Pencarian populer

Menyantap Semanggi, Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Terlupakan

Semanggi Surabaya - By @eattemptationsby

Ada sebuah perkampungan di Surabaya Barat (perbatasan dengan Gresik) yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai penjual Semanggi, kuliner khas Surabaya berbahan dasar daun semanggi dan disiram dengan saus berwarna cokelat. Letak perkampungan ini cukup jauh dari pusat keramaian kota. Berada di antara pemukiman elite, Kampoeng Semanggi, berlokasi di Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep, Benowo.

Tulisan di pintu masuk Kampoeng Semanggi - By @eattemptationsby

Ketika Eattemptationsby berkunjung ke sana, terlihat beberapa anak kecil bermain ayunan dan papan seluncur di taman bermain yang ada di bagian depan kampung. Taman tersebut terletak di dekat gapura yang bertuliskan 'Kampoeng Semanggi Benowo'.

Taman bermain mini di Kampoeng Semanggi - By @eattemptationsby

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penduduk di Kampoeng Semanggi ini, terutama ibu-ibu berumur 40 hingga 60 tahunan, banyak yang mengadu nasib dengan berjualan Semanggi. Ada yang berkeliling dari satu daerah ke daerah lain, ada juga yang menetap di pinggir jalan raya. Kalau kamu melewati pertokoan di Jalan Bukit Palma, di sana banyak sekali dijumpai pedagang Semanggi, loh.

Deretan penjual Semanggi Surabaya - By @eattemptationsby

Jadi sebenarnya, mereka enggak berjualan di dalam Kampoeng Semanggi, melainkan di pinggir jalan ataupun keliling di tempat lain. Kampoeng Semanggi hanyalah tempat tinggal mereka. Kalau dihitung-hitung jarak tempuh dari Kampoeng Semanggi ke ruko Jalan Bukit Palma sekitar satu kilometer. Enggak terlalu jauh kok.

Setiap pagi, para ibu lengkap dengan pakaian Jawa-nya (memakai sewek) dan membawa rinjing yang terbuat dari anyaman bambu, bersiap menuju kota dengan menyarter angkutan umum. Mereka berangkat pukul setengah enam pagi dan akan kembali ketika matahari sudah hampir tenggelam di ufuk barat.

Sedikit informasi mengenai makanan Semanggi. Semanggi merupakan sejenis tanaman paku air, berdaun kecil yang tumbuh di pematang sawah dan saluran irigasi. Ciri-cirinya dalam satu tangkai terdiri dari 3-4 helai daun yang berbentuk menyerupai hati.

Cara penyajian semanggi sangat mudah dan sederhana. Daun semanggi yang telah dimasak, disajikan dengan taoge di atas pincukan daun pisang, lalu disiram bumbu berwarna cokelat yang berasal dari ubi atau telo.

Di dalam keranjang atau rinjing terdapat daun semanggi dan taoge yang sudah dimasak - By @eattempationsby

Tampilannya sangat mirip dengan nasi pecel, bedanya hanya terletak pada bumbunya. Semanggi menggunakan bumbu dari olahan ubi, rasanya cenderung manis dan sedikit pedas. Sedangkan bumbu pada pecel terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan bersama cabe, sehingga memiliki cita rasa lebih pedas dan gurih.

Selain itu, terdapat lauk tambahan lain pada nasi pecel seperti telur dadar, ayam goreng, tahu Bali, serundeng, mie, dan masih banyak lagi. Sedangkan isian Semanggi hanya berupa daun semanggi, taoge, bumbu cokelat dan kerupuk puli.

Komposisi Semanggi Surabaya hanya daun semanggi, taoge, bumbu, kerupuk puli serta sedikit sambal - By @eattemptationsby

Seporsi Semanggi juga dilengkapi dengan kerupuk puli. Kerupuk berwarna kuning kecokelatan berbentuk kotak ini favorit Eattemptationsby, karena rasanya yang lezat sekaligus bikin nagih. Kamu pasti langsung jatuh cinta pada gigitan pertama setelah merasakan kerupuk puli ini.

Kerupuk puli terbuat dari beras atau nasi yang ditumbuk halus - By @eattemptationsby

Cara menikmati semanggi ada dua versi. Cara umum yang biasa dilakukan yaitu menggunakan sendok plastik. Atau biar rasanya lebih maknyus makannya memakai kerupuk, jadi sekalian digigit kerupuknya, karena enggak semua pedagang Semanggi menyediakan sendok.

Memakan semanggi dengan sendok plastik - By @eattemptationsby
Menggunakan kerupuk puli sebagai "sendoknya" - By @eattemptationsby

“Saya berjualan di sini selama kurang lebih tiga tahun, ya masih tergolong baru dibandingkan ibu-ibu yang sepuh itu malah sudah puluhan tahun, Mbak. Usaha ini nantinya diwariskan ke anak cucu, mengingat zaman sekarang penjual Semanggi semakin langka," ujar Ibu Im, seorang pedagang Semanggi yang Eattemptationsby temui.

“Mereka berangkatnya pagi sekali, sebelum jam enam. Biasanya mangkal di daerah Kenjeran, Kupang, Masjid Al Akbar (Masjid Agung), Taman Bungkul kalau hari Minggu pas Car Free Day. Laris tuh di sana. Sisanya seperti saya contohnya, memilih menetap di sini biar ndak jauh-jauh dari rumah.” Lanjut Ibu Im.

Potret Ibu Im, penjual Semanggi Surabaya yang sangat ramah & baik - By @eattemptationsby

Hanya duduk beralaskan tikar, dipayungi rindangnya pepohonan, makan Semanggi terasa sungguh spesial.

Gerobak sederhana Ibu Im - By @eattemptationsby

....

SEMANGGI SURABAYA

● Kampoeng Semanggi, Kelurahan Bringin, Kecamatan Sambikerep, Benowo, Surabaya (perbatasan Kota Gresik)

● Jalan Bukit Palma, Citraland, Surabaya

Food Price : Rp. 8.000

Category : Traditional Halal Food

Operational Hours :

Everyday, 07.00 WIB – 16.00 WIB

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32