kumparan
KONTEN PENGGUNA

Belajar Sambil Menikmati Korean Food di 'Cafe Jalan Korea'

Duh, malunya kalau makan sambil dilihatin Jungkook Oppa! Mana makannya rakus & berantakan pula. Tenang-tenang, tarik napas, hembuskan, tarik napas, hhhaaaaaa....
ADVERTISEMENT
Selama makan di tempat ini, pipinya Eattemptationsby blushing terus lho. Gimana enggak? Semua artis Korea pada ngelihatin! Jadi salah tingkah deh. Ehehe.
Pasti kamu bertanya-tanya, di mana sih itu? Pasti kamu mau ketemu sama artis Korea, kan? Iya, kan? Hayo ngaku. Eattemptationsby akan menceritakan pengalaman seru mabar-makan bareng artis Korea yang super exclusive ini.
Di Surabaya Selatan, tepatnya di Jalan Raya Jemursari ada salah satu tempat nongkrong (kafe hidden gem) sekaligus menjadi tempat pelatihan Bahasa Korea bernama Cafe Jalan Korea. Lokasinya di belakang Holland Bakery. Sebenarnya enggak susah menemukan tempat ini, memang sedikit tersembunyi dari jalan utama, tapi percayalah kalau menggunakan maps pasti sampai dengan selamat.
Begitu masuk ke dalam kafe, indera pendengaran kamu bakalan disambut meriah oleh lagu-lagu K-Pop terbaru! Lantai 1 merupakan kafe dengan interior sederhana, didominasi warna putih-pink, bikin betah berlama-lama.
20190521_144240-01[1].jpeg
Lantai 1 Cafe Jalan Korea - By @eattemptationsby
20190521_141147-01[1].jpeg
Interiornya sangat sederhana dan terasa homey - By @eattemptationsby
Di dekat pintu masuk ada sebuah rak buku–setinggi orang dewasa–yang menyimpan koleksi buku dan majalah Korea.
OI000003-04[1].jpeg
Selain koleksi majalah, juga ada buku panduan berbahasa Korea - By @eattemptationsby
Kamu bebas memilih buku apapun untuk dibaca sembari menunggu pesanan datang.
OI000007-02[1].jpeg
Buat para A.R.M.Y wajib banget baca buku ini - By @eattemptationsby
OI000006-05[1].jpeg
Wannable mana suaranya?! - By @eattemptationsby
OI000008-03[1].jpeg
Iz*One, girlband baru yang namanya langsung melejit berkat lagu yang berjudul La Vie En Rose - By @eattemptationsby
Kalau boleh jujur, Eattemptationsby 'buta' akan dunia per-Korea-an, baik kulinernya maupun pengetahuan tentang industri film dan musik Korea. Makanya, tempat ini cocok untuk belajar mengenal budaya pop Korea mulai dari nol. Pemilik kafe sekaligus seonsaengnim (pengajar)-nya bernama Lee Sang Jae, sangat ramah.
ADVERTISEMENT
Bahkan ketika Eattemptationsby menggali informasi mengenai kursus bahasa pada waiter kafe, sang Jae-Ssaem langsung menimpali, “Kamu mau kursus bahasa Korea di sini?” dan beberapa pertanyaan lain seperti, “Suka boyband BTS? Kalau saya suka sekali.” ujarnya sambil tertawa. Bahasa Indonesianya sudah fasih, hanya saja pelafalannya sedikit kurang jelas.
Kalau kamu merasa memiliki suara sebagus Rose Blackpink dan ingin mengasah bakat bernyanyi, silakan naik ke lantai 2, karena disediakan ruangan khusus karaoke. Dan ini gratis!
OI000001-06[1].jpeg
Makan sambil berkaraoke ria gratis, seru banget! - By @eattemptationsby
20190521_150653-01[1].jpeg
Lagu karaoke yang tersedia hanya sebatas lagu berbahasa Korea dan Inggris - By @eattemptationsby
Ruangannya terlihat santai and more colorful. Di dindingnya tertempel album-album debut boyband dan girlband ternama.
OI000033-01[1].jpeg
Dinding lantai 2 Cafe Jalan Korea - By @eattemptationsby
OI000031-02[1].jpeg
Gimana enggak betah kalau ada pemandangan seperti ini? - By @eattemptationsby
20190521_150634-01[1].jpeg
Suasananya seperti bukan di Surabaya - By @eattemptationsby
Lantai paling atas bangunan kafe dialihfungsikan menjadi tempat mengajar. Ruang bagian terluar digunakan sebagai kantor Sang Jae-Ssaem, kemudian disekat oleh sebuah pintu yang menghubungkan dengan ruang kelas ber-AC. Ada satu whiteboard dan sepasang meja kursi di depan kelas, lalu ada dua meja panjang yang bersebelahan, masing-masing terisi enam kursi. Jadi dalam satu sesi pengajaran, kelas cukup diisi sebanyak 12 murid saja.
20190521_151114-01[1].jpeg
Ruang kelas yang sangat nyaman - By @eattemptationsby
Sekarang beralih ke menu makanannya. Eattemptationsby sudah kelaparan berat, nih. Makanannya sangat variatif, mulai dari snack, hidangan berat berbahan dasar nasi, aneka noodle, hingga dessert. Harga paling murah mulai dari Rp 5 ribu-an (Kimchi & Nasi putih).
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk minuman ada Bingsu (sebenarnya masuk kategori dessert), di sini tidak menjual minuman khas Korea and no alcohol. Jadi, kamu pecinta alkohol garis keras siap-siap kecewa ya.
OI000034-03[1].jpeg
Buku menu tersedia di setiap meja. Setiap pembelian langsung membayar di kasir - By @eattemptationsby
OI000035-01[1].jpeg
Tidak ada menu mengandung pork & alcohol - By @eattemptationsby
Menu yang datang pertama kali yaitu Cheese Teokbokki (Rp. 50.000).
