryam ini juga dicampur dengan kacang hijau. Kacang hijaunya menimbulkan kesan “berat” saat dimakan, itung-itung sebagai pengganti nasi atau lontong. Tapi, kan, bagi penduduk +62 belum dikategorikan makan kalau enggak ada nasinya. Duh, serba salah.
ADVERTISEMENT
Rasa gulai dan taste kacang hijaunya campur aduk, tetapi lebih dominan kacang hijaunya. Enggak hanya itu, seporsi Gule Maryam juga disajikan bersama daging kambing yang potongannya lumayan besar-besar dan beberapa tusuk sate daging yang uniknya dicampur ke dalam panci kuah gulainya.
Kalau kamu penasaran lokasi Gule Maryam ini ada di mana, coba pergi ke Jalan Sultan Iskandar Muda, persis sebelum SMAN 8 Surabaya. Di sana ada warung kaki lima yang menyajikan Gule Maryam. Warung tersebut enggak pernah sepi pembeli.
Seporsi Gule Maryam harganya Rp. 35.000 lengkap dengan roti maryam, potongan daging kambing, dan satenya. Worth it sekali, wajib kamu coba, nih.
Gule Maryam Alamat: Jalan Sultan Iskandar Muda, Surabaya (cabang asli dari Gule Maryam di Jl. K.H.M. Mansyur) Food price: Rp 3.000-35.000 Category: Middle east food Operational hours: Everyday, 16.00-01.00 WIB
ADVERTISEMENT
Siapa yang enggak tau warung biru satu ini? Kalau kata orang Surabaya “kebacut, Rek.”
Warung yang legend di kawasan Ampel - By @eattemptationsby
Warung yang terkenal berkat Nasi Kebuli-nya yang enak ini menjadi tempat favorit pemburu sekaligus pecinta masakan Timur Tengah, meski penjualnya bukan orang Arab, sih, melainkan orang Madura.
Sekelumit kisah mengenai Nasi Kebuli, sebenarnya kuliner asli Nusantara (berasal dari Betawi), namun dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah, dapat dilihat dari penggunaan bumbu rempahnya yang banyak sehingga menghasilkan cita rasa yang kuat sekali.
Makan di Warung HJ. Umaiyah enggak perlu takut kantong jebol, Rek. Lah, wong ini cuma warung tenda biasa yang lokasinya di pinggir jalan, harganya terjangkau kok. Seporsi Nasi Kebuli Daging Kambing cuma Rp 25.000. Porsinya cukup alias enggak banyak tapi juga enggak sedikit. Yang bikin bahagia itu potongan daging kambingnya. Oh my God!
Ini enak. Bumbunya mirip gule dan ada sensasi rasa pedas - By @eattemptationsby
Rasanya mirip gulai, meninggalkan sensasi pedas di mulut dalam beberapa kali suap. Selain Nasi Kebuli Daging Kambing, ada pilihan lain menggunakan daging ayam (harganya jelas berbeda). Kalau dilihat-lihat, ayamnya ini cuma digoreng biasa, berbeda dengan daging kambingnya yang dimasak ke dalam kuah berbumbu pekat.
ADVERTISEMENT
Warung Hj. Umaiyah Alamat: Jl. K.H.M. Mansyur, Surabaya (seberang Hotel Kemajuan) Food price: Rp 20.000-30.000 Available on Go-Shop Category: Middle east food Operational hours: Everyday, 17.00-00.00 WIB.
Ayam goreng krispi dengan citarasa Timur Tengah - By @eattemptationsby
Kalau McDonald's berasal dari California dan KFC berasal dari Kentucky, Amerika Serikat, maka Arab Saudi punya ALBeik Chicken dong. Bisa disebut ini fast food-nya orang Arab.
Nah, buat kamu yang pengin makan ayam goreng krispi tapi sedikit khawatir mengenai kehalalannya, ada baiknya mencoba ALBeik Chicken ini. Di daerah Ampel ada resto yang menjual menu ayam disajikan bersama roti dan kentang, nama tempatnya Kebab Layali.
Rasanya berbeda dari ayam yang biasa kamu makan di gerai terkenal itu, meski secara tampilan tetap sama layaknya ayam goreng krispi. Ayam ALBeik ini dibumbui dengan rempah-rempah, rasanya meresap hingga ke serat-serat daging. Sungguh gurih dan nikmat.
ADVERTISEMENT
Agar enggak kehilangan jati dirinya sebagai fast food, saat penyajiannya dilengkapi dengan kentang goreng. Kentang gorengnya asli yummy puoooll. Teksturnya enggak “loyo” tapi padat. Selain kentang juga ada roti lipat mirip roti prata, sebagai pengganti nasi.
Kebab Layali Alamat: Jalan K.H.M. Mansyur, Surabaya Food price: Rp 12.000-100.000 Category: Middle east food Operational hours: Everyday, 11.00-23.00 WIB
Daging kambingnya lembut, enggak bau dan besar - By @eattemptationsby
Nasi Biryani atau Briyani adalah hidangan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran atau daging (sumber: Wikipedia).
Nasinya enggak sama dengan nasi lokal. Nasi Briyani bentuknya lucu karena memanjang dan pipih.
Nasi Briyani yang unik dan terlihat sedikit kering - By @eattemptationsby
Penyajiannya mirip nasi goreng, berwarna coklat muda. Ada tiga opsi pilihan daging sesuai selera masing-masing; daging kambing, daging sapi, dan daging ayam.
ADVERTISEMENT
Nasi Briyani di Depot Yaman Kuliner ini rasa rempahnya terlalu kuat. Seperti ada rasa daun kemangi yang dominan. Nasi Briyani daging kambing dihargai Rp 34.000. Enggak rugi kok karena potongan dagingnya besar.
Harga makanan di Depot Yaman Kuliner sangat bervariasi. Ada yang porsi personal harganya mulai dari Rp 20 ribuan bahkan ada yang sampai jutaan (porsi besar, untuk acara tertentu). Depotnya sangat bersih, terang, dan nyaman.
Suasana saat makan malam di Depot Yaman Kuliner - By @eattemptationsby
Depot Yaman Kuliner Alamat: Jalan K.H.M. Mansyur No. 92, Surabaya Food price: Mulai dari Rp 20.000 Available on Go-Food & Grab-Food Category: Middle east food Operational hours: Everyday, 09.00 – 22.00
Must to try Kebab Ayam only IDR 12K. By @eattemptationsby
Kembali lagi di Resto Kebab Layali. Selain menjual ALBeik Chicken dan aneka Kebab, di tempat ini juga ada makanan berat seperti Nasi Mandhi, Nasi Kabsah, Nasi Briyani, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu ingin membeli Kebab dan ALBeik Chicken untuk di-take away, bisa memesannya langsung di bagian depan. Sedangkan bila ingin menikmati sajian kuliner lain ditemani alunan musik Timur Tengah yang syahdu bisa masuk ke dalam restonya. Tempatnya kecil, bercahayakan temaram, ada tempat duduk lesehannya juga, lho.
Karena sudah terlalu kenyang, Eattemptationsby memutuskan untuk membeli Kebab saja. Dengar-dengar, kebab di sini enak dan pembelinya sampai antre. Sayang sekali, pelayanannya kurang memuaskan. Waktu itu malah ada pembeli yang pergi begitu saja karena merasa enggak digubris dan menunggu lama.
Kebabnya beneran enak. Eattemptationsby memesan yang isian ayam seharga Rp 12.000. Rasanya beda dengan kebab-kebab yang pernah dimakan sebelumnya. Sausnya kayak mengandung rempah-rempah yang enggak bisa dideskripsikan. Bikin nagih, serius.
ADVERTISEMENT
Kebab Layali
Alamat: Jalan K.H.M. Mansyur, Surabaya
Food price: Rp 12.000-100.000
Category: Middle east food
Operational hours: Everyday, 11.00-23.00 WIB
----------------
Sebagai catatan buat orang pendatang yang berasal dari luar Surabaya, harap maklum ya kalau pas makan diganggu oleh sekelompok pengamen atau pengemis yang meminta-minta tiada hentinya. Banyak sekali, bergiliran terus-menerus, mulai dari yang dewasa hingga anak-anak.