Analisis Marketing Mix, Big Size Fashion Store

Edgina Prisianto
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
14 April 2022 12:23 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Edgina Prisianto tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Original dari penulis
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Original dari penulis
ADVERTISEMENT
Marketing mix merupakan salah satu konsep pemasaran yang fokus terhadap promosi untuk mencapai target yang diinginkan. Konsep ini menggabungkan beberapa unsur marketing dasar dengan mengikuti perkembangan zaman. Ada beberapa konsep marketing mix seperti model 4P (Product, Price, Promotion, Place), 4C (Customer Solutions, Cost, Convenience, Communicaton) , dan 4E (Experience, Exchange, Everywhere, Evangelism), setiap model memiliki tujuan yang berbeda dan memiliki pemikirannya masing-masing. Tidak semua produk cocok dengan salah satu konsep pemasaran tersebut
ADVERTISEMENT
Cara pemasaran produk Big Size Fashion Store ini menggunakan konsep 4C dan merupakan jenis produk Customer Based, karna produk ini murni dari hasil riset ke orang-orang yang memiliki ukuran badan yang besar. Kebanyakan orang yang berbadan besar selalu kesulitan dalam mencari pakaian untuk mereka gunakan sehari-hari. Banyak produk yang bergerak di bidang fashion, tapi rata-rata dari mereka hanya menyediakan size terbesar XL, dan yang pas untuk orang berbadan besar itu adalah ukuran XL dan XXL.
Menggunakan teori marketing 4C. Yang pertama ada Customer Solutions, dimana konsumen bisa menikmati hasil dari keinginan konsumen lain yang memberi saran kepada pihak produsen. Biasanya, penyedia jasa atau barang ingin memenuhi kebutuhan konsumen mereka agar menimbulkan rasa Convenience, yaitu rasa nyaman yang dihadirkan oleh produsen untuk konsumen mereka.
ADVERTISEMENT
Yang ketiga ada Cost, ini berpengaruh pada bagaimana kemampuan konsumen untuk menikmati suatu produk yang kita tawarkan kepada mereka. Dalam menentukan harga, harus mengerti kemampuan target yang kita inginkan, jangan memasang harga terlalu mahal dan terlalu murah. Yang terakhir ada Communication, dengan kita menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, maka akan semakin besar peluang produk yang kita hadirkan menjadi akan laku dipasaran. Komunikasi yang baik maka menimbulkan hubungan baik dengan konsumen.