Buzz
·
10 Juni 2021 18:47
·
waktu baca 3 menit

Tetap Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Elsa Sofia Andini
Tetap Produktif dan Kreatif di Masa Pandemi (128768)
Sumber : Pixabay.com
Pandemi telah mempengaruhi aktivitas banyak orang. Hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Ada yang mendapatkan pengaruh positif maupun negatif. Meskipun telah ada kebijakan new normal, setiap orang harus tetap menjaga jarak dan mengikuti sejumlah protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
Banyak hal yang harus disesuaikan dengan situasi seperti sekarang ini. Salah satu rintangan yang dihadapi adalah bagaimana cara agar kita tetap produktif dan kreatif di masa pandemi. Apa yang harus dilakukan agar tetap produktif?
Ada beragam cara untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Berikut tips yang bisa kamu lakukan selama pandemi:

Membuat Jadwal Harian

Agar waktu tidak terbuang sia-sia, maka sebaiknya kamu membuat jadwal harian. Kamu bisa membuat jadwal harian dari mulai bangun pagi sampai tidur lagi di malam hari. Tetapi tidak hanya membuat jadwal harian saja, kamu juga harus mengaplikasikannya di keseharian kamu.
Dengan membuat jadwal harian, hidup semakin tertata dan tepat waktu. Kamu juga dapat memprioritaskan mana hal yang penting yang perlu dilakukan terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

Mencari Kesempatan Magang dan Pekerjaan Sampingan

Jika kamu kurang percaya diri, mungkin kamu perlu meningkatkan track record atau pengalaman kerja. Jadi, carilah kesempatan magang atau pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan sesuai minat dan kemampuanmu.
Misal, sebagai mahasiswa yang hobi menulis, kamu dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai copywriter, penulis artikel, atau penerjemah. Atau, sebagai mahasiswa yang bergerak di bidang kuliner, kamu dapat mulai membangun bisnis kecil-kecilan, misalnya pada bidang makanan dan minuman.

Menyalurkan Hobi

Pandemi ini telah membuat industri kreatif melemah. Hal tersebut juga berdampak pada orang-orang yang memiliki hobi fotografi. Saat pandemi, kreativitas mereka jadi terbatas karena sulit hunting foto.
Untuk kamu yang punya hobi fotografi, kamu bisa mengumpulkan portofolio dan menjualnya di portal stock images, seperti Unsplash atau Freepik. Dengan begitu, kamu bisa mendapat royalti dan penghasilan tambahan. Kamu juga bisa mengikuti beberapa lomba yang diadakan di tengah pandemi atau melakukan virtual photoshoot dengan teman.
ADVERTISEMENT

Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk tubuh, apalagi dalam situasi pandemi saat ini. Olahraga di rumah bisa kamu lakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu aerobik, workout atau yoga.
Dengan kamu rajin berolahraga, kamu bisa tetap menjaga kesehatan, di masa pandemi ini sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berolahraga tidak membutuhkan waktu yang lama, kamu bisa melakukan olahraga walaupun hanya sebentar. Yuk mulai sekarang luangkan waktu kamu untuk berolahraga!

Membersihkan Rumah

Dengan berdiam diri di rumah mendukung seseorang untuk lebih rajin membersihkan rumah untuk mengisi waktu luang mereka. Pekerjaan membersihkan rumah yang awalnya dikerjakan oleh orang lain karena kamu sering menghabiskan waktu diluar rumah sekarang dapat kamu lakukan sendiri. Mulai dari merapikan kamar tidur, membersihkan debu-debu yang ada di rumah, atau sekadar menyapu dan mengepel rumah.
ADVERTISEMENT

Melakukan yang Membuat Kamu Senang

Setiap orang mempunyai kegiatan yang membuat diri mereka senang. Contohnya seperti menonton film, menonton YouTube, menonton televisi, bermain Mobile Legend. Karena dengan menonton juga dapat mengusir kejenuhan selama di rumah saja.
Untuk seorang perempuan, kamu dapat melakukan kegiatan seperti melakukan perawatan wajah dan kulit tubuh. Berdiam di rumah adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan, karena terbebas dari sinar matahari yang ditakutkan oleh kaum perempuan, karena efek sinar matahari yang berpengaruh buruk pada kecantikan dan kesehatan kulit.
Maka dari itu, menurut saya kita harus pintar beradaptasi di masa pandemi seperti sekarang ini. Pandemi tentu bukanlah menjadi penghalang kita dalam melakukan berbagai kegiatan yang produktif dan kreatif. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dan pada masa new normal seperti ini, tentunya kita harus tetap memperhatikan berbagai protokol kesehatan yang telah ada dan mematuhi peraturan yang telah di tetapkan.
ADVERTISEMENT