OI000009-04[1].jpeg
Tampilan Cheese Teokbokki begitu menggiurkan - By @eattemptationsby
Siapa yang enggak familiar sama makanan satu ini? Sungguh terlalu. Terbuat dari kue beras yang dimasak menggunakan gocujang sauce, rasanya pedas manis, teksturnya sangat kenyal. Satu porsi bisa dinikmati untuk dua orang karena isiannya sangat banyak. Aroma mozzarella cheese-nya sesaat setelah dihidangkan di atas meja sukses menggoda iman.
OI000026-04[1].jpeg
Porsinya cukup mengenyangkan. Bisa untuk 2 orang - By @eattemptationsby
Ketika mencecap untuk pertama kalinya, ada taste seperti kacang hijau yang agak mengganggu. Eattemptationsby kurang paham dengan bumbu racikannya atau memang rasa otentik Korea seperti itu?
ADVERTISEMENT
Menu kedua ada Odeng (Rp 50 ribu). Biasanya kalau makan di kafe Korea yang lain bareng teman, menu yang sering dipesan selain Ramyeon yaitu Odeng. Makanya, Eattemptationsby sangat antusias dan berekspektasi tinggi dengan makanan itu. Semoga Odeng di Cafe Jalan Korea enggak mengecewakan.
OI000029-05[1].jpeg
My table situation - By @eattemptationsby
Sekilas info, Odeng merupakan fish cake yang ditusuk dengan tusuk sate, disajikan bersama semangkuk kuah kaldu ikan. Siapa sangka potongan Odeng di Cafe Jalan Korea besar sekali! Rasanya enak. Kuah kaldunya segar enggak hambar.
OI000027-05[1].jpeg
1 porsi terdapat 4 tusuk Odeng berukuran besar - By @eattemptationsby
Enggak afdal kalau enggak makan mie ala Korea. Padahal ingin mencoba Ramyeon, apa daya not available, akhirnya memutuskan memesan Cajangmyeon (Rp. 45.000), atas rekomendasi waiter-nya.
OI000018-05[1].jpeg
Cajangmyeon, mie Korea dengan saus berwarna hitam - By @eattemptationsby
Tampilannya berupa mie yang disiram saus hitam di atasnya. Rasanya cenderung manis dan sedikit lengket karena terbuat dari pasta kedelai hitam serta tambahan karamel. Satu kali, Eattemptationsby pernah membeli Cajangmyeon instan di Mini Market, namun rasanya berbeda jauh dengan racikan Cafe Jalan Korea. Yang ini enggak enek, tapi cepat bikin kenyang.
OI000021-08[1].jpeg
So tempting, rite? - By @eattemptationsby
Siang-siang biar segar minumnya pakai Ice Green Tea Latte (Rp 25.000) dan Sapphire Blue Ocean (Rp 20.000). Lagi-lagi Green Tea Latte, kenapa? Karena itu minuman favorit Eattemptationsby. Secara tampilan, keduanya tampak serasi. Yang satu berwarna hijau, satunya lagi biru muda.
OI000015-05[1].jpeg
Ice Green Tea Latte (kiri) & Sapphire Blue Ocean (kanan) - By @eattemptationsby
OI000017-04[1].jpeg
Sapphire Blue Ocean rasanya mirip Fanta Blue - By @eattemptationsby
Yang terakhir, nih. Tampilannya sungguh menggoda. Belum nyicipin saja sudah terbayang-bayang kesegaran rasanya. Ups, ingat ya yang sedang puasa. Ada Gwail Yogurt Bingsu (Rp. 30.000).
OI000011-02[1].jpeg
Bingsu paling enak dan murah - By @eattemptationsby
Dessert satu ini berupa es serut yang ditambah syrup dan susu kental manis serta diberi topping aneka buah-buahan segar seperti buah naga, semangka, apel, nanas, dan berbagai bahan lainnya. Eattemptationsby paling merekomendasikan menu ini. Pokoknya jangan lupa memesan Bingsu. Ini enak banget! Buahnya fresh, syrup dan susunya nge-blend jadi satu dan enggak terlalu manis.
OI000012-03[1].jpeg
Buah-buahannya sangat segar. Manisnya pas - By @eattemptationsby
Buat kamu yang ingin belajar bahasa Korea setelah membaca review Eattemptationsby di atas, berikut daftar harga untuk kursus di sana. Terbuka untuk umum dan pemula. Kamu bisa belajar langsung dari ahlinya bahasa Korea. Selain belajar bahasa, kamu juga bisa konsultasi seputar kehidupan di Korea, pendidikan, lapangan pekerjaan serta dunia boyband & girlband. Karena meski sudah berumur, sepertinya Sang Jae-Ssaem orangnya sangat kekinian.
20190522_120359-01[1].jpeg
Kamu bisa minta selebaran ini pada waiter Kafe - By @eattemptationsby
Nah, gimana pengalaman makan Eattemptationsby kali ini? Seru, kan? Jangan lupa deh mampir ke Cafe Jalan Korea. Selepas penat mempelajari hangeul, enaknya ya menikmati hidangan khas Korea dulu di lantai 1.
ADVERTISEMENT
....
CAFE JALAN KOREA
Jl. Raya Jemursari No. 76 Blok D No. 5, Surabaya
Food Price : IDR 5k – 50k
Beverage Price : IDR 5k – 30k
Facility :
● Indoor Room, Karaoke Room
● Plugs (not a lot), TV, AC
● Musholla
Category : Halal Food, No Alcohol
Operational Hours :
Tuesday – Sunday, 11.30 – 22.00
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan