Konten dari Pengguna

Bahasa Sastra dan Media

Elisabet hana Kartika lana
Saya mahasiswa Universitas di Tangerang
19 Maret 2022 21:05 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Elisabet hana Kartika lana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumentasi Pribadi di Tahun 2022
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Pribadi di Tahun 2022
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia peringkat kedua dengan ragam bahasa setelah Papua Nugini. Menurut Kemendikbud Bahasa Indonesia ada 718 ragam bahasa. Ragam bahasa adalah pemakaian kata-kata, topik pembicara yang berbeda dan bervariasi. Sedangkan, bahasa adalah bentuk kata yang diucapkan dan digunakan untuk berinteraksi.
Dalam Bahasa, Sastra berperan penting menentukan nilai sebuah karya. Sastra menyediakan norma pemakaian yang baik dalam membentuk kata atau kalimat sehingga memancarkan keindahan yang dinikmati oleh pembaca. Dalam pembuatan karya sastra, tidak ada aturan yang mengikat dalam penggunaan bahasa.
Lalu, bagaimana agar karya sastra dapat dikenal lebih luas?
Peran Media dalam bahasa dan sastra adalah membantu berinterksi lebih luas dalam perkembangan suatu bahasa. Contoh: mengunggah karya ke dalam media online. Seperti, Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan begitu, mudah untuk dibaca. Media membuat jangkauan lebih luas.
ADVERTISEMENT
Bila dicermati bahasa inggris sudah lazim digunakan dalam bahasa sehari-hari. Banyak kosa kata bahasa inggris yang lebih sering digunakan di media. Fenomena ini berlangsung hingga kini. Kalian mengenal bahasa Jaksel? bahasa yang sering digunakan oleh anak-anak muda, mencampurkan bahasa inggris dan bahasa indonesia dalam suatu kalimat. contohnya seperti, "Yuk bestie". Ungkapan mengajak "ayo teman". Bukan hanya bahasa Inggris, bahasa Korea pun mulai digemari anak-anak untuk berkomunikasi.
Faktor yang mendominasi lantaran menggunakan bahasa sejak kecil. tak heran bila beranjak dewasa sering mencampurkan bahasa inggris dan indonesia. Mestinya sebagai warga negara yang baik kita mampu melestarikan bahasa-bahasa daerah dengan sebaik mungkin. Mengenalkan lewat media massa ragam bahasa indonesia. Untuk itu kita harus menambah rasa peduli terhadap bahasa Indonesia.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara menambah rasa peduli itu?
Semoga Bermanfaat..
Semangat, mengembangkan bahasa dan sastra ya...